Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruWiFi Tidak Bisa Tersambung di Laptop, Ini Penyebab dan Solusinya

WiFi Tidak Bisa Tersambung di Laptop, Ini Penyebab dan Solusinya

WiFi yang tidak bisa tersambung ke laptop tentu akan menjadi masalah yang besar. Terlebih jika Anda tengah dikejar-kejar waktu deadline pekerjaan maupun tugas kuliah.

Sebab, selain perlu perangkat seperti laptop, saat ini aktivitas di luar rumah atau di kantor membutuhkan akses internet.

Seperti kita ketahui, bahwa komputer portabel atau yang laptop merupakan komputer pribadi yang sangat mudah pengguna bawa kemana-mana. Selain itu juga, laptop ini dapat digunakan oleh siapa saja, baik itu pelajar, pekerja maupun pengusaha.

Baca Juga : WiFi Tidak Terdeteksi di iPhone, Cari Penyebab Sebelum Solusinya

Salah satu kelebihan dari perangkat portabel yang satu ini adalah memiliki fitur WiFi. Fitur tersebut bisa memudah untuk terhubung ke hotspot pribadi (dari ponsel) atau jaringan WiFi sekitar Anda.

Namun banyak juga yang mengalami masalah secara tiba-tiba yaitu laptop tidak bisa konek ke WiFi. Padahal, sebelumnya normal jika menggunakan jaringan WiFi di tempat lain. Menurut Anda apa penyebabnya.

Penyebab dan Solusi WiFi Tidak Bisa Tersambung ke Laptop

Taman kota, ruang publik, mal, kafe, perkantoran, kampus dan sekolah saat ini sudah banyak yang menyediakan akses Wifi secara gratis maupun berbayar.

Tentunya dengan adanya akses tersebut, maka akan memudahkan masyarakat yang berkunjung dan membutuhkan akses internet saat bekerja menggunakan laptop.

Hal utama yang harus Anda ketahui ketika ingin menghubungkan laptop ke jaringan WiFi/hotspot adalah username atau password itu sendiri.

Karena, jika kita tidak mengetahuinya, sudah pasti laptop tersebut tidak bisa tersambung dengan WiFi.

Tapi, sebenarnya ini bukan masalah yang serius. Karena Anda cukup perlu menanyakan password pemilik atau petugas tempat mengakses WiFi.

Namun masalahnya yang sering terjadi adalah password WiFinya benar, akan tetapi tidak bisa tersambung ke laptop. Sehingga, tentunya Anda tidak bisa mengakses internet.

Baca Juga : Ganti Password WiFi Lewat HP dengan Beberapa Cara Berikut ini

Lantas apa yang menjadi penyebab sehingga terjadi masalah seperti itu? Masalah seperti ini biasanya error pada hardware, software atau setting.

Penyebab laptop tidak bisa connect wifi (baik pengguna windows 7 atau windows 10) bermacam-macam.

Antara lain bisa karena lampu indikator WiFi pada laptop tidak menyala atau statusnya mati (biasanya ada sinyal palang merah di pojok kanan bawah).

Artinya, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara menekan tombol WiFi. Namun jika sudah aktif tapi indikator sinyal tetap palang merah, maka dapat dianalisa ada kerusakan pada hardware jaringan wireless.

Berikut ini penyebab yang biasanya terjadi jika WiFi tidak bisa tersambung ke laptop.

  • Tidak ada icon signal (akses internet) pada taskbar, padahal WiFi sudah menyala. Biasanya driver WiFi-nya bermasalah, atau mungkin belum terinstall dengan baik.
  • Biasanya Anda tidak akan dapat mengakses internet meskipun laptop sudah terhubung dengan hotspot WiFi. Ketika Anda telah menggunakan Proxy tertentu.
  • Kata sandi WiFi salah
  • Terdapat pernyataan Limited Access pada jaringan WiFi, bahwa biasanya anda tidak akan bisa mengakses internet walaupun sudah terkoneksi wifi

Cara Mengatasi

Penyebab WiFi yang tidak bisa tersambung pada laptop, biasanya permasalahan yang terjadi adalah salah memasukkan password.

Akan tetapi, jika kata sandi sudah benar dan laptop tetap tidak bisa konek ke jaringan WiFi, maka anda bisa mencoba untuk memperbaikinya itu dengan cara berikut.

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah langsung memilih klik Start – Control Panel > Network and Internet
  2. Setelah itu kamu bisa pilih Jaringan dan Pusat untuk Berbagi lalu pilih Ubah di Pengaturan Adaptor
  3. Setelah itu dapat  memilih di bagian kanan pada Wireless Connection dan pilih Properties
  4. Pada tab Networking cari Internet Protocol Version 4 dan klik 2X maka akan menampilkan pengaturan IP Address
  5. Anda dapat memilih “Obtain IP Address Automatically” dan “Obtain DNS Server Address Automatically” Klik OK untuk menyimpan pengaturan

Setelah melakukan setting seperti di atas, coba sambungkan kembali ke WiFi. Jika masih ada masalah (WiFI tidak tersambung ke laptop atau jaringan internet tidak dapat diakses), maka dapat dianalisis bahwa ada kesalahan pada driver jaringan nirkabel.

Anda dapat memeriksa juga memperbarui dengan cara berikut ini:

  1. Temukan Komputer Saya di desktop lalu klik kanan dan pilih Kelola dan setelah itu pilih Pengelola Perangkat
  2. Selanjutnya cari Network Adapter, jika ada tanda seru (biasanya berwarna kuning) berarti driver wifi anda bermasalah dan cara mengatasinya bisa langsung ikuti cara seperti ini :
  3. Di bagian Network Adapter, cari Wifi hardware lalu klik kanan dan Uninstall
  4. Setelah itu Anda bisa menekan tombol di sebelah kanan lagi untuk pilih Scan for Hardware Changes, agar laptop install ulang driver wifinya.
  5. Memproses install driver baru kemudian selesai, lalu tutup jendela Device Manager dan Anda juga bisa mencoba lagi untuk menghubungkan laptop Anda ke Wifi Hotspot.

Semoga cara di atas bisa menyelesaikan masalah ketika laptop Anda tidak bisa tersambung WiFi. (R5/HR-Online/Editor-Adi)