Jumat, Januari 28, 2022
BerandaTeknologiAplikasiStory Instagram Scroll Vertikal, Uji Coba di Turki dan Brazil

Story Instagram Scroll Vertikal, Uji Coba di Turki dan Brazil

Story Instagram scroll vertikal kini masih dalam tahap uji coba. Pada Februari 2021, pihak Instagram mengkonfirmasi sedang membuat desain prototipe Instagram Story terbarunya. Nantinya hadir dengan pengguliran atau scrolling vertikal.

Desain prototype tersebut akan tampak mirip dengan TikTok. Seperti diketahui, sekarang ini tampilan scroll Instagram Story dengan menggeser ke kanan serta kiri.

Untuk melihat stories selanjutnya ke kanan. Sedangkan kiri untuk kembali pada unggahan story sebelumnya.

Baca Juga: Fitur Repost di TikTok, Mirip Retweet Twitter

Tampilan Baru Story Instagram Scroll Vertikal

Media sosial milik Meta ini masih melakukan uji coba desain baru Instagram Story. Namun hanya untuk segelintir penggunanya.

Mengutip 9to5Mac, Jumat (14/1/2022), berdasarkan keterangan dari konsultan media sosial Matt Navarra.

Sejumlah pengguna yang berada di Turki telah memperoleh update Instagram tersebut. Update yang menghadirkan tampilan gulir Instagram Story vertikal.

Berdasarkan tampilan yang tampak dari sejumlah Story penggunanya, masih dapat diketuk ke kanan atau ke kiri layar.

Berbeda apabila beralih ke Story pada pengguna lainnya, dapat Anda lakukan dengan cara menggesernya ke bawah.

Jurnalis teknologi Thassius Veloso juga telah memperoleh update tersebut di Brasil. Hal ini mengungkapkan bahwa Instagram telah menghadirkan desain gulir vertikal ke lebih banyak negara.

Baca Juga: Fitur Instagram Batasi Embed Foto Demi Lindungi Hak Cipta

Upaya Bersaing dengan TikTok

Perubahan tersebut sepertinya menjadi upaya untuk bersaing dengan TikTok. Caranya dengan menyediakan opsi gulir vertikal di aplikasinya.

Semenjak TikTok lebih populer, para pengguna Instagram mencoba beralih menggunakan TikTok.

Dengan kata lain, menghabiskan lebih banyak waktunya dengan TikTok daripada Instagram. Untuk mencegah penggunanya beralih ke TikTok, maka Instagram menawarkan berbagai trik khusus.

Salah satunya dengan cara membuat fitur kloningan, seperti yang tersedia di TikTok. Setelah itu, dapat memboyong penggunanya ke Instagram.

Seperti halnya yang terlihat pada Reels. Cara kerja fiturnya tampak mirip dengan TikTok. Pengguna Instagram dapat membuat video pendek vertikal dengan berbagai tools edit yang tersedia.

Instagram memang tidak ingin menyerah dengan membuat mode Instagram Story scroll vertikal tersebut.

Baca Juga: Fitur Instagram Edit Grid Masih Uji Coba, Ini Penjelasannya

Instagram Stories menjadi lebih fokus untuk video daripada konten yang statis. Sebelumnya pada bulan Desember 2021, Instagram juga melakukan uji peningkatan batas waktu maksimal unggah video Stories. Videonya bermula dari 15 detik menjadi 60 detik.

Penggunanya dapat mengunggah video hingga 1 menit untuk Instagram Stories. Namun video tersebut tersegmentasi menjadi empat video, masing-masing videonya berdurasi 15 detik.

Apabila tersedia dengan mode Story vertikal, untuk menggeser Story secara horizontal juga masih tersedia. Sementara itu, belum dapat memastikan metode baru pengguliran Story ini akan rilis.

Apabila Story Instagram scroll vertikal benar-benar rilis, kemungkinan pengguna akan merasa bingung. Terlebih selama bertahun-tahun penggunanya sudah terbiasa dengan swipe layar ke samping untuk ganti Story. (R10/HR-Online)

- Advertisment -