Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengolah Kulit Manggis Sebagai Obat Tradisional yang Ampuh

Cara Mengolah Kulit Manggis Sebagai Obat Tradisional yang Ampuh

Cara mengolah kulit manggis sebagai herbal tidaklah sulit. Namun karena informasi yang ada masih sedikit sehingga banyak orang yang belum mengetahuinya. Padahal kulit buah ini merupakan obat tradisional yang ampuh untuk berbagai penyakit.

Buah manggis merupakan hasil budidaya tanaman manggis yang memiliki nama latin Garcinia mangostana. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 25 meter. Daun tanaman ini juga cukup rimbun.

Bentuk buah hasil dari pohon manggis memiliki warna merah keunguan apabila sudah matang. Sedangkan daging buahnya yang berwarna putih dengan biji buah yang kadang cukup besar.

Jenis buah manggis sendiri terkenal sebagai ratu buah karena rasanya yang memang lezat dan nikmat. Apalagi buah ini juga mengandung berbagai macam vitamin dan juga mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, manggis juga merupakan buah dengan kandungan antioksidan yang paling tinggi ketimbang jenis buah lainnya. Karena itu, mengonsumsi buah ini sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Cara Mengolah Kulit Manggis Sebagai Herbal

Namun tahukah Anda jika manggis tidak hanya bisa kita manfaatkan daging buahnya saja. Bagian kulit buah manggis yang keras itu juga terkenal memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : Obat Gondok Alami, Warisan Tradisional yang Masih Terjaga

Tapi mengolah kulit buah manggis yang keras bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk kita jadikan sebagai obat herbal. Nah, berikut ini beberapa pilihan cara mengolah kulit manggis yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Mengolahnya Menjadi Teh

Salah satu cara mengolah kulit buah manggis sebagai obat tradisional adalah dengan diolah menjadi teh, caranya pun tergolong mudah.

Anda bisa mencuci kulit buah manggis hingga bersih kemudian dipotong menjadi bagian yang kecil dan jemur dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

Setelah itu, Anda bisa menyeduhnya menggunakan air panas. Tambahkan madu sebagai pemanis agar rasanya menjadi lebih enak.

Mengolah Sebagai Jus

Salah satu cara mengolah kulit manggis menjadi obat tradisional yang juga populer adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Cara membuatnya juga cukup mudah tanpa perlu ribet.

Baca Juga : Minuman Penghangat Alami untuk Tubuh di Musim Dingin

Langkah pertama tentunya adalah menyiapkan kulit buah manggis yang masih segar sehingga tidak liat. Anda perlu mencucinya agar bersih dan siap untuk kita olah.

Setelah itu, haluskanlah kulit manggis tersebut dengan menggunakan blender dan campurkan air secukupnya. Anda juga bisa menambahkan madu atau sedikit gula sebagai pemanis.

Ekstrak Kulit Buah Manggis

Cara mengolah kulit manggis menjadi obat tradisional yang selanjutnya adalah dengan membuatnya menjadi ekstrak kulit buah manggis.

Untuk cara membuatnya juga tidak sulit. Cucilah kulit buah manggis hingga benar-benar bersih dan potong menjadi tipis-tipis.

Setelah itu, jemurl langsung dibawah terik sinar matahari hingga menjadi kering sempurna. Kemudian Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender.

Untuk mengonsumsinya kita tinggal menyeduhnya dengan air panas. Tambahkan madu agar rasanya menjadi lebih enak. Konsumsi secara teratur agar hasilnya lebih optimal.

Baca Juga : Ade Irsan Kenalkan Wedang Sontoloyo ke Millenial Banjar

Dengan Merebus

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengolah kulit buah manggis menjadi obat adalah dengan cara direbus. Cara ini merupakan yang paling praktis dan sangat mudah Anda lakukan.

Anda bisa merebus beberapa kulit buah manggis di dalam air hingga mendidih dan airnya berwarna gelap. Setelah itu Anda bisa menyaringnya dan menambahkan madu atau gula.

Wedang Kulit Manggis

Cara mengolah kulit manggis selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan mengolahnya menjadi wedang kulit manggis. Minuman obat tradisional ini juga mudah dan memberikan manfaat yang nyata untuk tubuh.

Untuk melakukannya Anda bisa menyiapkan beberapa buah kulit manggis yang masih segar. Setelah itu Anda perlu mengerok bagian dalam kulitnya dan tuangkan ke dalam gelas.

Selanjutnya Anda bisa menyeduhnya dengan menggunakan air panas. Tambahkan gula batu agar rasanya menjadi lebih enak..

Itulah berbagai pilihan cara mengolah kulit manggis yang bisa Anda lakukan. Kulit buah manggis memang memiliki banyak sekali khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Karena itu, manfaatkan sesuai kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -