Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruSerangan Jantung pada Wanita, Kenali Gejalanya

Serangan Jantung pada Wanita, Kenali Gejalanya

Serangan jantung pada wanita mungkin gejalanya tidak selalu sama dengan yang kaum pria rasakan. Dalam hal ini, wanita tidak mengalami gejala klasik seperti pria yang merasakan nyeri dada hingga menyebar pada bagian tubuh lain.

Lantas, apa saja yang gejala yang dialami wanita ketika mendapatkan serangan jantung? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya.

Tanda Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Dada Terasa Nyeri dan Tidak Nyaman

Dada terasa nyeri adalah gejala paling umum serangan jantung. Namun, ada beberapa wanita yang mengalaminya berbeda dengan pria.

Ketika merasakan gejala dari serangan jantung ini, dada kamu mungkin akan terasa seperti diremas atau penuh. Kondisi ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh yang lainnya.

Saat terjadi serangan jantung, biasanya dada akan terasa sangat tidak nyaman. Dada terasa bagaikan ada yang mengikat sangat erat dengan sesuatu.

Baca Juga : Gejala Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Penyakit Pemicunya

Seperti layaknya gejala yang muncul saat pria mendapatkan serangan jantung, sakit pada bagian dada ini pun termasuk salah satu gejala serangan jantung yang paling sering muncul.

Nyeri Rahang Hingga Punggung

Namun, wanita lebih sering merasakan rasa nyeri pada bagian lengan, rahang, leher dan punggung ketimbang pria.

Mungkin hal itu membingungkan kamu karena berpikir kalau rasa sakit pada bagian dada menjadi tanda serangan jantung pada wanita. Bukan rahang atau punggung.

Gejala yang wanita rasakan bisa terjadi mendadak atau secara bertahap. Bahkan mungkin perlahan menghilang sebelum akhirnya muncul kembali, tetapi frekuensinya lebih intens. Jika kamu sedang tidur, gejala serangan jantung ini bisa membuat kamu terbangun.

Napas Terengah-engah

Tanda serangan jantung pada wanita yang lainnya yaitu nafas terlalu pendek. Napas kamu seperti terengah-engah, atau mungkin juga merasa kesulitan bernapas.

Terutama saat kamu sedang melakukan aktivitas ringan maupun berat. Apalagi kalau kondisi ini datangnya berbarengan dengan rasa sesak pada bagian dada atau tubuh yang terasa lelah.

Baca Juga : Hati-hati! Sering Galau Bisa Picu Penyakit Jantung

Kondisi ini juga menjadi salah satu tanda adanya masalah kesehatan pada jantung kamu. Gejala serangan penyakit jantung ringan ini bisa wanita alami sekalipun sedang berbaring. Hanya saja gejalanya akan berangsur mereda kalau kamu sudah duduk kembali.

Perut atau Pencernaan Terasa Sakit

Tak sedikit kaum wanita yang merasakan sakit atau adanya tekanan pada perut sebelum mereka mengalami serangan penyakit jantung.

Tetapi ada juga masalah pencernaan yang erat kaitannya dengan tanda penyakit jantung yang terjadi pada wanita. Seperti mual, muntah, serta masalah pencernaan lainnya.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang salah mengartikan gejala ini. Padahal, dalam beberapa kasus terjadinya serangan jantung pada wanita rata-rata mereka mengalami tekanan yang cukup parah pada bagian perut.

Keringat Dingin

Baca Juga : Sering Makan Steak Kurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung Koroner

Jika tubuh kamu mengeluarkan keringat lantaran baru melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang berat, hal itu wajar.

Tapi kalau kamu berkeringat padahal kamu sedang tidak melakukan apa-apa maka kamu pun patut mencurigainya.

Sebab, kondisi tersebut juga termasuk salah satu tanda gejala serangan penyakit jantung pada wanita. Terlebih jika tubuh menghasilkan keringat dingin akibat stres.

Kelelahan Berlebih

Banyak kaum wanita yang mengalami serangan jantung karena kelelahan. Sekalipun sudah cukup beristirahat sementara waktu serta pergerakan tubuhnya tidak aktif.

Oleh sebab itu, kamu patut mencurigai rasa lelah yang berlebihan itu sebagai tanda gejala serangan jantung. (R3/HR-Online/Editor-Eva)