Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Encanto, Kisah Keluarga Madrigal di Rumah Ajaib

Sinopsis Film Encanto, Kisah Keluarga Madrigal di Rumah Ajaib

Sinopsis film Encanto menceritakan keluarga Madrigal yang tinggal di rumah ajaib. Film ini rilis pada 24 November 2021 dan sudah bisa kita saksikan di Disney Hotstar sejak 18 Desember 2021.

Film ini juga merupakan animasi terbaik yang menerima penghargaan Golden Globe Awards 2022.

Sebelumnya, Disney telah sukses merilis Raya and The Last Dragon yang menggunakan setting lokasi negara-negara Asia Tenggara.

Kini dalam Encanto, pengambilan gambar menggunakan setting Kolombia. Encanto adalah film animasi karya sutradara Byron Howard dan penulis Jared Brush.

Dalam film ini, Disney menggandeng penyanyi asal Kolombia yaitu Carlos Vives yang membawakan original soundtrack berjudul Colombia Mi Encanto.

Baca Juga: Sinopsis Film Shang Chi and the Legend of Ten Rings, Superhero Asia

Unsur budaya Kolombia terasa sangat kental karena memperlihatkan tradisi-tradisi khas negara tersebut. Simak sinopsis film Encanto berikut ini.

Simak Sinopsis Film Encanto

Cerita bermula ketika Alma Madrigal menyelamatkan diri dan ketiga anak kembarnya, Julieta, Pepa, dan Bruno. Suami Alma, Pedro terbunuh dalam konflik bersenjata.

Alma menangis histeris dan mengeluarkan kekuatan tersembunyi yang menciptakan gunung di sekeliling pulau. Lilin yang dibawa Alma memberikan cahaya magis, dan terciptalah sebuah rumah ajaib.

Keluarga Madrigal dan Kekuatan Super

Dalam sinopsis film Encanto, Alma dan anak-anaknya tinggal di rumah ajaib. Selama bertahun-tahun, lilin yang memberi cahaya pertama tidak pernah padam.

Setiap anak yang lahir dan tumbuh di keluarga Madrigal akan menerima karunia dan berbakti pada masyarakat.

Julieta mendapat karunia berupa kekuatan penyembuh. Pepa memiliki pengaruh terhadap cuaca berdasarkan suasana hatinya.

Sedangkan Bruno bisa melihat ramalan buruk dan meninggalkan keluarga Madrigal karena merasa dirinya tidak sebaik yang lain.

Baca Juga: Sinopsis Film Divergent, Ketika Manusia Terbagi Menjadi 5 Faksi

Mirabel, putri Julieta, harus menerima kenyataan bahwa dia tidak memiliki karunia seperti yang lain.

Sinopsis film Encanto memperlihatkan saudara Mirabel, Luisa yang punya kekuatan seperti Hercules untuk mengangkat benda-benda berat. Sedangkan Isabela bisa menumbuhkan bunga.

Kekuatan yang Tersembunyi

Berkat karunia dari keluarga Madrigal, Alma menjadi pemimpin di desa yang diberi nama Encanto.

Ia memastikan setiap anggota keluarga menggunakan bakatnya untuk berbakti pada masyarakat. Situasi tersebut membuat Mirabel merasa terasingkan karena dia tidak mendapat karunia.

Pada suatu malam, putra Pepa, Antonio mendapat karunia berupa pemahaman binatang. Antonio bisa berkomunikasi pada burung, monyet, bahkan harimau.

Ketika semua orang berpesta di luar, Mirabel menyendiri dan melihat keretakan dinding. Akan tetapi saat Alma kembali, rumah ajaib tampak baik-baik saja.

Merasa ada yang tak beres, Mirabel bertanya pada kedua kakaknya, Luisa dan Isabella. Luisa mengaku pada malam itu ia merasa lemah dan kehilangan kekuatan.

Sedangkan Isabela hilang kendali karena bosan menumbuhkan bunga untuk orang lain padahal ia menyukai kaktus dan tanaman karnivora.

Ketika Rumah Ajaib Hancur

Luisa memberi tahu Mirabel bahwa petunjuk ada di kamar Bruno, area terlarang yang sudah lama kosong di sinopsis film Encanto.

Baca Juga: Attack On Titan Season 4 Part 2 Tayang, Ini yang Akan Terjadi!

Mirabel menemukan penglihatan terakhir Bruno bahwa rumah ajaib milik keluarga Madrigal akan hancur. Ketika lilin akhirnya padam, rumah tersebut benar-benar runtuh.

Keluarga Madrigal kini tak punya rumah. Namun, Mirabel berusaha memahami neneknya, Alma yang selalu ingin keluarganya terlihat sempurna di mata orang lain.

Meskipun anggota keluarga Madrigal sudah kehilangan karunia, penduduk desa Encanto bersedia membangun rumah untuk mereka. 

Sinopsis film Encanto mengajarkan kita tentang makna keluarga yang sesungguhnya. Rumah adalah tempat dimana keluarga menerima kita apa adanya, meski tidak memiliki karunia sekalipun.

Mirabel adalah karunia yang sesungguhnya karena ia mendorong semua orang untuk bergotong-royong ketimbang bekerja sendiri-sendiri.

Film Animasi Terbaik 2022

Kabarnya, Encanto berhasil meraih 35 juta dollar AS pada hari kelima penayangannya. Stephanie Beatriz selaku pengisi suara Mirabel adalah seorang aktris blasteran Kolombia dan Bolivia.

Pengisi suara lain yang terlibat dalam produksi film ini adalah Jessica Darrow sebagai Luisa dan Diane Guerrero sebagai Isabela.

Encanto menjadi film animasi terbaik di Golden Globe Awards 2022 mengalahkan Raya and The Last Dragon, Flee, Luca, dan My Sunny Maad.

Daya tarik Encanto terletak pada alur cerita yang memperlihatkan konflik keluarga, pegunungan indah di Kolombia, dan kecantikan sejati bukan kesempurnaan. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -