Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita PangandaranPohon Tua di Blok Pasar Wisata Pangandaran Tumbang ke Jalan

Pohon Tua di Blok Pasar Wisata Pangandaran Tumbang ke Jalan

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Sebuah pohon tua berukuran besar di blok Pasar Wisata Pangandaran, Jawa Barat tumbang ke jalan. Peristiwa ini terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Pangandaran, Kamis (13/1/2022).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Pohon tumbang itu sempat menghalangi jalan. Namun petugas dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran dengan sigap mengevakuasi pohon tersebut.

Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana membenarkan kejadian tersebut. Penyebab pohon tua di blok Pasar Wisata Pangandaran tumbang lantaran kondisinya sudah keropos.

“Memang kondisi pohon sudah keropos, ukurannya besar dan tidak kuat menahan beban. Sehingga saat terjadi hujan deras pohon langsung tumbang,” ujar Nana.

Nana menjelaskan setelah mendapat laporan warga, pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian. Tagana kemudian mengevakuasi pohon, memotong dahan dan ranting beberapa bagian menggunakan gergaji mesin.

“Kita evakuasi dengan cepat agar lalu lintas pada akses Pasar Wisata Pangandaran ini tidak terganggu,” jelasnya.

Tagana Pangandaran bersama Dinas Lingkungan Hidup dibantu warga langsung melakukan pengecekan sejumlah pohon. Tujuannya untuk mengantisipasi pohon tumbang yang berpotensi menimbulkan korban.

“Kami langsung melakukan pengecekan. Ketika menemukan pohon besar sudah tua di blok Pasar Wisata Pangandaran tentunya langsung memangkasnya. Tapi tadi kita lihat kondisinya tidak ada yang keropos lagi,” tutur Nana.

“Untuk kejadian pohon tumbang ini tidak ada kerugian atau korban jiwa. Namun kondisinya menimpa badan jalan, sehingga mengganggu arus lalu lintas. Sudah kita laporkan kejadian ini ke instansi terkait,” tambahnya. (Entang/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -