Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruTuas Transmisi Matic Berbeda dengan Manual, Ternyata Ini Fungsinya

Tuas Transmisi Matic Berbeda dengan Manual, Ternyata Ini Fungsinya

Tuas transmisi matic fungsinya masih saja belum banyak diketahui sebagian besar pemiliknya. Sama seperti mobil transmisi manual, jenis matic pun memiliki kelengkapan dengan tuas.

Namun keduanya memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing. Perbedaan tuas pada mobil matic yaitu adanya kombinasi huruf dan angka yang memiliki fungsi tersendiri.

Huruf dan angka tersebut yaitu P-R-N-D-2-L. Karena cukup beragam dengan fungsi yang berbeda tidak seperti mobil manual, Anda wajib mengetahuinya.

Jika belum mengenal dan mengetahui fungsinya, bisa membuat pengendara kebingungan.

Seperti yang sudah masyarakat tahu jika keberadaan mobil semakin banyak karena berbagai alasan.

Selain Anda harus menguasai cara berkendara, pastinya wajib tahu juga komponen hingga fungsinya.

Hal ini akan membantu Anda jauh lebih mudah dalam mengendalikan kendaraan. Mobil matic saat ini memang cukup populer jika dibanding dengan tipe manual.

Meski memberikan transmisi secara otomatis, bukan berarti cara berkendara juga cukup mudah. Perbedaannya dengan mobil manual, membuat Anda wajib mengetahui manfaat tuas transmisi matic.

Melihat jajaran huruf dan angka pada mobil matic memiliki fungsi masing-masing. Agar Anda lebih jelas dalam memahaminya, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Transmisi AT vs CVT Berbeda pada Segi Komponen dan Cara Kerjanya

Fungsi Tuas Transmisi Matic yang Wajib Anda Tahu

Mobil bertransmisi matic menghadirkan beragam fitur menarik dan canggih. Sehingga kendaraan tampak lebih modern. Pada jenis transmisi manual dan matic tentu berbeda.

Sebab huruf dan angka pada mobil matic mewakili fungsinya masing-masing. Dengan Anda memahaminya secara lebih jelas, membantu memastikan berkendara lebih aman dan nyaman.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan tipe matic, jangan sampai salah dalam memanfaatkan transmisi matic.

Karena fungsinya yang berbeda, membuat Anda harus bisa memahami setiap posisi tuas transmisi.

Berikut ini ada beberapa penjelasan penting tentang fungsi tuas transmisi matic yang wajib pengendara ketahui.

Posisi D

Seperti yang Anda tahu jika transmisi mobil matic terdiri dari deretan angka dan huruf. Posisi tuas antara lain P-R-N-D-2-L.

Semua memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya pada posisi D. Posisi ini memiliki artian jika berkendara dalam kecepatan terbaik. Anda bisa berkendara dengan mobil matic saat kecepatan normal dalam kota.

Posisi ini juga menandakan untuk melakukan over drive artinya mengemudi dengan tambahan torsi ketika hendak menyalip kendaraan yang ada di depannya.

Berbeda dengan transmisi mobil manual, bisa melakukannya jika mengubah gigi ke posisi lebih rendah.

Untuk mobil matic, Anda cukup tekan tombol over drive tersebut yang terletak pada tuas transmisi. Anda sebaiknya menggunakan teknik ini ketika berada pada area jalan tol saja.

Baca juga: Penyebab Transmisi Matic Rusak Hingga Jebol, Pengemudi Wajib Tahu

Posisi P, R, N

Manfaat tuas transmisi matic akan terasa jika Anda tahu fungsinya. Seperti halnya pada tuas terdapat tulisan huruf P, R, dan N.

Ketiga huruf tersebut memiliki manfaat yang berbeda. Pada posisi P, maka mobil matic menandakan parkir. N untuk posisi mobil dalam keadaan netral atau berhenti sementara.

Sedangkan untuk posisi R mengartikan reverse. Anda bisa memanfaatkannya ketika posisi mobil mundur.

Anda bisa manfaatkan ketiga huruf tersebut sesuai fungsinya. Ketiga indikator ini memang biasa digunakan ketika berkendara mobil matic.

Indikator L (Low)

Ada indikator lain yang bisa Anda manfaatkan yaitu ketika mobil pada posisi L. Anda bisa menerapkan fungsi tuas transmisi matic tersebut ketika melewati jalan yang curam atau tanjakan.

L berarti low yang menandakan transmisi berada pada posisi kecepatan paling rendah. Hal ini membuktikan jika kendaraan akan aman ketika melalui turunan atau tanjakan.

Angka 2

Ada juga angka 2 yang bisa Anda temukan pada transmisi tuas mobil matic. Huruf D menandakan Anda bisa berkendara dalam segala kondisi. Sedangkan untuk posisi tanjakan biasanya tuas berada pada posisi 2.

Dengan cara ini, membuat laju kendaraan lebih stabil. Tidak hanya itu saja, dengan posisi ini kendaraan dapat lebih irit bahan bakar. Sebaiknya lakukan perpindahan sesuai kebutuhan.

Bahkan Anda juga perlu tahu manfaat tuas transmisi matic. Berkendara pun bisa lebih mudah. Pastikan Anda cepat memahaminya guna menunjang keamanan dan kenyamanan selama berkendara mobil matic. (R10/HR Online)

- Advertisment -