Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruAki Motor Tidak Menyimpan Setrum, Ini Penyebab dan Pencegahannya!

Aki Motor Tidak Menyimpan Setrum, Ini Penyebab dan Pencegahannya!

Aki motor tidak menyimpan setrum biasanya karena adanya kesalahan dalam penggunaan kendaraan itu sendiri.

Mengingat bahwa aki berperan sangat penting dalam sistem kelistrikan motor, maka harus selalu mendapat perawatan khusus.

Pasalnya, arus listrik yang asalnya dari aki ini berguna untuk memutar dinamo starter. Jika aki tidak bisa menyimpan daya, maka tak akan bisa memutar starter motor dan hasilnya tak menyala.

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Overcharge yang Paling Umum, Ini Penjelasannya!

Permasalahan Aki Motor Tidak Menyimpan Setrum, Apa Penyebabnya?

Seperti pembahasan awal, aki adalah salah satu bagian paling penting pada sebuah kendaraan karena untuk beroperasi. Apabila komponen ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan rusak, maka motor tidak bisa distarter.

Salah satu jenis kerusakan yang dapat terjadi yaitu aki sudah tidak dapat lagi menyimpan daya yang seharusnya diperlukan.

Ternyata kondisi seperti ini karena ada banyak faktor atau penyebab. Biasanya jenis aki pada sepeda motor mempunyai garansi selama satu tahun dengan umur pakai 3 tahun bahkan lebih.

Meski demikian aki juga mampu bertahan lebih lama tergantung bagaimana cara perawatan dari pengguna kendaraan tersebut.

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Tekor, Periksa Sebelum Memutuskan Menggantinya

Penyebab

Salah satu penyebab aki motor tidak menyimpan setrum adalah karena sudah melewati batas penggunaan hingga bertahun-tahun lamanya.

Karena aki ini biasanya memiliki batas pemakaian selama 3 sampai dengan 5 tahun tergantung dari perawatannya.

Air aki merupakan komponen penting dan aki basah juga harus terendam agar dapat menghasilkan daya listriknya.

Namun jika sudah kering bahkan habis, maka aki ini sangat susah untuk menyimpan setrum sehingga menjadi penyebabnya.

Sementara itu, aki yang tidak menggunakan air khusus juga bisa menjadi salah satu penyebabnya karena aki tak dapat menggunakan air biasa.

Sehingga sangat penting untuk menggunakan jenis air aki yang mengandung elektrolit atau air zuur. Dalam penggunaannya, air aki akan diberikan tambahan berupa cairan aki bernama demineral.

Baca Juga: Penyebab Starter Motor Lemah Ternyata Bukan Hanya Karena Aki Saja

Bagaimana Solusinya?

Demi menghindari kondisi aki motor tidak menyimpan setrum, maka ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memperhatikan bagaimana beban dari penggunaan aki.

Biasanya pengecekan ini bermanfaat supaya kondisi aki dapat Anda ketahui secara tepat. Selanjutnya rutin membersihkan komponen aki kendaraan Anda secara berkala.

Karena terminal aki juga dapat tertutup oleh kotoran dan debu sehingga menyebabkan hantaran listrik menjadi terhambat. Nah untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan sikat plastik atau sikat kawat.

Jangan lupa untuk memanaskan kendaraan sebelum Anda gunakan setidaknya selama 5 hingga 10 menit demi menjaga kualitas aki.

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab aki motor tidak menyimpan setrum, kini sudah harus menyadari bahwa komponen yang satu ini sangat penting untuk mendapatkan perawatan khusus sehingga kondisinya tetap optimal. (R10/HR-Online)

- Advertisment -