Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruRuang Luar Rumah, Jenis dan Klasifikasinya

Ruang Luar Rumah, Jenis dan Klasifikasinya

Ruang luar rumah terdiri dari beberapa jenis. Sama seperti ruangan lainnya yang ada pada bagian dalam, tentu memiliki dekorasi yang berbeda. Rumah tinggal memang terdiri dari dua bagian, yaitu ruang outdoor dan indoor.

Pada dasarnya, kedua bagian tersebut memang tidak bisa terpisahkan. Keduanya mampu menciptakan suatu lingkungan yang nyaman. Ada banyak pilihan ketika Anda memilih ruang terbuka untuk berbagai kegiatan.

Bahkan tidak sedikit orang yang memilih menggunakan konsep tersebut karena lebih nyaman dan mampu menyatu dengan alam. Anda juga bisa menggunakan ruangan tersebut untuk berbagai kebutuhan.

Misalnya sebagai ruang tamu, taman, tempat makan outdoor, atau hanya sebagai ruang bermain saja. Dengan memilih konsep yang tepat, akan membantu Anda merasa nyaman saat berada di rumah.

Baca Juga: Rumah dengan Kaca Sudut, Ciptakan Tempat Tinggal Modern yang Unik

Ruang luar rumah itu sendiri merupakan bagian bangunan atau vegetasi dan ruang luar yang terbentuk diantaranya.

Keduanya akan tersusun sekaligus terintegrasi dalam site guna menciptakan lingkungan tempat tinggal yang baik dan nyaman.

Jenis Ruang Luar Rumah Berdasarkan Klasifikasi

Saat ini memiliki tempat tinggal tentu tidak sulit lagi. Apalagi dengan adanya berbagai penawaran, baik rumah jadi atau tanah, membantu Anda lebih mudah dalam memilih.

Selain itu, kini juga sudah banyak sekali desain atau konsep yang bisa Anda jadikan pilihan. Salah satunya yaitu konsep ruang luar rumah. Ada banyak jenis ruang luar yang diklasifikasikan melalui beberapa cara.

Bahkan setiap klarifikasi yang ada tersebut membedakan jenis ruang luar dengan metode tertentu. Ruangan luar tersebut juga bisa Anda ciptakan sesuai dengan fungsi atau kegiatan yang akan dilakukan.

Berikut ini ada beberapa jenis ruang luar yang bisa Anda ketahui berdasarkan klasifikasinya.

Berdasarkan Kegiatan

Ada banyak jenis ruang luar rumah yang bisa diaplikasikan untuk mendapatkan kesan nyaman dan fungsional. Salah satunya yaitu ruang luar berdasarkan kegiatan yang Anda lakukan.

Salah satu jenis ruang luar rumah sesuai kegiatan yaitu ruang aktif. Ruang jenis yang satu ini sengaja ada dengan fungsi berbagai aktivitas. Mulai dari untuk ruang olahraga atau bermain.

Anda bisa menciptakan ruang luar berbentuk lapangan olahraga, sidewalk, plaza, bahkan playground. Sedangkan untuk jenis yang kedua berdasarkan kegiatannya yaitu ruang pasif.

Baca Juga: Teras Rumah dengan Rumput Sintetis, Inspirasi Dekorasi yang Asri

Ruang yang satu ini memang sengaja ada bukan untuk difungsikan. Akan tetapi, sebagai tempat melakukan berbagai kegiatan utama.

Bentuk dari ruang pasif tersebut bisa berupa area taman hijau terbuka untuk menyerap air hujan.

Berdasarkan Fungsinya

Jenis ruang berdasarkan fungsinya ini sebagai bentuk untuk digunakan dalam suatu kegiatan tertentu. Fungsi tersebut misalnya untuk:

  • Pengatur jarak antar ruangan
  • Ruang aktif berbagai aktivitas
  • Sebagai pembatas antar bangunan
  • Tempat peralihan kegiatan atau menunggu dan sarana penghubung antar bangunan

Berdasarkan Ekologis

Sedangkan untuk jenis berdasarkan ekologis yaitu tercipta karena pertimbangan fungsi ekologisnya.

Fungsi yang satu ini berkaitan erat dengan pelestarian lingkungan dan pemeliharaan alam. Bisa Anda mulai dari yang berskala kecil. Adapun fungsi ruang luar berdasarkan sisi ekologisnya yaitu:

  • Sebagai pengendali ekosistem
  • Penyerapan air dan banjir
  • Mampu menghasilkan oksigen
  • Sumber penyerapan udara atau CO2

Desain Pilihan Ruang Luar

Memiliki desain ruangan di luar rumah tentu memiliki keunikan tersendiri. Bahkan kini ada banyak sekali fungsi dari ruangan di luar rumah. Salah satu yang bisa Anda terapkan yaitu area taman.

Baca Juga: Balkon Kanopi Minimalis Dengan Tampilan Gaya Modern

Anda bisa memilih memiliki ruang yang satu ini untuk beraktivitas bersama keluarga. Bahkan hanya duduk santai sambil minum teh dan ngobrol.

Beberapa tahun terakhir ini ruangan outdoor justru sebagai pilihan sebagian besar orang. Meski menyerupai area tertutup namun sebagian besar ruang luar ada pada bagian belakang rumah.

Anda bisa memilih desain yang tepat sehingga membantu meningkatkan rasa nyaman saat berada pada ruang tersebut.

Ada banyak desain ruang luar yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari ruang outdoor teatrikal, ruang tamu outdoor, ruang makan, dapur, hingga kamar mandi.

Anda bisa menciptakan berbagai ruang luar rumah sesuai dengan fungsinya. Hal ini juga akan membuat rumah tampak lebih asri. Menarik untuk diterapkan bukan? (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -