Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengendarai Mobil Matic di Tol dengan Aman Tanpa Hambatan

Cara Mengendarai Mobil Matic di Tol dengan Aman Tanpa Hambatan

Cara mengendarai mobil matic di tol hampir sama dengan jenis kendaraan lainnya. Semua jenis mobil wajib memperhatikan beberapa peraturan berkendara agar tetap aman.

Bahkan mampu menjaga keselamatan pengendara lainnya juga. Saat mengendarai mobil untuk pertama kali tentu ada rasa khawatir dan gugup. Sehingga harus berhati-hati dan tahu tata cara berkendara yang benar.

Apalagi untuk melaju di area jalan tol, harus tahu rambu-rambu dan peraturan berkendara secara tepat. Jalan tol menjadi salah satu jalur yang sering dilalui oleh para pengendara pada area jalur antar kota.

Bahkan tidak sedikit pengendara yang menganggap jika jalan tol menjadi jalur tantangan bagi pengemudi pemula. Sebab untuk kecepatan berkendara harus di atas rata-rata.

Hal ini yang sering mengakibatkan muncul rasa gugup dalam diri pengendara. Mobil matic menjadi salah satu pilihan kendaraan yang memiliki sistem otomatis dalam berkendara.

Sehingga sebagian besar masyarakat memilih menggunakannya, terutama kaum wanita. Sebenarnya untuk mengendarai mobil baik manual atau matic, ada tata cara yang benar.

Keduanya memiliki cara berkendara dengan teknik berbeda. Sebenarnya mengendarai mobil matic lebih mudah jika Anda bandingkan dengan manual. Meski demikian, cara mengendarai mobil matic di tol juga harus hati-hati.

Hal ini bertujuan agar Anda dan pengendara lain selamat sampai tujuan. Bahkan ada peraturan sendiri berkendara di jalan tol.

Sebagai pengemudi mobil pemula, ada baiknya untuk tahu tentang tata cara mengemudi yang baik dan benar.

Baca juga: Cara Memanaskan Mobil Matic dengan Langkah yang Benar

Inilah Cara Mengendarai Mobil Matic di Tol Dengan Aman

Mobil matic memiliki transmisi otomatis tidak seperti mobil manual. Kemudahan yang bisa Anda dapatkan salah satunya yaitu tidak perlu pusing untuk pengaturan gigi mobil.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa mobil matic dijadikan pilihan bagi mereka yang sedang belajar mengemudi.

Jika Anda sudah mahir dalam mengemudi, tentu akan mudah di area manapun. Termasuk salah satunya jika melalui area jalan tol.

Jalan tol memang jalur bebas hambatan khusus kendaraan roda empat. Jalur yang satu ini mengharuskan pengemudi untuk berkendara dalam kecepatan konstan.

Sehingga berkendara pada jalur tol lebih tinggi jika Anda bandingkan dengan jalur lainnya. Untuk itu, pastikan Anda tahu cara berkendara yang benar saat berada di jalan tol.

Sehingga berkendara tetap nyaman dan waspada selama perjalanan. Berikut ini ada beberapa cara mengendarai mobil matic di tol yang perlu Anda pahami.

Baca juga: Mobil Matic Tidak Bisa Mundur, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Gunakan Jalur Lambat

Tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mengendarai mobil matic di tol. Padahal dengan mengetahuinya mampu menciptakan rasa aman dan nyaman berkendara.

Apalagi bagi pemula, pastikan mengetahui peraturan dan rambu-rambu jalan. Jika sebagai pengemudi mobil pemula yang melalui jalur tol dan masih takut untuk melaju dengan cepat, pilih jalur lambat.

Hindari memilih jalur kanan jalan tol. Jalur kanan ini merupakan area untuk kendaraan yang ingin menyalip mobil lainnya. Sehingga menggunakan jalur kanan cukup berbahaya.

Ada kecepatan ideal yang bisa Anda lakukan di jalan tol yaitu antara 60-80 km/jam. Sebaiknya Anda gunakan jalur lambat atau area yang paling kiri. Hal ini akan membantu meningkatkan rasa nyaman dan keselamatan selama berkendara.

Jaga Jarak Aman

Cara mengendarai mobil matic di tol bisa dibilang cukup mudah, namun bagi Anda yang sudah tahu peraturan berkendara. Salah satu yang perlu Anda perhatikan yaitu mengetahui jarak aman berkendara.

Jarak ideal berkendara jalur tol yaitu 10-20 meter. Jarak aman tersebut bisa meningkatkan rasa aman dan nyaman berkendara.

Anda bisa gunakan selisih waktu antara mobil yang ada di sekitar selama 3 detik. Selain itu, untuk mengetahui jarak aman juga bisa melalui melihat ban belakang.

Jangan Panik

Masalah memang bisa terjadi kapan dan di mana saja. Jika sewaktu-waktu kendaraan mengalami masalah di jalan tol, sebaiknya jangan panik. Nyalakan lampu sein dan menepi.

Kurangi kecepatan secara berkala. Sehingga tidak langsung menghentikan kendaraan, sebab justru berbahaya.

Selama Anda mengikuti peraturan berkendara dan paham cara mengendarai mobil matic di tol, semua akan aman. Apalagi bagi pemula, sebaiknya memperhatikan rambu-rambu hingga peraturan berkendara yang benar. (R10/HR Online)