Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTingkatkan Baca Tulis, SMAN 2 Banjarsari Ciamis Gelar Workshop Literasi

Tingkatkan Baca Tulis, SMAN 2 Banjarsari Ciamis Gelar Workshop Literasi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- SMAN 2 Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar workshop literasi Peningkatan Kompetensi Menulis Siswa dan Guru.

Mengusung tema Kolak Sigeulis (Kolaborasi Aktivitas Siswa dan Guru Menulis), SMAN 2 Banjarsari turut mengundang berbagai sumber kompeten.

Kepala SMAN 2 Banjarsari, Teti Gumiati mengatakan, pelaksanaan kegiatan workshop literasi tersebut dari tanggal 26 sampai 28 Januari 2022.

Teti menjelaskan, tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan mutu pendidikan yang dituangkan melalui literasi.

“Atau istilah umumnya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para siswa dan guru dalam pengetahuan membaca, menulis berbicara  berhitung. Selain itu juga memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari,” katanya Senin (31/1/2022).

Sementara untuk mengembangkan program inovasi bidang literasi, pihaknya mendatangkan narasumber. Antara lain budayawan Godi Suwarna, dosen dari Universitas Galuh Hendaryan. Kemudian, penulis senior Toni Lesmana dan Wida Waridah seorang Penyair.

“Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan ini, seluruh guru dan siswa SMAN 2 Banjarsari bisa berinovasi kedepannya,” harapnya. 

Sementara itu, salah seorang guru SMAN 2 Banjarsari, Budi Darmansah mengatakan, bahwa kegiatan workshop literasi sangat membantunya sebagai tenaga pengajar. Terutama membantu dari sisi pengembangan akademis dan guru.

“Karena, seorang guru atau tenaga pengajar selain mendidik, tapi juga harus memiliki kemampuan menulis,“ ucap Budi yang juga Wakasek Kesiswaan SMAN 2 Banjarsari.

“Jadi materi kegiatan workshop literasi ini sangat tepat. Dan harus kita kembangkan dimasa sekarang dan kedepannya,” tambahnya.

Lebih lanjut Budi menambahkan, dalam waktu dekat ini pihak sekolah juga akan segera membuat rilis serta tulisan. Hasil karya dari para guru dan siswa tersebut nantinya dilakukan secara diskusi.

Kemudian, hasil karya tulis tersebut nantinya akan dibuat buku dan disimpan di perpustakaan sekolah, untuk nantinya bisa dikembangkan lebih luas.

Selain itu, kedepannya juga SMAN 2 Banjarsari berencana akan membuat web sekolah,  sebagai langkah kemajuan di era digital.

“Web inilah yang nantinya akan kita jadikan perpustakaan digital, yang bisa diakses oleh khalayak secara luas,” jelasnya. (Suherman/R5/HR-Online/Editor-Adi)