Sabtu, Januari 22, 2022
BerandaBerita BisnisStatus Order Saham Lengkap dengan Berbagai Jenisnya

Status Order Saham Lengkap dengan Berbagai Jenisnya

Status order saham berguna untuk menunjukan dari status yang investor miliki. Status order itu sendiri meliputi dari beberapa bagian.

Dalam dunia investasi saham perlu banyak belajar tentang strategi dan langkah tepat yang harus dilakukan.

Salah satu hal utama yang biasa dilakukan yaitu jual beli saham. Namun sebelum memahami sistem transaksi, ada hal yang lebih dulu perlu untuk investor ketahui. Status order dapat membantu Anda mengetahui aktivitas berhasil atau tidaknya.

Bahkan sebagai jalan untuk melanjutkan langkah berikutnya. Tanpa mengetahui status tentu akan membuat investor melakukan pembelian saham secara buru-buru.

Dengan adanya perilaku ini tanpa berpikir panjang tentu untuk risiko terjadinya hal yang buruk bisa saja terjadi. Untuk itu, sebagai investor ketahui status order saham sebelum melakukan pembelian.

Baca Juga: Pasar Negosiasi Saham, Bagaimana Mekanisme dan Peluangnya?

Ragam Status Order Saham dalam Transaksi

Ada satu hal yang utama untuk dipahami yaitu pola perdagangan. Salah satu aplikasi yang banyak penggunanya untuk jual beli saham yaitu Ajaib. Aplikasi ini khusus untuk memudahkan para investor dalam mengetahui status order.

Namun sebelumnya status order ini juga terdiri dari beberapa bagian. Ada beberapa status order yang ada dalam dunia transaksi, antara lain:

Status Order Open

Open jika terjadi dua skenario saat status order saham. Untuk pertama yaitu melakukan order beli yang terbeli sebelum diperoleh karena membeli pada posisi harga lebih rendah dari harga Best Offer/Best Ask.

Sedangkan untuk yang kedua yaitu ketika order jual saham. Sebaiknya jual saham sesuai harga yang Anda tetapkan.

Jika pembeli menawar harga kurang dari itu, sebaiknya tunggu orang yang mau membeli dengan harga yang Anda terapkan.

Baca Juga: Crypto Winter 2022 Akan Terjadi? Para Investor Harus Siaga!

Order Match

Untuk jenis status open saham selanjutnya ini terjadi ketika melakukan order buy dengan harga tertentu.

Harga tersebut dikirim ke pasar yang kemudian investor setuju dengan harga yang sama dalam melakukan order sell.

Dalam status matched tentu ada kesamaan antara penjualan dan pembelian. Dengan adanya status ini tentu transaksi jual beli akan selesai.

Amended

Status order saham memang penting dalam transaksi jual beli. Untuk status amended terjadi ketika melakukan perubahan harga terhadap status order.

Status yang tadinya open akan berubah menjadi amended dan muncul status order baru dengan nama open atau matched.

Withdraw

Sedangkan untuk status yang satu ini terjadi ketika melakukan cancel order atau pembatalan terhadap saham yang belum berstatus open.

Semua pesanan saham saat status open hingga penutupan hari bursa secara otomatis berubah menjadi withdraw.

Baca Juga: Ciri Saham Ditinggal Bandar yang Bisa Buat Investor Merugi

Rejected

Ketika transaksi jual beli yang sedang terjadi tidak sesuai aturan atau perubahan fraksi oleh BEI namanya dengan status rejected. Transaksi ini terjadi pada harga luar batas auto-rejection yang BEI tetapkan pada hari tersebut.

Selain itu, transaksi pada luar jam perdagangan oleh BEI, transaksi dalam jumlah lebih dari 50.000 lot, serta tidak sesuai dengan harga loncatan status order saham. (R10/HR-Online)

- Advertisment -