Sabtu, Januari 22, 2022
BerandaBerita BanjarWisata Arung Jeram Ulin Kabapa di Kota Banjar Picu Adrenalin Wisatawan

Wisata Arung Jeram Ulin Kabapa di Kota Banjar Picu Adrenalin Wisatawan

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Wisata Arung Jeram Ulin Kabapa yang berada di Dusun Balokang Patrol, Desa Jajawar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, tampaknya kian menjadi primadona bagi wisatawan pecinta tantangan.

Suguhan pemandangan alam dan arus deras Sungai Citanduy yang ada di lokasi tersebut memiliki kepuasan tersendiri bagi penikmat wisata arung jeram untuk memacu adrenalin.

Seperti diungkapkan salah seorang wisatawan penikmat wisata arung jeram asal Tasikmalaya, Fikri Muhammad yang datang berwisata ke Ulin Kabapa bersama rombongan belajar, Selasa (11/01/2022).

Ia mengaku sengaja datang ke tempat wisata Arung Jeram Ulin Kabapa untuk menikmati suasana arus Sungai Citanduy.

Menurut Fikri, menikmati sejuknya suasana alam sembari mengarungi derasnya air Sungai Citanduy memiliki keseruan tersendiri dan membuat suasana lebih rileks. Bisa meluapkan emosi setelah sebelumnya melakukan jalan kaki dalam kegiatan susur kota.

“Suasananya dapat. Terutama waktu naik turun pada jeram ketiga, anak-anak berekspresi ada yang sampai terguling,” kata Fikri kepada HR Online.

Ia juga mengaku belum puas, karena saat mencoba arung jeram durasi dan jarak tempuh yang diambilnya cukup pendek. Hanya sekitar 20 sampai 25 menit.

Nantinya, kata Fikri, ia berencana untuk mengagendakan kembali kegiatan eksplor menikmati suasana arung jeram Sungai Citanduy. Sekaligus memberikan pelatihan untuk anak didiknya.

“Kebetulan kami punya program main bareng. Puncaknya itu eksplor wisata Arung Jeram Ulin Kabapa di Kota Banjar ini. Semoga bisa kesini lagi dan anak-anak bisa bermain dapat pengalaman baru,” ungkap Fikri.

Baca Juga : Kemenparekraf Dukung Pembentukan Desa Wisata di Kota Banjar

Pilihan Tarif Wisata Arung Jeram Ulin Kabapa Kota Banjar

Sementara itu, pengelola wisata Ulin Kabapa, Bira Tawado mengatakan, untuk dapat menikmati wisata arung jeram, para pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu banyak. Karena pihak pengelola menawarkan tiga pilihan untuk tarifnya.

Untuk jarak wisata arung jeram Ulin Kabapa paling jauh yaitu 5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dan tarifnya hanya Rp 60 ribu.

Kemudian, untuk kelas medium jarak 2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar setengah jam, tarifnya hanya sebesar Rp 35 ribu.

“Sedangkan, untuk jarak pendek satu kilometer dengan waktu tempuh antara 15-20 menit itu hanya 25 ribu rupiah saja,” terang Ado.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menambah fasilitas wahana wisata Ulin Kabapa, seperti penambahan fasilitas flying fox, camping ground, outbound dan aral lintang.

Sampai saat ini, kata Ado, untuk jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan. Terutama wisatawan luar daerah yang datang mengisi suasana liburan akhir pekan dengan menikmati wisata arung jeram.

“Alhamdulillah ada peningkatan. Awal tahun ini saja ada sekitar 200 pengunjung. Rencana kami dalam waktu dekat akan menambah wahana baru agar pengunjung lebih kerasan berlibur ke sini,” pungkas Ado. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -