Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita TerbaruSimpan Password di Chrome Android dengan Langkah Mudah dan Aman

Simpan Password di Chrome Android dengan Langkah Mudah dan Aman

Simpan password di Chrome Android ternyata banyak dilakukan. Sebagai pengguna browser Google Chrome, biasanya sering menyimpan username dan kata sandi atau password.

Namun namanya juga manusia yang tidak bisa sempurna. Terkadang meski sering menggunakan username dan kata sandi sering kali lupa. Sehingga melihat kembali apa yang telah pernah digunakannya.

Karena alasan inilah mengapa penting bagi Anda untuk menyimpannya pada browser. Melakukan penyimpanan password dari berbagai akun tentu akan diperlukan.

Apalagi bagi Anda yang bergelut dalam dunia online. Tentu aktivitas tersebut menjadi hal yang sering dilakukan. Password menjadi hal utama dan penting bagi Anda ketika akan mengunjungi sebuah situs atau web.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa menyimpan dan mengingatnya dengan baik. Hingga akhirnya membuat password sama untuk semua akun yang dimilikinya.

Padahal cara tersebut bukanlah yang terbaik. Sebab risiko untuk keamanan tidaklah besar. Karena itulah, Anda juga perlu tahu bagaimana cara simpan password di Chrome, baik Android maupun PC.

Apalagi berita yang beredar jika pihak Chrome sendiri telah memberikan solusi secara tepat. Anda cukup menggunakan fitur baru Google Chrome yaitu khusus memanajemen password.

Sehingga membantu Anda tidak perlu lagi mengingat-ingat password yang sudah dimiliki. Dengan catatan, akun utama Google tidak lupa.

Hal ini membuat akun yang lainnya tetap aman. Tidak ada salahnya jika Anda tahu fitur terbaru dari Google Chrome.

Baca Juga: Viral Ajakan Hapus Google Chrome di Smartphone, Ini Tanggapan Google!

Cara Mudah Simpan Password di Chrome Android

Seperti yang sudah banyak orang ketahui jika Google Chrome menjadi salah satu browser populer dan banyak penggunanya. Hal ini tidak terlepas dari fitur-fitur unggulan di dalamnya.

Bahkan salah satu fitur yang bisa Anda gunakan yaitu untuk dapat menyimpan kombinasi akun dan password penggunanya. Secara otomatis password atau kata sandi bisa tersimpan.

Sehingga ketika akan login pada layanan atau situs tertentu akan lebih mudah masuk. Sebab password dan username tersebut sudah tersimpan dengan jelas.

Hal ini akan membantu pengguna Google Chrome yang sering lupa password. Selain fiturnya menarik, tentu keamanan juga bisa Anda dapatkan dari Google Chrome.

Sebab dengan adanya situs password.google.com penyimpanan akun dan password lebih aman. Bahkan menariknya lagi, Anda juga memudahkan untuk melakukan sinkronisasi password antar perangkat melalui situs tersebut.

Baca Juga: Cek Sandi Email di HP dan Laptop Mudah, Tanpa Ubah Password!

Langkah-Langkah Penyimpanan Password di Google Chrome

Bagi Anda yang masih bingung, bisa mengikuti cara simpan password di Chrome berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Chrome terbaru
  2. Pada bagian pojok kanan atas ada tiga titik, Anda bisa klik dan pilih opsi Setting
  3. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan. Sebaiknya Anda pilih opsi Autofill, kemudian klik password
  4. Toggle offer to save password bisa Anda aktifkan dan muncul penyimpanan password secara otomatis. Hal ini menunjukkan jika password bisa tersimpan dan akan lebih mudah ketika Anda login kembali.

Dengan cara ini, password akan tersimpan secara otomatis. Sehingga ketika Anda sudah menyetujui penyimpanan, maka Google chrome juga menyetujui permintaan tersebut.

Namun ketika ingin mematikan fitur penyimpanan password, bisa gunakan pengaturan dan mematikan toggle offer save password.

Baca Juga: Aplikasi Password Manager SATRIA, Solusi Pengaman Sandi yang Efektif!

Cara Melihat Password di Chrome Android

Selain di PC, Anda juga bisa melihat password melalui Google Chrome Android. Melihat password di Chrome Android membutuhkan data internet.

Hal ini karena Anda butuh login kembali ke Google Chrome. Adapun langkah yang bisa Anda lakukan yaitu:

  1. Buka aplikasi Google Chrome di bagian pojok kanan atas berlogo 3 titik
  2. Pilih menu Setting > klik simpan password
  3. Selanjutnya login di Google Chrome
  4. Setelah login berhasil, maka Anda akan melihat password yang telah tersimpan dengan menggeser layar ke bawah.

Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah menemukan kembali password yang lupa. Sebab Google Chrome telah menyimpannya melalui Android.

Menggunakan Google Chrome tentu tidak asing lagi. Apalagi bagi Anda yang biasa bergelut dengan media online.

Agar tidak lupa kata sandi, bisa gunakan fitur simpan password di Chrome Android secara mudah dan aman. (R10/HR-Online)

- Advertisment -