Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Melihat Tanggal Merah di Kalender HP, Aktivitas Harian Lebih Lancar

Cara Melihat Tanggal Merah di Kalender HP, Aktivitas Harian Lebih Lancar

Cara melihat tanggal merah di kalender HP mungkin kurang dipahami bagi sebagian pengguna smartphone. Sedangkan hal ini sebenarnya dapat pengguna lakukan dengan cara yang cukup sederhana.

Sebagai pengguna smartphone, tentu kita dapat memanfaatkan beragam fitur yang ada. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas harian.

Pada umumnya, dalam kalender HP kita tidak akan mengetahui hari besar nasional maupun hari libur. Kita hanya akan melihat tanggalan biasa.

Sedangkan kita juga perlu mengetahui keberadaan hari-hari besar atau keagamaan yang selanjutnya dapat kita jadikan planning untuk kedepannya.

Baca Juga: Kalender HP Xiaomi Tidak Bisa Dibuka, Simak Cara Memperbaikinya!

Panduan Cara Melihat Tanggal Merah di Kalender HP

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu memberikan kemudahan bagi banyak kalangan. Salah satunya adalah pemanfaatan kalender digital yang terdapat dalam perangkat ponsel.

Namun kalender yang tersedia dalam perangkat HP tidak cantumkan tanggal merah atau hari libur seperti yang ada pada kalender cetak pada umumnya.

Meskipun demikian, kalender digital HP dapat menampilkan tanggal merah. Dalam hal ini, para pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu.

Tidak perlu instal aplikasi khusus, Anda hanya tinggal memanfaatkan aplikasi kalender buatan developer ternama yang sekaligus pemilik OS Android. Aplikasi tersebut adalah Google Kalender (Google Calendar).

Langkah Persiapan Menampilkan Tanggal Merah di Kalender HP Melalui Setting Web

Untuk dapat melihat daftar hari libur atau tanggal merah di kalender HP, maka Anda harus melakukan setting terhadap Google Kalender.

Ini dapat Anda lakukan melalui akun Google yang telah Anda miliki. Selanjutnya ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Langkah pertama, buka Google Kalender
  2. Lalu Pilih menu Setting
  3. Selanjutnya, silahkan Anda pilih menu Add Calendar > Browse Calendars of Interest kemudian klik pada Regional Holidays
  4. Silahkan Ceklist pada Holidays in Indonesia
  5. Langkah untuk melihat tanggal merah di kalender HP melalui setting web adalah klik Back atau kembali
  6. Agar tampilan kalender libur menjadi warna merah, maka Anda dapat setting pada warna libur di Indonesia dengan berwarna merah.

Baca Juga: Cara Menghapus Spam di Kalender iPhone Praktis, Simak Tutorialnya!

Langkah Penerapan dalam Menampilkan Tanggal Merah di Kalender HP Android

Setelah Anda berhasil menerapkan beberapa langkah persiapan untuk melihat tanggal merah di kalender HP di atas, maka kini saatnya Anda untuk mengikuti beberapa langkah penerapan pada perangkat Android Anda:

  1. Pertama, silahkan Anda buka menu Setting-Account pada perangkat HP Anda, kemudian pilihan Google. Dalam hal ini, Anda harus berlangganan Google Calendar terlebih dahulu untuk dapat menerapkannya pada kalender digital di ponsel Anda.
  2. Langkah berikutnya, pilih akun Google yang telah berlangganan dengan Google Calendar.
  3. Selanjutnya pada bagian Sync Calendar, maka Anda dapat mengatur posisinya menjadi ON
  4. Kemudian Anda dapat membuka aplikasi, sebaiknya dalam hal ini Anda menggunakan aplikasi Google Calendar.
  5. Pengaturan pun telah selesai dan hari libur nasional sudah langsung tersinkron pada perangkat ponsel Anda. Dengan demikian, hari libur nasional telah berhasil dimuat.

Supaya lebih nyaman untuk Anda lihat, maka dapat mengatur Google Calendar sebagai widget pada homescreen smartphone yang Anda gunakan.

Baca Juga: Aplikasi Kalender Hijriah Terlengkap dan Terbaik untuk Android

Cara Menampilkan Kalender di Layar Homescreen Android

Selain mengetahui cara melihat tanggal merah di kalender HP, Anda juga dapat menampilkan di homescreen Android.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan mudah yakni menambahkan widget di ponsel Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk melihat kalender pada ponsel Anda.

Anda dapat menambahkan widget kalender pada layar ponsel, sehingga Anda bisa melihatnya kapan saja tanpa harus repot membuka aplikasi kalender. Anda dapat melakukannya dengan cara:

  1. Cubit layar ponsel Android yang Anda gunakan
  2. Selanjutnya klik pada menu widget
  3. Lalu pilih kalender. Di sini, Anda dapat memilih tampilan jadwal kalender atau tampilan bulan kalender.

Dengan mengetahui cara melihat tanggal merah di kalender HP, maka Anda tidak perlu khawatir lagi akan ketinggalan informasi terkait dengan libur nasional. Selain hari libur, Anda juga dapat menampilkan jadwal penting lainnya.

Seperti jadwal pertandingan olahraga, mulai dari jadwal pertandingan sepak bola, baseball, basketBall, cricket, hockey serta rugby dengan mengaktifkan menu Sports. Hanya dengan cek kalender tersebut, selanjutnya nikmati aktivitas Anda dalam setiap harinya. (R10/HR-Online)