Rabu, Mei 18, 2022
BerandaTeknologiAplikasiTwo-Step Verification WhatsApp Versi Desktop dan Web, Apa Fungsinya?

Two-Step Verification WhatsApp Versi Desktop dan Web, Apa Fungsinya?

Verifikasi Dua Langkah WhatsApp versi desktop dan web sedang dipersiapkan oleh perusahaan. Sebelumnya, WhatsApp telah melakukan uji coba fitur pause dan resume voice note.

Kini, perusahaan akan mendatangkan fitur 2 step verification pada aplikasi desktop serta versi webnya.

Berdasarkan laporan dari WABetaInfo, fitur terbaru ini akan meluncur di WhatsApp dekstop dan web. Dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan data pribadi para pengguna.

Baca Juga: Fitur Undo di Postingan Status WhatsApp Hadir Untuk Para Penggunanya

Apa Itu Two-Step Verification WhatsApp Versi Desktop dan Web?

Hingga saat ini, WhatsApp terus tingkatkan pengalaman bagi para penggunanya dengan menghadirkan beragam fitur handal. Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp Desktop membawa update besar melalui fitur multi device.

Dengan fitur ini, para pengguna harus terhubung pada aplikasi WhatsApp di smartphone pada saat menggunakan WhatsApp Desktop ataupun web.

Selanjutnya, WhatsApp kabarnya akan kembali meningkatkan fitur WhatsApp Desktop dan web dengan menyuguhkan fitur Two-Step Verification. Kabar tersebut pertama kali disampaikan oleh WABetaInfo.

Baca Juga: Fitur WhatsApp Blur Foto Sebelum Dikirim Ada pada Tahap Uji Coba Beta

Mengenal Fungsi Fitur Two-Step Verification

Dengan banyak orang yang mengandalkan aplikasi WhatsApp dalam aktivitas bekerja dan berkomunikasi, maka seringkali para penjahat siber juga memanfaatkan pengguna WhatsApp dengan berbagai penipuan.

Dalam hal ini, pihak WhatsApp telah coba mengatasi penipuan tersebut dengan menjelaskan ke penggunanya untuk menambahkan fitur two-step verification.

Menurut WABetaInfo, fitur keamanan ini memiliki fungsi penting, terutama ketika pengguna mungkin kehilangan smartphone atau lupa dengan password atau PIN mereka.

Fitur verifikasi 2 langkah di WhatsApp ini pada dasarnya sama dengan Two-Factor Authentication yang telah Google terapkan selama ini.

Dalam penggunaan fitur Two-Step Verification WhatsApp versi Desktop dan Web, pengguna harus memberi password ekstra untuk aktivitas login melalui perangkat baru.

Hal ini bertujuan supaya akun pengguna dapat lebih aman dari adanya penyusup atau penjahat digital yang mengincar data pribadi pengguna.

Pengembangan fitur terbaru di Whatsapp Desktop juga berkaitan dengan adanya rencana perusahaan untuk meluncurkan dukungan multi-device.

Selanjutnya, fitur Two-Step Verification nantinya menjamin keamanan pengguna ketika menggunakan Whatsapp desktop atau web dengan dukungan multi-device.

Di sisi lain dukungan multi-device itu sendiri memungkinkan penggunanya untuk dapat membuka aplikasi WA desktop atau web tanpa perlu terkoneksi dengan smartphone.

Pada saat fitur Two-Step Verification aktif, maka pengguna harus memasukan kode PIN 6 digit sebelum masuk ke Whatsapp Desktop atau web.

Baca Juga: Cara Membuat Baca Selengkapnya di WhatsApp dengan Mudah

Kemudian pengguna akan mendapatkan pilihan untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur Two-Step Verification melalui pengaturan akun.

Meski terdapat pilihan disable two-step verification, tetapi pengguna sebaiknya tetap mengaktifkan fitur tersebut dengan tujuan untuk menambah keamanan ekstra.

Sesuai dengan laporan dari WABetaInfo menyebutkan bahwa Two-Step Verification WhatsApp versi Desktop dan Web tersedia di WhatsApp Windows serta macOS. Selanjutnya WhatsApp akan meluncurkan fitur tersebut di WhatsApp Windows dan macOS secara bersamaan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -