Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Memilih Gear Set Motor yang Tepat Agar Kinerjanya Lebih Optimal

Tips Memilih Gear Set Motor yang Tepat Agar Kinerjanya Lebih Optimal

Tips memilih gear set motor memang cukup penting untuk Anda ketahui, karena semua akan mempengaruhi bagaimana kinerja kendaraan tersebut.

Pasalnya, komponen yang satu ini untuk menyalurkan tenaga dari arah mesin ke roda belakang agar motor bisa berjalan.

Saat ini di berbagai macam toko onderdil juga sudah ada banyak aneka macam gear set yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Tentunya produk tersebut juga memiliki harga dan kualitas yang berbeda tergantung jenis dan mereknya.

Baca Juga: Penyebab Gear Motor Cepat Habis Karena Kotoran yang Menempel

Inilah Tips Memilih Gear Set Motor yang Benar

Sebagian besar pengguna kendaraan roda dua yang ingin memodifikasi motornya, namun bingung tentang gear set. Biasanya mereka akan memilih dan membelinya dengan ukuran gear depan 14 serta belakang 38.

Seperti yang kita ketahui, penggantian gir motor merupakan salah satu hal yang penting pula guna menambah kinerja motor. Meski demikian, penggantiannya juga tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan begitu saja.

Karena apabila terlalu memperbesar atau memperkecil gir, bisa mempengaruhi kinerja mesin kendaraan tersebut.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang harus senantiasa Anda perhatikan sebelum membelinya. Bagaimana?

Baca Juga: Gear Depan Motor Goyang, Beberapa Kebiasaan Ini Jadi Penyebabnya

Perhatian Ketebalan dan Bahan

Tips memilih gear set motor yang paling utama adalah dengan memperhatikan dan mengetahui bahan maupun ketebalan produk tersebut. Sebab ini bisa mempengaruhi daya tahan penggunaan gear pada kendaraan roda dua Anda.

Oleh karena itu, usahakan Anda memilihnya yang terbuat dari bahan dasar baja supaya bisa lebih bertahan lama dan tak cepat kendor.

Sedangkan ketebalannya ada dua macam, yakni 420 dan 428. Sehingga Anda bisa menentukan dan memilih sendiri.

Baca Juga: Gear Belakang Motor, Jangan Sembarangan Mengganti Ukurannya

Kebutuhan Saat di Jalanan

Selanjutnya Anda juga harus tahu dan paham terlebih dahulu mengenai kebutuhan Anda selama berkendara. Apakah Anda ingin menaikkan akselerasi ataukan hanya akan mementingkan top speed motor?

Sebab tips memilih gear set motor dengan ukuran untuk akselerasi juga berbeda jika Anda memilih top speed.

Sebagai contoh ukuran gir belakang Revo standar sebesar 37 dan depan 14. Ini akan stabil antara top speed dan akselerasi.

Perhatikan Akselerasi

Saat Anda sudah tahu apa saja kebutuhan harian ketika berkendara, maka Anda dapat memilih apakah akan mengubah gear set seperti apa. Apakah ingin kencang saat awal-awal atau malah selap-selip saat terjadi macet.

Oleh karena itu, untuk memilih gear set dan menambahkan akselerasinya yaitu dengan cara menaikkan ukuran gear set bagian depan belakang. Anda dapat menaikkan ukuran gear set bagian belakang, misalnya menjadi 39-40.

Poin penting lainnya bagi Anda yang akan mengganti gear motor, maka harus tahu apa saja merek berkualitas. Maka dari itu, Anda harus paham dulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Setelah tahu beberapa tips memilih gear set motor, penting juga mengetahui apa saja merek-merek yang berkualitas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -