Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TasikmalayaBangunan MI di Tasikmalaya Ambruk Rata dengan Tanah

Bangunan MI di Tasikmalaya Ambruk Rata dengan Tanah

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Dua kelas bangunan Madrasah Ibtidaiyah (MI), di Dusun Cikurawet, Desa Pasirmukti, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ambruk rata dengan tanah.

Diduga, ruang kelas yang ambruk pada Jumat (18/2/2022) tersebut, karena bangunannya sudah lapuk dimakan usia.

Adapun ruangan yang ambruk ini merupakan ruang kelas 1 dan ruangan kelas 3. Meski nyaris rata dengan tanah, beruntung saat bangunan ambruk rata dengan tanah, tidak sampai menimbulkan korban jiwa.  

Kepala MI, Yayah mengatakan, kondisi bangunan yang sudah tidak layak ini tiba-tiba roboh.

“Tembok bangunan tersebut retak dan juga umurnya sudah tua, sehingga lapuk termakan usia,” katanya kepada HR Online, Jumat (18/2/2022).

Sebetulnya, lanjut Yayah, sebelum ambruk pihaknya sudah 2 kali mengajukan proposal ke pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya.

Akan tetapi, hingga 2 ruang kelas tersebut ambruk pun tak kunjung ada bantuan dari Kemenag.

“Hari ini ada dari pihak kemenag datang ke sekolah untuk survei bangunan yang ambruk. Semoga saja dengan kejadian ini bisa secepatnya terealisasi, sehingga anak-anak tidak terganggu dalam belajar,” ujarnya.

Sementara itu, pengawas Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Mamat Rahmat menjelaskan, bahwa kejadian bagunan MI yang tiba-tiba ambruk rata dengan tanah itu karena terkena dampak gempa tahun 2017. Sehingga, bangunan tersebut temboknya retak-retak.

Kemudian pihaknya pun mendapatkan laporan dari Kepala MI, bahwa bangunan tersebut tiba-tiba roboh.

Mamat tidak menampik jika pihak MI sudah mengajukan proposal untuk perbaikan ruang tersebut kepada Kemenag Kabupaten Tasikmalaya.

“Akan tetapi memang belum realisasi dari kami. Namun, kami akan secepatnya merealisasikan bantuan itu, agar tidak terganggu belajar mengajar,” pungkasnya. (Apip/R5/HR-Online/Editor-Adi)