Sabtu, Januari 15, 2022
BerandaBerita TerbaruTranslate Lewat Kamera Smartphone Praktis, Tak Perlu Buka Kamus!

Translate Lewat Kamera Smartphone Praktis, Tak Perlu Buka Kamus!

Translate lewat kamera dapat Anda lakukan melalui perangkat HP. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot lagi menggunakan kamus. Pasalnya, Google translate dapat membuat kamera HP jadi penerjemah.

Bagi seseorang yang sedang melakukan traveling ke luar negeri, bahasa seringkali menjadi salah satu kendala.

Terutama bagi yang kurang fasih berbahasa asing. Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini kamera smartphone dapat menjadi penerjemah yang cukup akurat.

Jika awalnya banyak orang yang membawa kamus saku untuk menghadapi kendala tersebut, akan tetapi di era teknologi yang semakin maju saat ini, orang dapat menggunakan smartphone untuk menerjemahkan bahasa asing yang kurang mereka pahami.

Baca Juga: Translate Menggunakan Google Drive Mudah, Simak Ulasan Lengkapnya

Cara Praktis Translate Lewat Kamera HP

Kecanggihan teknologi semakin hari kian luar biasa. Salah satunya adalah aplikasi terjemah bahasa cukup populer milik Google. Perusahaan ini mampu menciptakan terobosan baru dalam menerjemahkan bahasa di seluruh dunia.

Aplikasi tersebut tak lain adalah Google Translate. Saat ini para pengguna dapat menerjemahkan bahasa hanya dengan mengarahkan kamera ponsel yang Anda gunakan ke tulisan yang akan Anda terjemahkan.

Selanjutnya hanya dalam hitungan detik, maka aplikasi tersebut secara langsung menerjemahkan tulisan yang telah tertangkap oleh kamera ponsel sebelumnya.

Fitur ini dapat Anda manfaatkan langsung di aplikasi Google Translate. Baik untuk smartphone Android maupun iOS.

Fitur yang telah Google tambahkan untuk memberi kemudahan para penggunanya tersebut bernama Word Lens.

Cara Translate Lewat Kamera HP dengan Google Translate

Google Translate merupakan salah satu aplikasi terjemah bahasa online yang cukup populer di kalangan pengguna. Ini merupakan aplikasi terbaik dan gratis.

Berkat menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat menerjemahkan sekitar 103 bahasa hanya dengan mengetik. Namun aplikasi ini juga dapat Anda manfaatkan untuk translate bahasa lewat kamera ponsel.

Baca Juga: Aplikasi Penerjemah Google Translate Bisa Digunakan Saat Offline

Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menerjemahkan bahasa asing dengan kamera melalui aplikasi ini yaitu:

  1. Pertama unduh aplikasi Google Translate pada Google Play Store
  2. Selanjutnya Anda memerlukan pengaturan awal bahasa. Ini merupakan bahasa pertama Anda pahami serta bahasa kedua yang akan Anda terjemahkan
  3. Langkah berikutnya, untuk translate lewat kamera ponsel dengan aplikasi Google Translate ini, Anda hanya perlu mengetuk tombol kamera untuk mengambil foto dari kertas atau buku yang bahasanya akan Anda terjemahkan
  4. Berikutnya aplikasi ini akan secara otomatis menerjemahkan bahasa ke bahasa yang akan Anda ketahui
  5. Sekarang pun dapat dengan mudah untuk menggunakan aplikasi Google translate kapan saja untuk menerjemahkan bahasa lewat kamera ponsel.

Cara Translate Lewat Kamera dengan Aplikasi Lain

Selain memanfaatkan aplikasi Google Translate, Anda juga dapat menerjemahkan bahasa lewat kamera dengan menggunakan beberapa pilihan aplikasi lain yaitu:

Scan and Translate

Ini merupakan salah satu aplikasi pemindai serta penerjemah teks dari berbagai jenis sumber cetak. Seperti buku, dokumen, atau lainnya.

Scan and Translate dapat mengenali sekitar 79 bahasa asing, termasuk bahasa Jerman, Inggris, Rusia, hingga China tanpa harus memerlukan koneksi internet.

Aplikasi ini cukup mudah untuk Anda gunakan. Setelah proses instalasi berhasil, maka Anda dapat melihat dua opsi di beranda yakni snap dan manual. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, maka Anda dapat menggunakan opsi manual.

Pasalnya, dengan opsi ini Anda dapat mengambil gambar secara manual serta mengedit gambar untuk memotong area teks.

Selanjutnya Anda dapat mengetuk tombol yang terletak pada bagian bahwa serta bisa translate bahasa yang Anda inginkan lewat kamera secara mudah.

Baca Juga: Fitur Translate Google Maps Untuk Memudahkan Para Pengguna

Camera Translator

Aplikasi terjemah yang dapat memanfaatkan kamera ponsel selanjutnya adalah Camera Translator. Dalam aplikasi ini mempunyai fitur OCR pintar yang memudahkan pengguna untuk menerjemahkan teks dalam bentuk apapun dengan kamera ponsel.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu mengetik teks terlebih dahulu untuk menerjemahkannya. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan para pengguna untuk translate gambar secara menyeluruh serta semua bahasa yang tersedia dalam satu titik.

Camera Translator mampu mengidentifikasi teks hampir setiap bahasa. Menariknya lagi, aplikasi ini dapat Anda gunakan secara offline untuk translate bahasa atau tulisan tanpa adanya koneksi internet.

Translate lewat kamera smartphone ini dapat menjadi cara praktis dalam mendukung berbagai aktivitas harian terkait dengan bahasa asing yang kurang begitu Anda pahami. (R10/HR-Online)

- Advertisment -