Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisHerdiat: Adanya HPDKI Akan Tingkatkan Geliat Ekonomi di Ciamis

Herdiat: Adanya HPDKI Akan Tingkatkan Geliat Ekonomi di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, sambut baik adanya kepengurusan baru Himpunan Peternakan Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Ciamis, Jawa Barat.

Bahkan, Herdiat mendukung dengan adanya kepengurusan secara resmi yang menghimpun para peternak domba/kambing di Ciamis.

“Sebab, Himpunan Peternakan Domba Kambing Indonesia ini bisa meningkatkan geliat ekonomi di Kabupaten Ciamis,” kata Herdiat, saat menghadiri pelantikan HPDKI, di aula Disdik Ciamis, Rabu (2/2/2022).

Terlebih saat ia melihat data dari Dinas Peternakan Ciamis maupun Kemenag, pada perayaan hari Qurban 2021.

Menurutnya, setidaknya 100 miliar lebih yang membelanjakan uangnya untuk berqurban sapi maupun domba di Ciamis.

“Sehingga hal itu bisa menjadi sebuah peluang, untuk meningkatkan geliat ekonomi di Ciamis,” ujarnya.

Lebih lanjut Herdiat mengatakan, bahwa peluang seperti halnya perayaan Qurban ketika adanya HPDKI Ciamis yang terencana, terprogram dan terukur, menjadi prospek yang menjanjikan bagi masyarakat.

“Sehingga saya sangat mendukung adanya HPDKI di Ciamis,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua HPDKI Jawa Barat, Deni Rinjani mengatakan, peran HPDKI Ciamis yang baru sangat diperlukan. Pasalnya, adanya Himpunan Peternakan Domba Kambing Indonesia tersebut, ikut serta dalam melestarikan populasi hewan asli Jawa Barat, yaitu domba Garut. 

Sebab menurutnya, saat berbicara domba, banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat.

“Dari mulai daging ataupun kulitnya, yang mana pada dasarnya bagian tubuh domba akan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat,” katanya. 

Selain itu, lanjutnya, sesuai data Kementan kurang lebih ada 12,7 juta populasi domba. Sedangkan untuk persentase di Jawa Barat, setidaknya ada 90 persen dan 10 persen populasi kambing. 

“Semoga adanya HPDKI Ciamis bisa lebih berperan untuk memajukan dan membudidayakan domba,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online/Editor-Adi)