Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Red Sparrow, Mantan Balerina yang Jadi Mata-mata

Sinopsis Red Sparrow, Mantan Balerina yang Jadi Mata-mata

Sinopsis Red Sparrow menceritakan tentang seorang balerina yang kehilangan karirnya kemudian bekerja sebagai intelijen Rusia.

Film bergenre thriller mata-mata yang rilis pada tahun 2018 ini dibintangi oleh Jennifer Lawrence, Joel Edgerton, Matthias Schoenaerts, dan Charlotte Rampling.

Film ini tayang di bioskop Indonesia pada 28 Februari 2018 dan mendapat keuntungan 131 juta dolar AS  di seluruh dunia. Saat ini kita sudah bisa menyaksikan Red Sparrow di layanan streaming Netflix.

Baca Juga: Sinopsis Film Divergent, Ketika Manusia Terbagi Menjadi 5 Faksi

Para kritikus menilai film ini terlalu banyak adegan panas dan kekerasan, namun penampilan Jennifer Lawrence menuai pujian.

Sinopsis Red Sparrow

Dominika Egorova (Jennifer Lawrence) adalah seorang balerina yang bekerja untuk Bolshoi. Ia hanya tinggal bersama ibunya yang sakit. Ketika sedang menari dalam pertunjukkan, ia mengalami kecelakaan dan pergelangan kakinya patah.

Tiga bulan kemudian, Dominika sudah bisa berjalan kembali namun ia tidak menari lagi. Ia menjalani hari-harinya dengan depresi dan merokok.

Bolshoi sudah tidak menggajinya lagi, maka ia dan ibunya akan kehilangan apartemen. Sang paman, Ivan Egorova (Matthias Schoenaerts) datang menawarkan bantuan.

Menjalankan Misi Berbahaya

Dalam sinopsis Red Sparrow, Ivan adalah seorang perwira intelijen Rusia. Sang ibu sudah memperingatkan bahwa pekerjaan pamannya berbahaya. Akan tetapi, Dominika terpaksa melibatkan diri karena tekanan finansial dan kesehatan ibunya.

Ivan memberi misi pada Dominika untuk menjebak Dimitri Ustinov (Kristof Konrad), orang Amerika yang dicurigai sebagai agen CIA.

Dimitri tampak menyukai Dominika saat pertunjukkan menari, sehingga Ivan yakin bahwa ponakannya adalah orang yang tepat untuk misi tersebut. 

Baca Juga: Fakta Menarik Spider-Man No Way Home, Bikin yang Tak Nonton Nyesel

Dominika sengaja berpenampilan mencolok dan mengajak Dimitri ke sebuah kamar hotel yang sudah disiapkan Ivan.

Pada saat mereka berdua berada di dalam kamar, orang suruhan datang membunuh Dimitri dan membawa Dominika kabur. Untuk menghilangkan saksi, Dominika harus memilih antara mati atau masuk ke Sekolah Sparrow.

Masuk Sekolah Sparrow

Sekolah Sparrow adalah akademi yang melatih anak-anak muda berkemampuan khusus untuk menjadi mata-mata Rusia.

Murid-murid Sparrow belajar bagaimana menggunakan otak dan tubuh sebagai senjata. Sah-sah saja bagi seorang mata-mata untuk menggoda dan merayu target dengan tujuan menggali informasi sebanyak mungkin.

Selama berada di sekolah itu, Dominika berhadapan dengan instrukturnya, Matron (Charlotte Rampling) di sinopsis Red Sparrow.

Matron mengajari para murid untuk membuang rasa jijik dan keangkuhan, karena dua hal tersebut bisa menyebabkan mata-mata gagal dalam misi. Mata-mata yang gagal akan mati demi melindungi rahasia.

Akan tetapi, Dominika mengalami pelecehan di sekolah tersebut. Seorang tentara menerobos masuk kamar mandi wanita dan berusaha memperkosanya.

Keesokan harinya, Dominika harus menghadap Jenderal Vladimir (Jeremy Irons) karena ada tentara yang melapor sebagai korban penyerangan.

Bertemu Agen CIA di Budapest

Di sinopsis Red Sparrow, Matron memperlihatkan kekecewaan terhadap Dominika yang berusaha menjaga kehormatannya. Namun, Matron tidak mengerti mengapa Jenderal memilih Dominika untuk pergi ke Budapest.

Baca Juga: Bocoran Doctor Strange 2, Ada Sosok Wanda dan Strange dari Dunia Lain

Setibanya di Budapest, Dominika mematai-matai seorang agen CIA, Nate Nash (Joel Edgerton). Di luar dugaan, Nate berusaha meyakinkan Dominika untuk mempercayainya.

Saat itu Dominika menyadari bahwa ajaran-ajaran Sparrow bertentangan dengan nilai-nilai yang selama ini ia pegang.

Karena telah menemukan orang yang memahami rasa sakitnya, Dominika berbelot dan bekerja sama dengan CIA.

Sinopsis Red Sparrow semakin menegangkan ketika Matron datang untuk menembak Dominika. Tak hanya itu, orang-orang Rusia pun datang untuk membunuh Nate.

Daya Tarik Jennifer Lawrence

Meski mendapat rate dewasa, film ini menyampaikan sindiran halus. Khususnya dalam kasus pelecehan, pihak yang sering disalahkan adalah korban.

Hal itu tampak jelas ketika Dominika menghajar pria yang mencoba memperkosanya, Matron mengatakan bahwa kehormatannya tidak sebanding.

Selain itu, yang menarik dari sinopsis Red Sparrow adalah penampilan Jennifer Lawrence. Ia mampu melontarkan setiap dialog dengan intonasi suara yang indah, kemudian menghabisi targetnya tanpa ampun.

Makna lain yang tersampaikan dari film ini adalah tentang nilai kepercayaan. Harga sebuah kepercayaan tidak hanya diukur dari durasi hubungan, tapi juga dari sifat asli seseorang.

Ivan yang punya hubungan darah dengan Dominika saja tidak ragu-ragu mengorbankan keponakannya dalam misi. Namun, Dominika justru mempercayai Nate yang baru ia temui di Budapest karena posisi mereka berdua serupa.

Mampukah mereka berdua selamat? Setelah menyimak sinopsis film ini, saksikan Red Sparrow di Netflix! (R7/HR-Online/Editor-Ndu)