Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Rumah Kolonial Modern Khas Belanda yang Unik dan Estetik

Desain Rumah Kolonial Modern Khas Belanda yang Unik dan Estetik

Desain rumah kolonial modern memiliki ciri khas tersendiri. Selain tampak lebih kokoh, juga hadir dengan desain yang unik. Rumah kolonial atau biasa disebut dengan bangunan Belanda memang terkesan lebih estetik.

Selain itu, terlihat klasik dengan memiliki nilai sejarah tersendiri. Belanda menjajah Indonesia dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga meninggalkan banyak bangunan kuno yang unik.

Banyak sekali di berbagai sudut kota di Indonesia masih tampak bangunan kolonial khas Belanda. Bahkan hingga saat ini justru desain tersebut menjadi pilihan bagi mereka yang bertempat tinggal di Indonesia.

Baca Juga: Desain Rumah Bambu Sederhana yang Unik dan Artistik di Pedesaan

Membangun rumah gaya khas kolonial yang unik dan klasik. Namun seiring perkembangan zaman, kini dengan mudah ditemukan bangunan dengan desain rumah kolonial modern.

Sehingga gaya tampilan lebih menarik, unik, dan masa kini. Ada banyak inspirasi desain rumah kolonial terbaik yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Desain tersebut memiliki ciri khas yang berbeda dari jenis lainnya. Anda bisa menciptakan desain rumah yang menarik dan nyaman untuk ditempati.

Ide Desain Rumah Kolonial Modern yang Mengesankan

Jejak kolonial Belanda di Indonesia masih terasa hingga saat ini. Apalagi dengan banyaknya bangunan bersejarah kolonial yang menjadi ciri khasnya.

Bangunan arsitektur tersebut kini masih bisa ditempati bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak desain yang kini justru jadi pilihan karena menarik dan terlihat unik.

Jika Anda masih belum tahu jelas akan desain tersebut, simak inspirasi berikut ini. Ada beberapa kumpulan desain menarik rumah kolonial masa kini.

Rumah Kolonial Modern

Seperti yang sudah dilakukan sebelumnya jika desain rumah kolonial modern kini bisa Anda temukan di berbagai wilayah Indonesia. Bangunan tersebut tampak cantik dan rapi dengan halaman yang cukup luas.

Sehingga memungkinkan pemiliknya menambahkan pepohonan rindang nan hijau. Anda pun bisa menggunakan material keramik dengan pola menarik berwarna krem, putih, atau merah di area salah satu sisi jalan taman.

Baca Juga: Desain Kamar Jendela Besar Populer, Ini Inspirasinya

Untuk bagian eksteriornya rumah akan dominan warna putih layaknya bangunan khas kolonial. Memiliki jendela pada sekeliling rumah untuk menunjang sirkulasi udara dan cahaya masuk dengan baik.

Kolonial Minimalis

Selain desain rumah kolonial modern, kini juga banyak ditemukan konsep minimalis. Meski masih memiliki sentuhan kolonial, namun ada sentuhan masa kini. Desain yang satu ini biasanya tidak memiliki ukuran terlalu luas pada bagian terasnya.

Namun masih bisa digunakan untuk sekedar duduk bersantai. Untuk bagian depan rumah terdapat taman dengan rumput dan pepohonan hijau. Sehingga suasana rumah akan tampak lebih asri.

Kolonial Klasik

Berbeda dengan desain rumah kolonial modern, kini ada juga yang klasik. Kolonial klasik memiliki teras yang cukup luas dengan pintu dan jendela berukuran besar.

Biasanya untuk bagian tersebut terbuat dari bahan kayu. Menariknya lagi, desain kolonial klasik juga terdapat 4 pilar yang menopang atap besar. Sehingga tampilan bangunan akan tampak lebih kokoh.

Perpaduan Warna Earth Tone

Desain rumah kolonial juga tidak terletak pada bagian konsepnya saja. Namun terlihat juga dari pemilihan warna cat tembok. Perpaduan warna yang tepat untuk desain rumah kolonial modern yaitu perpaduan warnanya.

Biasanya rumah kolonial lebih memilih perpaduan warna earth tone. Misalnya putih gading, krim, beige, dan yang lainnya.

Gaya Artistik

Ada banyak inspirasi desain yang menggambarkan rumah ala kolonial Belanda. Salah satunya desain kolonial artistik. Desain tempat tinggal ini terkesan lebih kecil, namun memiliki tampilan unik.

Baca Juga: Paduan Warna Cat Teras Rumah yang Nyentrik Bikin Tetangga Tertarik

Ukiran-ukiran unik terdapat pada bagian dinding luar rumah. Selain itu, warna putih mendominasi dengan sedikit sentuhan warna coklat.

Untuk bagian jendela rumah kolonial artistik memiliki jumlah cukup banyak yang bisa bermanfaat sebagai sirkulasi cahaya dan udara ke dalam rumah. Sehingga selain rumah kolonial modern, kini masih banyak desain lainnya.

Desain Rumah dengan Kanopi

Ada juga desain kolonial klasik yang menggunakan kanopi pada bagian teras rumah. Bentuknya melengkung ke bawah.

Sama seperti desain kolonial modern yang lainnya, pada bagian depan terdapat taman luas dengan pepohonan dan rumput nan hijau. Sehingga memberikan kesan tempat tinggal yang asri dan menenangkan. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)