Sabtu, Januari 22, 2022
BerandaBerita TerbaruRem Cakram Motor Blong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Rem Cakram Motor Blong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Rem cakram motor blong sudah pasti memiliki banyak penyebabnya, sehingga wajib bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Terlebih saat melewati jalanan menurun, terkadang sering terjadi rem blong dan ini sangat membahayakan.

Meski demikian, ternyata pengendara yang malah bisa menjadi salah satu faktor terjadinya rem blong ketika tengah melintasi jalan turunan. Hal ini karena cara pengereman saat berada di jalanan turun dan datar itu berbeda.

Baca Juga: Kampas Rem Mobil Bau Gosong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Solusi Rem Cakram Motor Blong

Insiden kecelakaan di jalanan tidak hanya bisa terjadi karena tertabrak pengendara lain, tetapi faktor dari rem yang blong.

Nah untuk bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan, maka sangat penting bagi kita untuk merawat kendaraan, seperti rem cakram.

Sementara itu, cara kerja dari rem cakram sendiri ternyata lebih baik daripada rem tromol. Tidak hanya itu saja, melainkan usia untuk penggantian bagian komponennya juga lebih lama.

Meski demikian, rem jenis cakram ini juga memiliki kelemahan yang dapat mengakibatkan rem menjadi blong.

Kemudian ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan fungsi rem cakram tidak bisa bekerja secara maksimal. Langsung saja, berikut ini beberapa penyebab dan tips untuk memperbaikinya dengan mudah.

Baca Juga: Selang Rem Motor, Berikan Perawatan Tepat Agar Berfungsi Optimal

Penyebab Rem Menjadi Blong

Penyebab rem cakram motor blong adalah karena kampasnya sudah semakin menipis sehingga bisa menyebabkan kinerja menjadi tidak maksimal.

Jika kita biarkan begitu saja, maka bisa mengganggu fungsi pengereman sehingga berakibat rem menjadi blong.

Walaupun bisa memberi daya pengereman yang maksimal, ternyata pengoperasian rem cakram sudah pasti memiliki aturannya. Terlebih saat melewati jalanan menurun, maka pengendara motor akan menggunakan remnya.

Meski demikian, menekan rem cakram secara terus-menerus dapat menyebabkan rem menjadi blong.

Hal ini karena bisa membuat minyak rem menjadi panas sehingga berdampak pada seal di kaliper semakin memuai.

Baca Juga: Tipe Rem Cakram Kendaraan, Berikut Cara Kerja dan Perbedaannya

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara untuk mengatasi rem cakram motor blong memang cukup mudah. Meski demikian, tidak semua orang bisa melakukannya sendiri. Salah satu caranya adalah dengan mengatur penggunaan rem itu sendiri.

Jadi, meskipun rem terasa seperti bong, namun Anda masih dapat mengatur penggunaan remnya.

Walaupun cara ini hanya bisa terjadi sesaat saja, namun rem akan bisa kembali kerja beberapa saat kemudian.

Selain itu, mematikan mesin motor ketika rem blong juga tidak boleh Anda lakukan, karena ini justru membuat Anda sulit mengendalikan lajunya. Jadi, jalankan motor tetapi dengan menggunakan kecepatan yang dikurangi dan mengaturnya.

Saat rem blong, sebaiknya hindari dari keramaian agar tidak terjadi hal-hal tidak baik seperti kecelakaan. Oleh karena itu, Anda bisa mencari tempat yang sepi dari pengendara lain.

Setelah mengetahui tentang penyebab dan cara mengatasi rem cakram motor blong, kini penting bagi Anda melakukan perawatannya. Karena dengan merawat kendaraan, maka bisa lebih maksimal dan tidak mudah rusak. (R10/HR-Online)

- Advertisment -