Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita TerbaruSetting APN Vivo Berbagai Operator Agar Semakin Lancar, Ikuti Caranya

Setting APN Vivo Berbagai Operator Agar Semakin Lancar, Ikuti Caranya

Setting APN Vivo tidaklah sulit jika Anda mengetahui cara yang tepat. Sehingga Anda bisa menikmati jaringan internet dengan lancar.

Bagi Anda pengguna HP Vivo tak perlu panik atau kecewa, terlebih jika tidak ada pengaturan APN atau tak sesuai. 

Konfigurasi internet yang error kemungkinan karena pengaturan APN yang tidak benar. Jika Anda mengalami masalah tersebut, sebaiknya Anda cek sekali lagi pengaturan APN.

Baca Juga: Cara Setting APN Xiaomi dengan Tepat, Jaringan Lebih Stabil dan Cepat

Cara Setting APN Vivo Seri Y1S, Y12s, dan Y12i Semua Operator

Access Point Network atau APN merupakan suatu gateway atau pintu masuk untuk mengakses segala akses koneksi internet mulai dari GSM, GPRS, 3G, atau 4G.

APN ini untuk memberikan alamat IP yang kemudian diidentifikasi oleh perangkat jaringan. Itulah mengapa harus melakukan pengaturan APN untuk dapat mengakses internet yang Anda gunakan. 

Pengaturan APN Vivo

Pada dasarnya, setiap HP terutama Vivo sudah tersedia setting APN dari semua operator. Hanya saja, beberapa mungkin tidak tersedia.

Bagi Anda yang masih bingung melakukan pengeditan atau pengaturan, maka Anda bisa ikuti cara berikut. 

Buka Menu Pengaturan

Langkah pertama, Anda buka ponsel Vivo dan cari pengaturan. Klik pada menu pengaturan tersebut, maka Anda akan melihat berbagai pilihan yang muncul di layar  ponsel. Pilih dan klik Jaringan Seluler. Kemudian Anda akan diarahkan pada pilihan selanjutnya.

Baca Juga: Setting Push Email Yahoo pada HP Android, Berikut Tutorial Lengkapnya!

Buat APN Baru dan Isi Parameter APN

Pada layar selanjutnya, Anda bisa cari Nama Titik Akses (APN). Di sana akan terlihat operator yang Anda gunakan. Untuk melakukan setting APN Vivo, sebaiknya Anda membuat APN baru dengan klik APN Baru.

Anda bisa mengisi parameter APN sesuai dengan operator yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Mulai dari nama, APN, jenis APN, proxy, port, nama pengguna, kata sandi, dan lainnya. Jika semua telah terisi, maka Anda bisa klik selesai pada pojok kanan atas. 

Aktifkan APN Baru

Setelah semua selesai dilakukan, tahap terakhir adalah mengaktifkan APN baru dengan klik nama titik akses dan klik pada operator yang sudah Anda setting sebelumnya.

Terdapat tanda ceklist jika Anda sudah mengaktifkannya. Nah, Anda sudah bisa menggunakan internet dengan stabil dan lancar.

Jika mengikuti panduan dengan benar, maka Anda sudah dapat menikmati jaringan yang lancar dan tanpa hambatan. 

Pengaturan APN Terbaru dari Semua Operator

Secara mudah Anda bisa melakukan cara setting APN Vivo terbaru semua operator baik Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, AXIS, Three, dan Smartfren.

Semua operator ini kompatibel dengan semua HP Vivo. Sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan yang Anda gunakan. 

Pengaturan APN Telkomsel

Settingan operator Telkomsel dapat Anda atur. Mulai dari Nama diisi dengan Tsel Broadband, APN: Internet, nama pengguna : WAP, sandi wap123, MCC: 510, MNC :10 dengan type : default,supl. 

Pengaturan XL Axiata

Selanjutnya bagi Anda yang menggunakan XL Axiata, maka bisa mengisi Nama dengan XL 4G, APN: Internet, nama pengguna : tidak diisi, sandi : tidak diisi, MCC: 510, MNC :11 dengan type : default, supl, hipri. 

Pengaturan Smartfren

Begitu juga dengan pengguna HP Vivo yang menggunakan APN Smartfren, maka Anda dapat mengisi Nama dengan Smartfren4G, APN: Smartfren4G, nama pengguna : Smartfren, sandi Smartfren, MCC: 510, MNC :28. 

Pengaturan Indosat

Beberapa pengguna mungkin menggunakan APN Indosat. Cara Setting APN Vivo dengan menyesuaikan operator Anda, maka wajib mengisi Nama dengan Indosat 4G internet, APN: indosatgprs, nama pengguna : indosat, sandi indosat, MCC: 510, MNC :01 dengan type : default,supl. 

Pengaturan APN Three (3)

Pengguna HP Vivo dengan dukungan operator Three (3) bisa mengisi dengan ketentuan Nama 3HTTP, APN: 3gprs, nama pengguna : 3gprs, sandi wap123, MCC: 510, MNC :89 dengan type : default,supl. 

Baca Juga: Flash iPhone Tidak Menyala, Kenali Penyebab Sebelum Mengatasinya

Pengaturan APN AXIS

Nah untuk Anda pengguna AXIS, tak perlu panik. Anda dapat mengisi semua pengaturan Nama isilah dengan AXIS internet, APN: AXIS, nama pengguna : axis, sandi 123456, MCC: 510, MNC :08 dengan type : default,supl. 

Pengaturan APN Celcom 3G/4G

Untuk pengguna Celcom 3G/4G dapat mengisi dengan APN: Celcom 3G, sandi wap123, MCC: 502, MNC :19 dengan type : default.

Setelah mengetahui cara setting APN Vivo dan parameternya, tentu Anda bisa melakukan pengaturan dengan mudah dan tepat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -