Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruBuah untuk Mengatasi Sembelit, Ini Rekomendasi yang Terbaik!

Buah untuk Mengatasi Sembelit, Ini Rekomendasi yang Terbaik!

Mengonsumsi buah untuk mengatasi sembelit merupakan pilihan alami yang paling enak. Ada banyak jenis buah yang bisa kita manfaatkan untuk mengobati gangguan pada sistem pencernaan ini. Selain lezat, khasiatnya juga cukup ampuh.

Sembelit merupakan jenis penyakit yang tentunya sudah sering Anda dengar. Gangguan yang satu ini merupakan suatu kondisi saat seseorang sering buang air besar dengan frekuensi kurang dari tiga kali dalam satu minggu.

Frekuensi setiap orang tentunya berbeda-beda untuk buang air besar. Namun jika Anda sangat jarang buang air besar hingga kurang dari tiga kali dalam satu minggunya, sebaiknya Anda waspada.

Kondisi ini bisa jadi Anda sedang mengalami gangguan sembelit atau kondisi kesulitan untuk buang air besar. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan ini.

Penyebab itu antara lain karena makanan yang kita konsumsi, adanya gangguan pada sistem pencernaan, atau karena penyakit lainnya. Penanganan awal berguna untuk mencegah kondisi menjadi semakin parah.

Meskipun sembelit sendiri merupakan gangguan kesehatan yang sangat umum dan banyak terjadi. Tak hanya orang dewasa, gangguan ini juga bisa menyerang anak-anak dan orang lanjut usia.

Namun jika penyakit ini tidak sembuh dalam tiga minggu secara berturut-turut, maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Sebab bisa jadi sembelit yang Anda alami sudah sampai pada tahap kronis.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi dan Anak, Penyebab Beserta Gejala

Jenis Buah untuk Mengatasi Sembelit

Pada mulanya penderita sembelit memang tidak merasakan apapun. Tetapi lama kelamaan penderita akan mengalami rasa tidak nyaman dan kesakitan.

Sekarang ini sudah ada berbagai macam obat untuk mengatasinya. Namun yang paling aman adalah menggunakan buah-buahan.

Nah, berikut ini berbagai jenis buah untuk mengatasi sembelit yang bisa Anda manfaatkan.

Buah Pir

Mengatasi sembelit dengan konsumsi buah-buahan tentunya merupakan pilihan yang menarik. Salah satu buah yang bisa Anda konsumsi untuk mengobati sembelit adalah buah pir.

Pir merupakan jenis buah yang cukup populer dengan rasa yang manis namun sedikit asam.

Baca Juga : 11 Manfaat Buah Langsat yang Ampuh untuk Kulit dan Atasi Sembelit

Selain itu, buah yang satu ini juga kaya akan kandungan berbagai macam vitamin yang sangat berguna bagi tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi buah pir dengan memakannya begitu saja atau kita buat menjadi jus. Terpenting Anda mengonsumsinya secara rutin hingga kondisi perut menjadi semakin membaik.

Strawberry

Jenis buah untuk mengatasi sembelit yang juga bisa kita gunakan adalah buah strawberry. Rasa buah ini cenderung asam dengan rasa manis yang sedikit sehingga akan sangat efektif dalam mengatasi sembelit.

Buah yang satu ini juga sekarang sudah semakin mudah untuk Anda dapatkan. Tidak hanya di supermarket besar saja, namun toko atau kios buah pun banyak yang menjualnya.

Pepaya

Buah pepaya menjadi salah satu jenis buah yang juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah sembelit.

Jenis buah yang satu ini memang telah terkenal secara luas sebagai salah satu jenis buah yang juga bisa melancarkan buang air besar.

Baca Juga : Cara Melancarkan BAB dalam Waktu Singkat

Dalam buah pepaya sangat kaya akan kandungan vitamin C dan juga serat yang tinggi. Karena itu, buah ini sangat berguna untuk membantu mengatasi gangguan sembelit.

Pisang

Jenis buah untuk mengatasi sembelit lainnya yang juga bisa Anda konsumsi adalah buah pisang.

Buah tropis yang satu ini sangat mudah Anda temukan sepanjang tahun di seluruh daerah dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Sebagai salah satu ikon buah Indonesia, ternyata buah pisang juga memiliki kandungan berbagai macam zat yang berkhasiat sangat baik bagi kesehatan, termasuk mencegah sembelit.

Mentimun

Jenis buah kelima yang juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu obat untuk mengatasi masalah sembelit adalah mentimun. Buah sayuran ini sangat kaya akan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral.

Kandungan itu antara lain vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, dan lainnya. Nutrisi ini berperan sangat penting dalam mengobati sembelit. Anda bisa konsumsi mentimun 2 hingga 3 buah per hari.

Itulah berbagai jenis buah untuk mengatasi sembelit yang bisa Anda manfaatkan. Pilih saja yang sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Apabila Anda sedang mengalami masalah sembelit maka Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah tersebut. (R11/HR-Online/Editor-Eva)