Kamis, Januari 13, 2022
BerandaBerita TerbaruSahabat Nabi yang Pertama Masuk Islam, Siapa Saja?

Sahabat Nabi yang Pertama Masuk Islam, Siapa Saja?

Sahabat nabi yang pertama kali masuk Islam sering kita dengar dengan sebutan Assabiqunal Awwalun.

Sahabat nabi sendiri merupakan orang-orang yang mempunyai kedekatan dengan Rasulullah. Baik mereka yang memang berkerabat ataupun hanya sekadar sahabat.

Diantara banyak orang yang berada di sekeliling Nabi SAW, nyatanya terdapat beberapa sahabat yang awal masuk Islam.

Mereka juga disebut sebagai kalangan Assabiqunal Awwalun karena masuk Islam pertama kali dan dahului orang-orang yang lain.

Lebih tepatnya mereka masuk Islam setelah mengenal nabi dan di masa penyebaran agama Islam pertama di Mekah.

Ketika itu, sahabat nabi jumlahnya tidak banyak bahkan rata-rata berasal dari kalangan miskin serta lemah.

Kendati demikian, bukan menjadi penghalang bagi mereka untuk mengikuti ajaran dari Nabi Muhammad. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya masuk Islam itu tidak ada syarat tertentu.

baca juga: Sahabat Nabi Mush’ab bin Umair Tinggalkan Kemewahan untuk Islam

Inilah Sahabat Nabi yang Pertama Masuk Islam

Sebagian dari kita ternyata masih banyak yang belum mengetahui kalangan sahabat siapa saja yang masuk Islam pertama kali.

Padahal hal tersebut seharusnya menjadi pengetahuan umum bagi kita. Walaupun begitu, tidak masalah selagi Anda mempunyai niat untuk menuntut ilmu dan mengetahui lebih dalam tentang betapa sempurnanya agama Islam.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui siapa saja sahabat nabi yang pertama masuk Islam, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

baca juga: Sahabat Nabi yang Paling Kaya, Teladan untuk Bisnis Berbayar Surga

Abu Bakar Ash-Shiddiq

Untuk sahabat nabi yang pertama ada Abu Bakar As Siddiq. Selain merupakan sahabat, ia adalah khalifah pertama yang masuk Islam.

Tak hanya itu, Abu Bakar juga merupakan mertua dari Nabi Muhammad SAW. Penyebab adanya gelar As Siddiq adalah Abu Bakar sudah membenarkan kisah Isra Mi’raj Nabi Muhammad.

Mengapa demikian? Karena pada saat Isra Mi’raj Nabi Muhammad, Abu Bakar menemani. Sebagai sosok yang pertama kali masuk Islam, Abu Bakar juga mempunyai peranan yang besar dalam menyebarkan Islam.

Bahkan mengislamkan banyak orang. Hingga akhirnya, Abu Bakar menjadi tokoh penting dalam sejarah Islam.

baca juga: Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Teladan Dalam Kehidupan Kita

Ali Bin Abi Thalib

Jika kita lihat secara silsilah, Ali merupakan sepupu dari Rasulullah SAW. Pernikahan Ali dengan Fatimah putri Nabi Muhammad juga menjadikan Ali sebagai menantu Rasulullah SAW.

Sejak kecil sampai dengan dewasa, Ali juga sudah diasuh oleh Muhammad dan istrinya, yakni Khadijah.

Ali dididik langsung oleh Nabi Muhammad sehingga dia mengenal Islam dan membuat Ali tumbuh menjadi seorang pemuda berani juga cerdas.

Walaupun usianya masih muda, dan jika kita bandingkan dengan sahabat nabi lainnya, keterlibatan Ali pada masa kenabian itu lebih banyak.

Sa’ad Bin Abi Waqqash

Kemudian sahabat nabi yang pertama masuk Islam ada Saad bin Abi Waqqash. Pertama kali masuk Islam, Saad bin Abi Waqqash masih berusia 20 tahun.

Hal inilah yang menyebabkan ia termasuk dalam golongan orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan sahabat nabi.

Ketertarikan Saad dengan agama Islam menyebabkan ia menjadi seorang muslim. Sahabat ini masuk Islam karena ajakan dari Abu Bakar As Siddiq yang terkenal sebagai sosok ramah juga sabar.

Sebelumnya keislaman sahabat nabi ini juga ditentang oleh keluarganya. Karena kekuatan dan keteguhan iman, Saad mengakui cinta kepada Allah dan Rasulullah SAW.

Zaid Bin Haritsah

Selain Ali bin Abi Tholib, Zaid bin Haritsah juga termasuk kalangan sahabat nabi yang masuk Islam pertama kali. Bahkan Zaid sendiri berasal dari hamba sahaya.

Setelah ia bebas, kemudian Rasul angkat menjadi anak. Semasa perjuangan Nabi Muhammad SAW, Zaid adalah sosok yang sangat setia.

Selain setia kepada Nabi SAW, ia juga sangat baik ketika berada di Mekkah maupun setelah hijrah ke Kota Madinah.

Ia juga selalu ikut dalam pertempuran. Hingga pada akhir hayatnya, Zaid tetap menjadi panglima perang dalam pertempuran mu’tah.

Utsman Bin Affan

Tidak hanya itu sahabat nabi yang pertama kali masuk Islam. Siapa yang tidak kenal dengan Utsman bin Affan? Tepat sekali, ia adalah khalifah yang ketiga.

Mendapatkan gelar dzun nurain karena sudah menikahi dua putri Rasulullah SAW. Terkenal sebagai sosok yang kaya raya, tetapi tidak sombong dan gemar bersedekah.

Perlu Anda ketahui, khalifah ketiga ini masuk Islam pada masa pertama kali Islam masuk di Kota Mekah. Masuknya Utsman tersebut menyebabkan suku Bani Umayyah sangat marah.

Sebab suku tersebut menentang ajaran yang Nabi Muhammad SAW sebarkan. Utsman juga termasuk salah satu sahabat nabi yang pertama masuk Islam dengan karakter kepemimpinan baik. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -