Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita NasionalAkses Jalan Sirkuit Mandalika Diblokir, Warga Ungkap Alasannya

Akses Jalan Sirkuit Mandalika Diblokir, Warga Ungkap Alasannya

Akses jalan Sirkuit Mandalika diblokir oleh para pemuda yang tergabung ke dalam Karang Taruna dan Sopir setempat. Jelang event bergengsi dunia, MotoGP 2022 berlokasi di sana.

Seperti yang sudah jadi pembahasan beberapa hari belakangan ini. Sirkuit satu ini akan menjadi lokasi terselenggaranya acara tersebut dan mengadakan beberapa tes pramusim.

Acaranya mulai pada esok hari, 11 Februari 2022. Terlihat juga para pembalap dunia tersebut sudah mulai masuk dan menyempatkan berwisata di Indonesia.

Namun kejadian dari warga setempat sekitar lokasi tersebut justru memanas. Apa yang terjadi pada mereka dan apa yang jadi penyebabnya?

Baca Juga: Upaya Dinkes Kota Banjar Antisipasi Kenakalan Remaja

Alasan Akses Jalan Sirkuit Mandalika Diblokir, Ada Apa?

Jumlah orang yang melakukan pemblokiran jalan penting ini bahkan mencapai ratusan. Mereka dengan sengaja melakukan pemblokadean jalan tersebut yang tepat pada depan Sirkuit Mandalika Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK.

Sebagai aksi protes mereka melangsungkan blokade tersebut. Tidak hanya menutup bahkan sampai membakar ban juga dan timbulkan hawa memanas.

Karang Taruna Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB tersebut merasa bahwa tidak ada kesempatan untuk dilibatkan.

Pada pagelaran ternama tersebut pihak dari PT Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC beserta Mandalika Grand Prix Association atau MGPA.

Pada akhirnya mereka melayangkan dan melaksanakan pemblokiran jalan. Mereka inginkan warga setempat juga dapatkan peran dari event ternama tersebut.

Baca Juga: Jalan Belum Aspal Puluhan, Warga Tasikmalaya Ngadu ke DPRD

Putas Marshal Buka Suara

Selain dari pemuda karang taruna, para petugas dari Marshal Sirkuit Pertamina tampak membuka suara.

Mengenakan seragam orange terang, mereka secara kompak mengeluhkan bahwa upah yang sudah terima tidak sesuai.

Mereka menerima upah sebesar Rp 400 ribu saja pada event dunia tersebut. Tidak hanya itu, mereka sayangkan pihak dari ITDC cukup tertutup pada masyarakat lokal.

Tindakan seperti ini jelas memicu pemblokiran akses jalan Sirkuit Mandalika. Tidak hanya dari satu kalangan, namun sebagian besar warga lokal memilih ikut turun dan menyuarakan alasan mereka.

Baca Juga: Pengantin Pria Kabur Jelang Akad Nikah Hingga Menjadi Viral di Medsos

Pihak ITDC Berikan Jawaban

Terkait dengan kejadian ini dan cukup memanaskan, kondisi seharusnya sudah kondusif jelang perhelatan.

Pihak dari ITDC memberikan jawaban atas protes tersebut. Mereka anggap bahwa dari protes akan acc juga masuk ke rapat.

Bersamaan dengan beberapa tuntutan, mereka pertimbangkan bersama pihak terkait. Sehingga aspirasi dari masyarakat setempat akan temukan jawaban dan titik terang.

Acara ini terlaksana esok hari untuk tes pramusimnya. Wajar apabila masalah ini seharusnya sudah harus bersih sebelum acara tersebut berlangsung.

Pemblokiran akses jalan Sirkuit Mandalika ini tuai komentar beragam dari warganet. Bahkan beberapa tangkapan layar ponsel menghiasi dunia maya Tanah Air. Sampai jadi trending dan keseruan dalam pembahasannya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -