Senin, Januari 24, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Divergent, Ketika Manusia Terbagi Menjadi 5 Faksi

Sinopsis Film Divergent, Ketika Manusia Terbagi Menjadi 5 Faksi

Sinopsis film Divergent berfokus pada kisah Beatrice Prior atau Tris (Shailene Woodley) di dunia yang mengklasifikasikan manusia ke dalam lima faksi menurut karakter masing-masing.

Film fiksi ilmiah ini rilis pada tahun 2014 dan merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Veronica Roth.

Baca Juga: Sinopsis Film Shang Chi and the Legend of Ten Rings, Superhero Asia

Divergent adalah film yang disutradarai oleh Neil Burger. Pendapatan kotor dari film ini mencapai 281 juta dollar AS meski biaya produksinya hanya 85 juta dollar AS.

Film ini juga menampilkan Theo James, Ashley Judd, Ansel Elgort, Maggie Q dan Kate WInslet. Simak sinopsisnya di bawah ini.

Simak Sinopsis Film Divergent

Di film ini, manusia terbagi menjadi lima faksi. Kelima faksi itu terdiri dari Candor sebagai simbol kejujuran, Erudite untuk kecerdasan, Amity yang periang dan peduli lingkungan,  Dauntless si pemberani, serta Abnegation suka menolong tanpa pamrih. Setiap manusia yang menginjak usia dewasa harus memilih salah satu faksi.

Peran Faksi dalam Kehidupan Masyarakat

Dalam sinopsis film Divergent, Tris lahir dan tumbuh di keluarga Abnegation. Sifat dominan Abnegation yang memprioritaskan kebutuhan orang lain dan mengesampingkan diri sendiri membuat faksi tersebut menjadi pemimpin.

Salah satu ajaran orang tua Tris adalah tidak boleh melihat cermin terlalu lama, karena Abnegation menolak kesombongan.

Tris memiliki seorang kakak bernama Caleb (Ansel Elgort) yang suka menolong dan punya semangat belajar yang tinggi.

Tris yakin kakaknya akan masuk Erudite, faksi yang terdiri dari orang-orang cerdas. Erudite memiliki banyak ilmuwan dan laboratorium. Erudite pula yang menyediakan obat-obatan dan kebutuhan medis.

Sementara itu, di sinopsis film Divergent Tris sudah mengagumi Dauntless sedari kecil. Dauntless terkenal pemberani dan tak punya rasa takut, mereka menjadi polisi atau petugas keamanan.

Baca Juga: Sinopsis West Side Story 2021, Kisah Romeo dan Juliet Versi Modern

Sisanya, Candor menjalankan firma hukum dan Amity yang merawat kebun untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Berusaha Menjadi Bagian dari Faksi

Ketika Tris berusia 16 tahun, ia harus menjalani tes simulasi. Orang yang menjalankan tes tersebut adalah Tori (Maggie Q), seorang wanita dari Dauntless.

Tes tersebut berguna untuk mengetahui karakter yang paling dominan dari setiap individu sehingga orang bisa tahu dimana tempatnya.

Tes simulasi dalam sinopsis film Divergent berjalan, kemudian Tris bermimpi terkurung dalam akuarium berisi air.

Simulasi tersebut seharusnya menunjukkan tindakan apa yang ia lakukan ketika dalam bahaya. Namun, Tris menyadari bahwa itu tidak nyata, sehingga kaca hancur dengan sendirinya.

Menurut Tori, hasil tes dari Tris menunjukkan adanya keseimbangan dari lima kepribadian. Tori menyimpulkan bahwa Tris adalah seorang Divergent. Demi keselamatan Tris, Tori merahasiakan hal tersebut dan menyatakan ‘Abnegation’ di laporan tes.

Pada hari pemilihan faksi, setiap individu harus bisa mengambil keputusan sendiri tanpa bergantung pada keluarga.

Tris bergabung dengan Dauntless dan berusaha untuk menjadi bagian dari faksi tersebut dengan mengikuti berbagai latihan fisik yang mengancam nyawanya.

Bertemu Divergent Lain

Selanjutnya dalam sinopsis film Divergent, di markas Dauntless, Tris berkenalan dengan seniornya, Four (Theo James) yang ternyata juga seorang Divergent. Four mengajari Tris untuk bisa bertahan hidup di dunia yang ingin memusnahkan orang-orang seperti mereka.

Setiap orang yang bergabung di Dauntless akan menjalani tes simulasi untuk menghadapi ketakutan terbesarnya.

Four memiliki nama asli Tobias Eaton dan ia pun berasal dari Abnegation. Ia hanya memiliki empat ketakutan, sehingga mendapat julukan Four yang berarti ‘empat’.

Di dalam tes tersebut, Four mengajari Tris untuk bersikap sebagai seorang Dauntless ketika menghadapi bahaya meskipun itu terasa tidak nyata.

Baca Juga: Sinopsis Venom Let There Be Carnage, Tom Hardy dan Alien di Tubuhnya

Dengan demikian, Tris bisa menutupi identitasnya sebagai Divergent dan lolos dari incaran Erudite yang berusaha mengendalikan semua faksi.

Erudite Ingin Mendapat Kekuasaan

Dalam sinopsis film Divergent, Erudite secara rutin mengirim serum ke markas Dauntless. Mereka mengatakan serum tersebut memiliki formula yang membuat Dauntless menjadi lebih sehat dan kuat.

Namun, sebenarnya serum tersebut bekerja seperti hipnotis dan membuat seorang Dauntless menuruti perintah Erudite.

Erudite ingin menggunakan Dauntless sebagai pasukan mereka. Tris dan teman-temannya yang sudah tahu rahasia tersebut berusaha melarikan diri, sayangnya mereka tertangkap. Four mendapat suntikan serum dan malah balik menyerang Tris.

Anehnya, dalam sinopsis film Divergent serum tersebut tidak bekerja pada Tris. Mampukah Tris membebaskan teman-temannya? (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -