Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruCeramah Ustadz Khalid Basalamah yang Sebut Wayang Haram Jadi Viral!

Ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang Sebut Wayang Haram Jadi Viral!

Ceramah Ustadz Khalid Basalamah kini menjadi viral setelah ia menyebutkan perkara soal wayang hingga sempat menjadi perbincangan hangat.

Ustadz asal Kota Makassar Sulsel itu menyebutkan mengenai hukum memainkan wayang dan larangan dalam memainkan wayang.

Bahkan dalam salah satu video ceramahnya, ia menyebutkan bahwa wayang seharusnya dihilangkan karena tak sesuai ajaran Islam.

Sontak saja, lontaran dari sang Ustadz itupun langsung menuai kontroversi dan menjadi perbincangan.

Baca Juga: Ceramah Ustadz Abdul Somad di Tasikmalaya Dihadiri Ribuan Jamaah

Ceramah Ustadz Khalid Basalamah Tuai Kontroversi

Seorang Ustadz asal Makassar ini sempat viral lantaran isi ceramahnya yang membahas soal pewayangan. Ia menyebutkan bahwa haram memainkan peninggalan budaya Indonesia ini dan adanya larangan untuk memainkan wayang.

Ini terungkap ketika salah satu jama’ah bertanya tentang larangan wayang pada tayangan video di akun Youtube Yarif.TV sejak 2020 lalu. Setelah mendengar pertanyaan tersebut, akhirnya sang ustadz pun mengatakan bahwa Islam memang memiliki peraturan.

Walaupun tanpa mengurangi rasa hormat, tapi menurut Ustadz Khalid sendiri, bahwa agama Islam melarang memainkan wayang. Ia kembali menyebutkan bahwa wayang adalah tradisi peninggalan nenek moyang dan bukan berarti harus dimainkan.

Baca Juga: Mubaligh Polisi Ceramahi Ribuan Warga Banjar

Abu Janda Semprot Ustadz

Terkait isi ceramah Ustadz Khalid Basalamah itu, maka pegiat media sosial Permadi Arya atau Abu Janda pun langsung angkat bicara soal itu.

Melalui video postingan di akun Instagramnya, Abu Janda menyebutkan agar Ustadz Khalid literasi sejarah.

Abu Janda menyebutkan bahwa jika bukan karena wayang, maka Indonesia, terutama pulau Jawa masih beragama Hindu.

Langsung saja ia menyebutkan bahwa seharusnya Ustadz Khalid merasa bersyukur karena ada media dakwah wayang.

Selanjutnya sang pegiat media sosial itu memberikan sebuah pesan menohok kepada sang ustadz asal Sulawesi Selatan itu. Sebagai pendatang dari Arab sebaiknya tidak menginjak-injak leluhur bangsa Indonesia.

Baca Juga: Video Oki Setiana Dewi Viral Hingga Dikecam Warganet, Ini Kronologinya!

Pepadi Laporkan Ustadz ke Polisi

Saat isi ceramah Ustadz Khalid Basalamah viral, akhirnya para dalang yang bergabung dalam Pepadi atau Persatuan Pedalangan Indonesia Banyumas Raya tidak tinggal diam. Pihaknya langsung melaporkan sang Ustadz Khalid ke pihak polisi.

Laporan tersebut adalah bunut dari ceramah Ustadz yang mengatakan bahwa wayang itu haram dan harus segera dimusnahkan.

Memang dari anggota Pepadi mengaku bahwa sudah biasa mendengar jika Islam sudah mengharamkan wayang.

Tetapi pernyataan memusnahkan itu sungguh menyakitkan bagi mereka semua. Kemudian Koordinator Pepadi Banyumas Raya yakni Bambang Barata Aji sudah berkoordinasi dengan ketua Pepadi Jateng dan Banyumas.

Tujuannya untuk segera mengambil sikap atas penyataan oleh Ustadz Khalid yang menyebut bahwa wayang itu haram. Ia menyebutkan bahwa ujaran pengharaman wayang oleh Ustadz adalah sebuah wacana yang sangat merugikan.

Pernyataan isi ceramah Ustadz Khalid Basalamah juga mengarah pada upaya disintegrasi bangsa. Sebab wayang merupakan produk seni budaya peninggalan nenek moyang. (R10/HR-Online)

- Advertisment -