Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruRem Mobil Matic Bunyi Krek Sebagai Tanda Timbulnya Sistem Bermasalah

Rem Mobil Matic Bunyi Krek Sebagai Tanda Timbulnya Sistem Bermasalah

Rem mobil matic bunyi krek perlu Anda waspadai. Sebab bunyi krek bisa jadi pertanda timbulnya suatu masalah pada rem mobil matic. Saat ini penggunaan mobil matic semakin menjadi pilihan yang tepat.

Apalagi jika di area perkotaan, tentu kendaraan tersebut adalah pilihan yang tepat. Selain banyaknya kemudahan dan fitur modern, perawatan juga cukup mudah. Dengan catatan, Anda merawatnya secara rutin.

Baca juga: Kampas Rem Mobil Bau Gosong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Sehingga tidak akan membuat komponen lain semakin parah. Ada baiknya jika Anda memberikan perawatan rutin yang dapat menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Namun jika Anda mengabaikan perawatan setiap komponen mobil, tentu akan mudah terjadi kerusakan. Salah satu indikasi adanya masalah pada mobil matic yaitu bunyi yang muncul ketika Anda melakukan pengereman.

Indikasi terjadi kerusakan fungsi optimal pada kendaraan. Jika kondisi mobil masih optimal, kinerja rem juga terasa halus. Bahkan mampu menahan laju gerak kendaraan secara bertahap.

Mengingat sistem pengereman memiliki fungsi yang cukup vital, ada baiknya jika Anda memberikan pengecekan secara rutin. Pastikan kinerja rem mobil matic dalam kondisi prima.

Jika rem mobil matic bunyi krek, memiliki indikasi yang kurang baik. Sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala guna mengoptimalkan kinerjanya.

Jika Anda abaikan bunyi tersebut, bisa saja masalah semakin parah. Bahkan akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Inilah Penyebab Rem Mobil Matic Bunyi Krek

Setiap komponen pada kendaraan berfungsi untuk membuat kinerja kendaraan semakin optimal. Karena itu, ada baiknya jika Anda mengetahui berbagai komponen dan fungsinya sehingga mudah mengatasinya dari masalah.

Baca juga: Penyebab Rem Mobil Ngempos, Bisa Menimbulkan Masalah Baru

Salah satu komponen mobil yang cukup memiliki fungsi penting yaitu rem. Selain pengecekan rutin, Anda juga perlu melakukan penggantian secara berkala.

Selain cara perawatan yang perlu Anda perhatikan, masalah pun bisa Anda segera atasi. Terkadang ada bunyi ketika injak rem mobil matic.

Bahkan bunyi krek yang sering Anda dengar tersebut justru bisa menandakan sesuatu yang cukup berbahaya.

Ada beberapa penyebab yang bisa saja mengakibatkan bunyi krek mobil matic tersebut muncul. Ketika Anda sedang mengalami hal tersebut, sebaiknya jangan panik.

Langsung saja berikut beberapa penyebab tersebut. Pastikan tak ada ulasan yang terlewat untuk Anda simak.

Oli Bocor

Penyebab rem mobil matic bunyi krek bisa karena adanya tetesan oli yang bocor. Sama seperti jenis mobil pada umumnya, tipe matic juga menggunakan oli untuk berbagai komponen rem.

Minyak rem atau oli tersebut bisa saja menetes pada rem cakram. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan jika akan menetes pada bagian kampas rem. Sehingga mengakibatkannya lebih licin.

Selain itu, tetesan oli tersebut juga membuat kendaraan terdengar bising saat terinjak. Maka dari itu, solusi yang bisa Anda lakukan yaitu membersihkan piringan dan cek selang oli secara rutin.

Debu dan Kotoran

Memiliki mobil tentu harus dibarengi dengan perawatan. Begitu juga ketika rem mobil matic bunyi krek. Pastinya Anda butuh perawatan untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Hanya saja untuk penyebabnya tentu tidak sama. Salah satu penyebab yang bisa menimbulkan masalah yaitu debu dan kotoran. Debu juga bisa mengakibatkan bunyi muncul ketika pengereman mobil matic.

Biasanya mobil matic pada bagian belakang masih menggunakan rem tromol. Jika sistem rem tromol terkena debu, mengakibatkan kampas rem terhalang sehingga bunyi akan keluar begitu saja.

Kampas Rem Buruk

Ada banyak penyebab bunyi krek pada rem mobil matic. Kampas rem yang buruk menjadi salah satu alasannya. Kampas rem memiliki banyak tipe dan merek.

Baca juga: Penyebab Rem Mobil Keras, Kenali Segera Untuk Dapat Mengatasinya

Sehingga membuat pemilik mobil bingung dalam memilih. Pilih rem kampas asli pada bengkel resmi. Sehingga kualitasnya sudah sesuai dengan standar. Berkendara pun terasa aman dan nyaman.

Partikel yang Mengganjal

Selain beberapa penyebab sebelumnya, masih ada yang bisa saja terjadi. Ada partikel benda asing yang mengganjal pada bagian sistem rem. Rem cakram berisiko karena kondisinya terbuka. Apalagi saat kondisi banjir.

Masalah ini bisa saja terjadi tanpa Anda sadari. Mengingat sistem pengereman cukup vital pada kendaraan, Anda harus lakukan pengecekan. Seperti halnya Anda tahu apa yang mengakibatkan rem mobil matic bunyi krek. (R10/HR-Online)

- Advertisment -