Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruSederet Manfaat Kolagen untuk Rambut Sehat dan Kuat

Sederet Manfaat Kolagen untuk Rambut Sehat dan Kuat

Tahukah Anda, bahwa hampir semua orang yang ada di dunia ini menginginkan rambut yang kuat dan sehat, termasuk pula Anda sendiri? Nah, untuk menciptakan kondisi rambut yang demikian, salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan kolagen sebagai salah satu upaya perawatan rambut Anda.

Sebenarnya, kolagen itu apa sih? Kolagen adalah suatu protein yang ada pada tubuh Anda sebagai manusia. Fungsi utamanya yaitu membantu penguatan kulit dan otot Anda. Sebenarnya, kolagen ini sudah diproduksi secara alami dalam tubuh.

Namun Anda dapat memerolehnya secara manual melalui suplemen, makanan, ataupun minuman collagen terbaik yang dijual pasaran.

Nah, baru-baru ini terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kolagen juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, lho. Lho, kok bisa ya?

Inilah Manfaat Kolagen untuk Rambut Sehat

Membantu Pertumbuhan Rambut

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam kolagen terdapat suatu kandungan bernama asam amino yang ternyata sangat bermanfaat bagi pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan rambut itu sendiri terbuat dari suatu protein keratin yang tersusun atas asam amino dari tubuh manusia.

Jadi, ketika Anda mengonsumsi kolagen dan berbagai jenis protein lainnya, tubuh Anda akan memecah protein-protein yang ada menjadi asam amino. Kemudian digunakan untuk membangun protein lainnya dan juga senyawa-senyawa baru yang diinginkannya.

Baca juga: Efek Kekurangan Kolagen, Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh

Selain itu, diketahui kolagen ini tersusun atas tiga jenis asam amino, yaitu glisin, hidroksiprolin, dan prolin, dan prolin. Inilah yang menjadi komponen utama dari keratin yang sangat cocok dan pas untuk struktur rambut Anda, yaitu dapat menstimulasi produksi kolagen dan membentuk keratin hingga rambut Anda menjadi baru nan sehat.

Untuk mendapatkan hal yang demikian, konsumsilah makanan yang mengandung prolin, seperti keju dan putih telur.

Memperlambat Munculnya Uban

Selain mengandung asam amino, kolagen juga termasuk salah satu zat antioksidan yang memiliki manfaat melawan zat-zat yang dapat merusak sel hingga menyebabkan rambut beruban. Memang, sering bertambahnya usia, sel-sel pencipta pigmen melanin sebagai pemberi warna rambut perlahan-lahan akan mulai mengalami kehilangan fungsinya.

Namun, rambut beruban ini tidak hanya dipengaruhi oleh usia tua dan faktor genetik, tetapi juga radikal bebas yang bisa datang dari mana saja. Misalnya faktor lingkungan, gaya hidup yang buruk, dan juga stress. Sehingga berbagai hal tersebut juga dapat mempercepat kerusakan sel-sel melanin tersebut meskipun belum memasuki usia senja.

Jadi, sebelum rambut Anda mulai beruban hingga terlihatĀ tua, cegah ubah prematur dengan manfaat dari kolagen pada tubuh Anda, demi rambut yang lebih kuat dan sehat. Sehingga rambut dan tubuh Anda dapat melawan radikal bebas dari luar dengan sempurna.

Mencegah Penipisan Rambut

Satu fakta lagi yang harus Anda ketahui bahwa kolagen, sebagaimana dilansir dari Pickybest.id, dapat memproduksi sekitar 70% dermis atau lapisan tengah pada kulit Anda, yang berisi akar dari setiap helai rambut Anda. Selain itu, kolagen juga berfungsi untuk membuat lapisan dermis lebih kuat namun tetap fleksibel.

Baca juga: Perlukah Suplemen Kolagen untuk Menjaga Kesehatan Tubuh?

Normalnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen oleh tubuh Anda akan semakin menipis dan sel-sel pada dermis menjadi kurang terisi sesuatu. Akibatnya, rambut Anda juga akan semakin menipis. Dengan penambahan manfaat kolagen dari suplemen, kaldu, dan sebagainya, penipisan rambut dapat dicegah dengan baik, serta juga penuaan kulit kepala Anda.

Membantu Melawan Kerusakan Folikel pada Rambut

Berhubungan dengan poin sebelumnya, fungsi serta manfaat antioksidan-nya kolagen juga berkaitan dengan melawan kerusakan rambut akibat radikal bebas. Misalnya dari merokok, makanan tidak sehat, minuman beralkohol, dan polusi udara. Karena terlalu seringnya terpapar radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut atau tempat pertumbuhan rambut Anda.

Baca juga: Fungsi Kolagen untuk Tubuh, Atasi Nyeri Sendi dan Bikin Awet Muda

Maka dari itu, konsumsi makanan berkolagen seperti kaldu ikan ataupun dari laut lainnya dianggap lebih ampuh dalam mengatasi permasalahan seputar kerusakan folikel ini, dibandingkan teh hijau yang juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Menambah Elastisitas Rambut

Berkaitan dengan poin sebelumnya, produk berkolagen juga mampu memberikan nutrisi pada rambut. Sehingga dapat menambah elastisitas rambut serta rambut tidak mudah rontok dan tampak berkilau.

Meskipun kolagen diketahui memiliki beberapa manfaat untuk rambut Anda, akan tetapi memang belum banyak penelitian yang membahas secara khusus mengenai kolagen dan manfaatnya terkhusus untuk rambut Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan kolagen tersebut, ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya! Stay healthy! (R11/HR-Online)

- Advertisment -