Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Mika Lampu Motor Pecah atau Retak dengan Tepat

Cara Memperbaiki Mika Lampu Motor Pecah atau Retak dengan Tepat

Cara memperbaiki mika lampu motor pecah tentu tidak bisa sembarangan. Anda perlu memperhatikan cara yang tepat dan aman. Apalagi mengingat jika lampu menjadi salah satu komponen yang cukup penting pada sepeda motor.

Ada baiknya jika Ada memberikan perawatan dan pengecekan secara rutin. Bagian lampu motor juga terdiri dari beberapa komponen, salah satunya yaitu bagian mika.

Ada saja yang mungkin terjadi pada komponen tersebut. Seperti halnya mika lampu motor yang bermasalah. Ada banyak masalah yang bisa saja terjadi dan hal ini perlu Anda perhatikan.

Sebab dengan cara tersebut penanganan pun juga jauh lebih mudah dan cepat teratasi. Salah satu yang sering terjadi yaitu mika lampu motor pecah. Jika Mengalami hal ini Anda bisa gunakan cara memperbaiki mika lampu motor pecah dengan mudah dan tepat.

Baca juga: Bersihkan Mika Lampu Motor dengan Gunakan Bahan Ini

Begini Cara Memperbaiki Mika Lampu Motor Pecah Paling Efektif

Semua komponen kendaraan memiliki cara perawatan dan kendala yang berbeda. Jika salah satu komponen tidak berfungsi dengan baik juga akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara.

Lampu motor jug sering mengalami kendala. Seperti halnya bagian mikanya yang pecah. Jika terjadi seperti ini akan mengurangi fungsinya sebagai penerangan kendaran.

Apalagi ketika sepeda motor Anda kendarai pada malam hari. Pencahayaan menjadi hal penting untuk dipastikan dalam kondisi bagus. Namun bisa saja mika pada lampu mengalami retak atau bahkan pecah.

Berbagai kondisi yang mengakibatkan hal tersebut terjadi. Mulai dari kena benturan atau memang usianya sudah lama. Sehingga Anda perlu memperbaiki hingga menggantinya dengan baru.

Jika headlamp mengalami masa pakai yang cukup lama biasanya ditandai adanya retak-retak atau pecah pada bagian mikanya. Namun ketika terjadi seperti ini Anda tidak perlu panik. Sebab, ada cara mudah untuk mengatasinya.

Baca juga: Penyebab Lampu Motor Cepat Panas yang Harus Anda Ketahui

Mika Lampu Retak

Berbagai masalah bisa saja terjadi pada komponen sepeda motor. Lampu sepeda motor yang retak tentu membuat fungsinya berkurang. Bahkan Anda perlu tahu juga bagaimana cara memperbaiki mika lampu motor pecah atau retak.

Saat kondisinya masih bagus Anda bisa untuk memperbaikinya. Caranya yaitu dengan melihat seberapa parah kondisinya. Biasanya hal ini akan terjadi ketika sepeda motor pada cuaca yang panas atau iklim tropis.

Bahkan juga bisa karena kondisinya sudah digunakan cukup lama. Untuk itu, ada baiknya jika kondisinya sudah parah Anda mengganti dengan baru. Namun ketika Anda bisa mengatasinya ada baiknya mengapa tidak dicoba terlebih dulu.

Menggunakan Minyak Rem

Saat ada banyak cara memperbaiki mika lampu motor pecah salah satunya yaitu menggunakan minyak rem. Mengganti mika lampu sepeda motor baru memang bukan hal yang sulit.

Namun untuk harganya jauh lebih mahal. Untuk itu, sebaiknya Anda mengatasinya dengan menggunakan minyak rem. Anda cukup oleskan minyak rem menggunakan cotton bud pada permukaan yang retak tersebut.

Hasil dari percobaan Anda adalah positif. Anda bisa menyamarkan retakan mika tanpa harus terhalang sedikitpun. Sebab minyak rem akan terserap kedalam mika yang retak atau pecah.

Sehingga bisa hilang atau tersamarkan. Anda bisa menggunakan minyak rem dengan berbagai spesifikasi. Namun lebih baik jika memilih minyak rem berwarna netral.

Reparasi Mika Lampu

Saat kondisi lampu motor mengalami pecah pada bagian mikanya tentu Anda harus segera mengatasinya. Salah satu cara memperbaiki mika lampu motor pecah adalah dengan menggantinya.

Meski begitu, Anda tidak perlu menggantinya dengan mika lampu yang baru. Sebab untuk pusat aksesoris biasanya tidak menjual secara terpecah. Untuk membelinya pun terbilang cukup mahal.

Anda bisa gunakan jasa reparasi yang biasa dikerjakan oleh bengkel lampu. Dari pada Anda membeli yang baru, harga reparasi jauh lebih murah.

Biasanya untuk memperbaikinya menggunakan bahan mika dari lampu motor bekas yang sudah tidak terpakai. Bagi para ahli jika kerusakan tidak terlalu parah dan bahannya masih tersedia akan mudah teratasi.

Sehingga reparasi mika lampu sepeda motor bisa dilakukan dengan cepat. Untuk biayanya sendiri tergantung dari tingkat kesulitan jasa reparasi mengatasi kerusakan.

Kendaraan bisa saja mengalami banyak kendala, termasuk mika lampu motor yang rusak. Sebaiknya Anda menggunakan cara memperbaiki mika lampu motor pecah dengan cara tepat. (R10/HR Online)

- Advertisment -