Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita CiamisMelihat Langsung Stadion Atletik Berstandar Internasional di Ciamis

Melihat Langsung Stadion Atletik Berstandar Internasional di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Stadion atletik yang Ciamis miliki sudah berstandar Internasional dari International Association Of Athletics Federations atau IAAF kelas 2 Asia.

HR Online berkesempatan melihat langsung stadion yang berada di Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (7/1/2022).

Tentunya, stadion yang berada dekat perkotaan dan jalur Lingkar Selatan ini, menjadi kebanggaan masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

Terlebih, stadion atletik berstandar internasional ini, nantinya akan menjadi tempat untuk pelaksanaan cabang olahraga (cabor) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar tahun 2022.

Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya mengatakan bahwa stadion atletik ini masih dalam proses pembangunan.

“Tinggal sedikit lagi. Ini sudah progres 99 persen pembangunannya,” ujar Herdiat, saat meninjau stadion atletik bertaraf internasional, Jumat (7/1/2022).

Stadion atletik berstandar Internasional di Ciamis. Foto : Feri/HR

Menurut Herdiat, stadion kebanggaan masyarakat Ciamis tersebut, nantinya khusus untuk cabang olahraga atletik. Sehingga, tidak boleh dipergunakan untuk cabor lain.

Stadion berstandar internasional ini juga dapat mempertandingkan 50 lebih nomor atletik, seperti lari, lompat dan lempar.

Lebih lanjut Herdiat mengatakan, stadion yang memiliki luas 4 hektare itu, juga mempunyai tribun penonton dengan kapasitas sebanyak 200 orang.

“Selain itu juga dengan berbagai fasilitas tentunya,” katanya.

Ciamis sendiri pada tahun 2022 nanti akan menjadi tuan rumah Porprov Jawa Barat. Ada 9 cabor yang akan dipertandingkan di Ciamis, salah satunya yakni atletik.

“Stadion ini juga dipersiapkan untuk Porprov Jabar 2022,” ucapnya.

Akan tetapi, sambung Bupati Ciamis, nanti sebelum pelaksanaan Porprov Jabar 2022, pihaknya juga akan menggelar tes event, baik skala regional maupun nasional.

“Event tersebut sebagai upaya memberikan motivasi kepada para atlet, agar dapat berprestasi,” jelasnya.

Herdiat menambahkan, stadion atletik ini sudah berstandar internasional dari IAAF Kelas 2 Asia ini, mempunyai jumlah lintasan lari sebanyak 7 jalur.

“Sudah berstandar internasional terutama untuk track atau lintasannya. Maka dari itu, stadion ini bisa menggelar event, karena telah memenuhi syarat,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -