Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Ganti Suara Google Maps di HP, Ikuti Tutorial Praktisnya!

Cara Ganti Suara Google Maps di HP, Ikuti Tutorial Praktisnya!

Cara ganti suara Google Maps cukup mudah untuk Anda terapkan pada perangkat ponsel. Dalam aplikasi Google Maps menawarkan petunjuk arah handsfree, peringatan perjalanan, dan lainnya yang sangat bermanfaat bagi pengguna.

Mesin suara bawaan Google Maps menawarkan dengan suara pilihan Anda sendiri. Opsinya sesuai dengan wilayah atau bahasa. Namun, dalam hal ini terdapat beberapa batasan yang perlu Anda waspadai.

Walaupun Google Maps menawarkan suara yang berbeda sesuai dengan wilayah atau bahasa, akan tetapi tidak menawarkan variasi gender.

Oleh karena itu, untuk saat ini Anda tidak dapat beralih antara suara pria atau wanita. Selain itu, terkait dengan opsi suara lainnya juga masih sangat terbatas.

Baca Juga: Cara Simpan Rute Google Maps Mudah dan Praktis di Android

Tutorial Cara Ganti Suara Google Maps Mudah

Google Maps merupakan salah satu sistem navigasi suara handal yang terdapat di perangkat HP.

Melalui fitur ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan navigasi suaranya tanpa harus terus-menerus melihat petunjuk arah ke layar ponsel. Namun, para pengguna dapat membuat aplikasi lebih pas dengan keinginan.

Dalam hal ini, Google Maps dapat memungkinkan pengguna untuk memodifikasi suara serta bahasa di navigasi sesuai keinginan.

Mode navigasi suara yang terdapat pada aplikasi Google Maps membantu para pengguna untuk melewati rute tanpa perlu melihat layar.

Apabila Anda merasa kurang nyaman dengan adanya suara navigasi di Google Maps, maka Anda dapat mengubahnya melalui menu pengaturan.

Untuk ganti suara navigasi dapat dilakukan melalui aplikasi Google Maps di perangkat iOS dan Android dengan cara yang cukup sederhana.

Perlu Anda ketahui bahwa pengaturan suara dan bahasa yang terdapat di Google Maps berbeda dari pengaturan text-to-speech bawaan Android.

Oleh karena itu, mengubah setelan text-to-speech sepertinya tidak akan mempengaruhi suara yang Anda dengar di aplikasi Google Maps.

Dalam hal ini, Google Maps menggunakan mesin suara serta setelan bahasanya sendiri untuk dapat menghasilkan petunjuk arah lisan juga peringatan perjalanan.

Untuk dapat mengubahnya, para pengguna perlu membuka aplikasi Google Maps, kemudian ketuk ikon akun melingkar di bilah pencarian.

Baca Juga: Game Tersembunyi di Google Maps yang Seru dan Jarang Diketahui

Mengganti Suara Google Maps di Android

Google Maps yang terdapat pada perangkat Android menyematkan voice engine tersendiri. Dengan demikian, para pengguna pun dapat mengubahnya langsung dari aplikasi.

Berbeda dengan Google Assistant, Maps hanya memungkinkan pengguna untuk mengubah bahasa dan suara navigasi sesuai karakter dan bahasa yang pengguna pilih.

Cara mudah untuk ganti suara Google Maps di perangkat Android antara lain:

  1. Pertama, silakan buka aplikasi Google Maps pada perangkat Android Anda
  2. Kemudian ketuk foto profil Anda yang terdapat di sudut kanan atas
  3. Lalu silakan pilih menu settings
  4. Gulir hingga bagian bawah, kemudian pilih menu Navigation Settings
  5. Langkah berikutnya ketuk menu Voice Selection
  6. Secara default suara navigasi Google Maps menggunakan bahasa Inggris, maka Anda pun dapat pilih bahasa serta suara navigasi yang akan Anda ubah sesuai karakter bahasa yang Anda inginkan.
  7. Penting untuk Anda ketahui bahwa bahasa yang Anda pilih juga mengubah suara navigasi. Oleh karena itu, Anda dapat menekan menu Play test sound untuk mendengarkan voice navigasi.

Baca Juga: Cara Membuat Lokasi di Google Maps untuk Bisnis Termudah dan Cepat

Mengganti Suara Google Maps di iPhone

Berbeda dengan perangkat Android, Anda tak akan temukan opsi untuk ubah suara navigasi dalam aplikasi Google Maps pada perangkat iOS.

Hal ini karena aplikasi Maps menggunakan teknologi Text-To-Speech iPhone untuk dapat mengisi suara navigasi.

Oleh karena itu, bagi para pengguna Android harus masuk ke menu pengaturan iPhone. Selanjutnya mengubah preferensi bahasa untuk dapat mengganti suara navigasi Google Maps

  1. Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka menu Settings pada perangkat iOS, kemudian pilih General.
  2. Selanjutnya pilih menu Language & Region
  3. Lalu ketuk iPhone Language untuk dapat melihat semua bahasa yang tersedia
  4. Langkah berikutnya, pilih bahasa. Dalam langkah ini, perangkat iPhone memerlukan waktu beberapa saat untuk dapat memperbaharui pengaturan bahasa pada seluruh perangkat.

Setelah menerapkan cara ganti suara Google Maps sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan, maka Anda akan lebih nyaman dalam mengikuti rute perjalanan tanpa harus melihat layar ponsel. (R10/HR-Online)