Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Allah Membalas Sedekah Sering Tidak Kita Sadari, Padahal Pasti

Cara Allah Membalas Sedekah Sering Tidak Kita Sadari, Padahal Pasti

Cara Allah membalas sedekah, pastinya kita tidak mengetahui hal tersebut. Selain tidak mengetahui, kita juga tak menyadari ternyata Allah sudah membalas kebaikan yang kita lakukan.

Sedekah merupakan salah satu perintah yang diberikan kepada umat muslim. Karena menjadi perintah, tentunya sedekah ini merupakan sesuatu hal yang sifatnya sangat baik bagi kehidupan kita.

Baca juga: Sedekah Harta yang Paling Dicintai dalam Agama Islam

Kita juga tahu bahwa semua perbuatan yang kita lakukan, baik amalan baik ataupun buruk, nanti akan mendapatkan balasannya.

Pernyataan tersebut berlaku dengan harta yang kita miliki. Perlu Anda ketahui bahwasannya sedekah merupakan perbuatan yang disukai oleh Rasulullah SAW. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bersedekah.

Bukan hanya harta benda saja, kita bisa melakukan perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari serta sedekah melalui senyuman.

Seperti halnya hadis riwayat Tirmidzi, “Senyummu di hadapan para saudaramu itu merupakan sedekah”. Ingat ya, sedekah tidak harus berupa harta ataupun benda.

Bagaimana Cara Allah Membalas Sedekah?

Ternyata di muka bumi ini terdapat beberapa tipe orang yang berkaitan dengan sedekah. Pertama adalah mereka yang menganggap sedekah hanya mengurangi harta.

Kedua, mereka mau sedekah tapi masih bingung mengenai apa balasan yang akan ia dapatkan jika melakukan hal tersebut.

Ketiga adalah mereka yakin untuk melakukan sedekah dan yakin pula bahwa Allah akan membalasnya. Selama ini kita merupakan manusia yang masuk dalam kategori tipe apa?

Perihal mengenai bagaimana Allah membalas orang-orang yang melakukan sedekah, mungkin sedikit membingungkan.

Tetapi, bukan berarti Allah tidak membalasnya. Allah membalas, hanya saja kita tidak menyadari hal tersebut.

Allah Melipatgandakan Hartanya

Untuk cara Allah membalas sedekah yang pertama, Allah akan melipatgandakan harta kita. Meskipun secara algoritma kepala kita mengatakan sedekah mengurangi jumlah yang kita miliki, sebenarnya itu merupakan suatu kesalahan besar.

Baca juga: Sedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal dengan Beberapa Amalan

Karena sebagian harta kita juga terdapat hak-hak yang wajib kita berikan kepada mereka yang membutuhkan.

Allah akan melipatgandakan jumlah harta yang kita miliki. Dalam hal ini, Allah tidak membalasnya secara terang-terangan.

Rezeki Tak Disangka-Sangka

Cara Allah membalas sedekah kita yakni akan datang rezeki yang tidak pernah kita sangka-sangka arahnya.

Sebagai manusia, terkadang kita juga mengalami kesulitan dalam ekonomi. Nah, di sinilah nantinya datang bala bantuan dari Allah SWT.

Maksudnya, terkadang kita sampai pada titik sangat sulit dalam kehidupan ekonomi. Tetapi sering pula Allah mengirimkan rezeki yang tidak pernah kita sangka-sangka sebelumnya.

Bisa kita mendapatkan rezeki tersebut dari orang lain. Bisa juga orang tersebut menjadi perantara balasan sedekah yang sudah kita lakukan.

Sehingga adanya rezeki tersebut membantu untuk mengatasi masalah ekonomi Anda. Entah itu uang untuk membayar sekolah, tagihan listrik, ataupun yang lainnya.

Pahala

Tidak hanya balasan berupa materi saja yang bisa kita dapatkan setelah melakukan sedekah. Namun cara Allah membalas sedekah dengan memberikan kita pahala.

Pahala memang tidak terlihat bagaimana bentuknya. Tetapi, pahala yang banyak juga menyebabkan amal timbangan kebaikan lebih berat.

Dengan begitu, atas izin Allah kita akan lebih mudah untuk menjadi penghuni surga. Siapa sih yang tidak mau menjadi penghuni surga?

Terdapat banyak kenikmatan yang bisa kita dapatkan. Tempat kembali terbaik, bisa melakukan segala hal, bahkan tidak perlu kita melakukan amal ibadah lainnya.

Mudah Mencari Rezeki yang Halal

Bukan hanya itu saja yang menjadi cara Allah membalas sedekah. Karena Allah juga akan memudahkan kita dalam mencari rezeki yang halal.

Tentunya dalam kehidupan ini manusia dianjurkan untuk mencari segala hal yang halal karena lebih berkah.

Baca juga: Perbedaan Sedekah, Hibah dan Hadiah, Apa Saja? Jangan Sampai Salah

Bukan hanya makanan haram saja yang harus kita perhatikan. Jangan sampai kita bekerja, namun itu merupakan pekerjaan haram.

Karena sama saja uang hasil jerih payah yang kita dapatkan tidak berkah. Allah juga menganjurkan kita untuk melakukan sesuatu yang halal.

Pada intinya, harta yang kita miliki semuanya milik Allah. Sedangkan sebagian harta juga wajib untuk kita sedekahkan supaya berkah. Hal ini menjadi bentuk syukur terhadap Allah SWT.

Alangkah lebih baiknya jika kita sedekah dalam jumlah yang banyak. Percayalah, berapapun jumlah harta yang Anda keluarkan untuk sedekah, terdapat cara Allah membalas kebaikan tersebut. (R10/HR-Online)

- Advertisment -