Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita CiamisAbrasi Sungai Cikaso Ciamis, 3 Rumah Warga Ambruk

Abrasi Sungai Cikaso Ciamis, 3 Rumah Warga Ambruk

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Intensitas hujan yang tinggi sejak beberapa hari ini membuat debit air anak sungai Cikaso di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat meluap dan abrasi, Kamis (03/02/2022) malam.

Bahkan akibat dari abrasi Sungai Cikaso yang berada di dusun Sukamaju, Kecamatan Banjarsari mengakibatkan tiga rumah terseret longsoran tanah sampai jebol dan ambruk. 

Sekretaris Desa Banjarsari, Uton Ruspandi mengatakan, saat kejadian penghuni rumah sedang berada di dalam ruangan.

“Kejadiannya tadi malam saat penghuni rumah sedang berada di dalam ruangan. Beruntung saat peristiwa terjadi seluruh penghuni rumah bisa menyelamatkan diri sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka,” katanya, Jumat (04/02/2022).

Menurut Uton, sebelum ambruk warga sempat mendengar suara gemuruh yang bersumber dari tembok rumah yang ambruk.

“Ada tiga rumah yang rusak akibat kejadian malam tadi. Tiga rumah warga yang jebol hingga ambruk tersebut merupakan milik Agus Rianto, Dulgoni dan Asep Dasep,” terangnya. 

Lanjut Uton, karena kondisi rumah sudah tidak layak huni, ketiga pemilik rumah kini terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya.

Sumber informasi di lapangan, sebelumnya bantaran sungai di belakang rumah para korban sudah retak dan longsor. Kerusakan pun semakin parah ketika debit sungai Cikaso meluap.

Akibat peristiwa tersebut, pemilik rumah mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Selain merusak tiga rumah warga, abrasi bantaran sungai Cikaso kini mengancam puluhan rumah warga lainnya. 

Warga pun berharap pihak terkait bisa segera memperbaiki bantaran sungai yang mengalami abrasi. (Suherman/R7/HR-Online/Editor-Ndu)