Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruTidak Bisa Update Aplikasi di Play Store, Jangan Panik Begini Solusinya

Tidak Bisa Update Aplikasi di Play Store, Jangan Panik Begini Solusinya

Tidak bisa update aplikasi di Play Store bisa Anda atasi dengan mudah. Sehingga tidak perlu bingung ketika mengalami masalah ini.

Google Play Store menjadi salah satu layanan yang biasa digunakan untuk unduh aplikasi secara gratis. Meski demikian, ada saja kendala yang bisa dihadapi sehingga mengganggu aktivitas saat menggunakannya.

Bagi Anda pengguna smartphone Android sering dihadapkan dengan pembaruan atau update melalui Google Play Store.

Hal ini dilakukan karena developer berusaha untuk memperbaiki kesalahan. Bahkan berusaha untuk memperbarui fitur yang ada pada aplikasi yang Anda gunakan.

Sayangnya, sering terjadi masalah ketika Anda hendak melakukan update aplikasi. Sering terjadi error pada Google Play Store yang mengakibatkan pengguna tidak dapat download aplikasi atau bahkan memperbaharuinya.

Mengingat peran Play Store yang cukup penting untuk update aplikasi, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya.

Sehingga bisa pastikan untuk dapat menggunakan aplikasi atau game tertentu setelah mengupdatenya.

Tidak bisa update aplikasi di Play Store bukan berarti Anda menghadapi masalah besar. Sebab masalah yang Anda hadapi ini bisa diatasi dengan mudah.

Pada umumnya, tidak dapat update tersebut bisa karena beberapa hal. Agar Anda bisa mengatasinya, sebaiknya cari tahu penyebabnya terlebih dulu.

Baca Juga: Google Play Store Sapa Windows, Akan Hadirkan Game Seru

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi di Play Store

Mengingat Google Play Store memiliki peran penting, ada baiknya jika terjadi masalah Anda segera mencari solusinya. Seperti halnya ketika tidak bisa update aplikasi atau game.

Tidak dapat update tersebut memang pengaruhnya dari beberapa faktor. Bisa karena pemasangan aplikasi sadap, kerusakan data, atau pada memori internalnya.

Untuk itu, cari tahu penyebabnya yang bisa membantu Anda mengatasi lebih cepat dan mudah.

Ada penyebab lain yang juga bisa terjadi yaitu karena koneksi internet lemot. Sehingga Play Store tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jika Anda mengalami kegagalan update aplikasi di Play Store, sebaiknya lakukan beberapa cara mudah berikut ini.

Anda dapat melakukan salah satu cara untuk mengatasinya. Sehingga update aplikasi bisa kembali Anda lakukan.

Baca Juga: Cara Agar HP Tidak Update Otomatis, Praktis Anti Ribet!

Periksa Kecepatan Internet

Seperti yang sudah Anda ketahui sejak awal jika mengatasi masalah tidak bisa update aplikasi di Play Store tergantung dari penyebabnya.

Jika masalah tersebut terjadi karena koneksi internet yang lambat, atasi dengan mencari sinyal yang kuat.

Play Store akan berjalan maksimal jika kecepatan internet yang Anda miliki mendukung.

Untuk itu, ketika hendak update aplikasi Anda harus mencari lokasi yang memiliki sinyal internet kuat dari provider seluler. Jika Anda menggunakan koneksi WiFi, pastikan tersambung dengan benar.

Update Play Store

Cara untuk mengatasi tidak bisa update aplikasi di Play Store yakni dengan update ke versi terbaru. Dengan melakukan update ke versi terbaru, membuat kinerjanya bisa semakin optimal.

Pada umumnya ketika Anda masih menggunakan Play Store versi lama, akan terjadi perbedaan data dari aplikasi. Sehingga proses update akan tertunda.

Cek Pengaturan Download Play Store

Saat menghadapi opsi unduhan, tersaji pilihan menggunakan WiFi atau data seluler. Anda bisa pilih sesuai dengan yang Anda gunakan. Setting dengan tepat, jangan sampai salah pilih.

Dengan mengecek kembali pengaturan download Play Store, membantu atasi masalah tidak bisa update aplikasi di Play Store.

Baca Juga: Tips Membedakan Aplikasi Asli atau Palsu di Play Store & App Store

Kosongkan Ruang Penyimpanan

Penyebab lain yang bisa membuat update terganggu yaitu karena ruang penyimpanan penuh sehingga gagal unduh aplikasi baru.

Saat kondisi ini terjadi, ada baiknya untuk hapus aplikasi atau pindahkan data yang tidak Anda gunakan. Anda bisa hapus aplikasi untuk menghemat ruang.

Sebenarnya cara untuk mengatasi masalah pada aplikasi memang bisa terbilang mudah. Dengan catatan, Anda tahu penyebabnya terlebih dulu. Seperti halnya untuk update aplikasi di Play Store.

Apabila masalah ini Anda alami, sesuaikan cara mengatasinya dengan penyebab yang memicunya. Sehingga masalah tidak bisa update aplikasi di Play Store akan lebih mudah teratasi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -