Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruWiFi Tidak Terdeteksi di iPhone, Cari Penyebab Sebelum Solusinya

WiFi Tidak Terdeteksi di iPhone, Cari Penyebab Sebelum Solusinya

WiFi tidak terdeteksi di iPhone bisa saja Anda alami kapan saja. Meski sedang terjadi sebaiknya jangan panik, sebab banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.

iPhone menjadi salah satu ponsel Apple yang hadir dengan berbagai fitur canggih dan modern. Salah satunya yaitu adanya fitur WiFi untuk dapat terhubung dengan internet.

Untuk dapat tersambung, tentu Anda harus memiliki koneksi jaringan yang tepat dan bagus. Namun sering kali terjadi masalah jika WiFi tidak bisa terdeteksi.

Padahal ada juga salah satu dari pengguna iPhone yang hanya mengandalkan koneksi WiFi agar dapat terhubung dengan internet. Jika sudah muncul masalah tersebut, membuat Anda tidak dapat berselancar dengan internet.

Bahkan tidak ada jaringan yang masuk sekalipun. Apalagi mengingat koneksi WiFi menjadi jaringan nirkabel yang memiliki koneksi internet cukup stabil.

Dengan adanya hal ini, sebagian besar pengguna smartphone membutuhkan koneksi WiFi saat paket kuota habis.

Jika biasanya iPhone dengan WiFi dapat terkoneksi secara baik, tidak jarang juga muncul suatu masalah yang tidak diinginkan.

Masalah tersebut misalnya WiFi tidak terdeteksi di iPhone. Tidak hanya terjadi pada iPhone saja, akan tetapi banyak juga pada smartphone Android. Ada berbagai faktor penyebab yang dapat mengakibatkan masalah ini terjadi.

Karena itu, sebelum Anda mengatasinya, ada baiknya untuk tahu penyebabnya terlebih dulu.

Sehingga dengan mudah dan tepat mengatasi WiFi yang bermasalah pada iPhone maupun smartphone lainnya.

Baca Juga: Bug di Wifi iPhone Membuat Masalah, Ini Cara Memperbaikinya

Inilah Penyebab WiFi Tidak Terdeteksi di iPhone

Seperti yang sudah dilakukan sejak awal jika berbagai penyebab dapat menimbulkan koneksi WiFi tidak tersambung. Apalagi kini penggunaan WiFi bisa terbilang cukup dominan.

Bahkan tidak sedikit tempat umum yang menyediakan koneksi tersebut guna membantu meningkatkan kenyamanan.

Seperti halnya stasiun, sekolah, kantor pemerintahan, rumah sakit, dan masih banyak yang lainnya.

Agar Anda tidak salah dalam mengatasi, berikut ini ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan koneksi WiFi iPhone tidak terdeteksi. Simak penjelasannya.

Sinyal Lemot

Salah satu penyebab yang umum terjadi pada WiFi tidak terdeteksi di iPhone yaitu karena sinyal. Ada dua masalah yang bisa mengakibatkan sinyal melemah.

Untuk yang pertama kali yaitu sinyal lemah karena router WiFi memiliki jangkauan cukup jauh.

Hal ini mengakibatkan koneksinya tidak bisa terhubung dengan stabil. Sedangkan jaringan yang melemah meski posisinya berdekatan juga bisa Anda alami.

Hal ini biasanya terjadi jika beberapa ponsel terdeteksi menggunakan satu jaringan WiFi yang sama.

Sehingga sinyalnya yang kuat akan melemah. Bahkan jika hal ini Anda alami, maka bisa jadi hardware iPhone sedang terjadi masalah.

Baca Juga: Cek IP HP Mudah, Mulai dari Penggunaan Aplikasi Hingga Setelan WiFi

Hardware Bermasalah

Ada penyebab lain WiFi tidak terdeteksi di iPhone yaitu terjadinya hardware yang sedang rusak.

Hal ini bisa saja terjadi meski settingan iPhone sudah benar, namun tidak terdeteksi bisa saja karena hardwarenya bermasalah.

Jika Anda tidak memahami tentang service ponsel, sebaiknya bawa ke tempat khusus. Anda bisa membawa ponsel ke service center iPhone agar dapat dilakukan pengecekan atau memperbaikinya.

Salah Setting

Sebenarnya koneksi WiFi memang lebih bagus jika dibandingkan dengan menggunakan kuota internet.

Namun untuk masalah yang sering terjadi juga cukup beragam. Hal ini bisa saja terjadi pada iPhone maupun ponsel Android.

Salah satu penyebab yang sering terjadi juga bisa karena pada pengaturan atau setting. Ada kalanya Anda bisa saja mengubah pengaturan jaringan WiFi iPhone.

Hal ini mengakibatkan WiFi tidak terdeteksi di iPhone. Untuk mengatasinya cukup mudah. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri dengan cara setting ulang koneksi WiFi di iPhone.

Baca Juga: Ganti Password WiFi Lewat HP dengan Beberapa Cara Berikut ini

Password Berubah

Ada juga yang sering mengganti password WiFi secara tiba-tiba. Hal ini juga dapat mengganggu konektivitas WiFi.

Sebab tidak dapat terkoneksi dengan iphone. Jika hal ini menjadi penyebabnya, ada baiknya untuk segera update.

Anda bisa update password WiFi iPhone dengan cara masuk jaringan yang sedang terhubung. Anda bisa tekan jaringan tersebut dan pilih lupakan jaringan.

Dengan cara ini, Anda bisa masukkan password baru. Sehingga WiFi tidak terdeteksi di iPhone bisa segera Anda atasi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -