Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Saat Angin Kencang, Mudah dan Melindungi dari Keburukannya

Doa Saat Angin Kencang, Mudah dan Melindungi dari Keburukannya

Doa saat angin kencang, menjadi hal penting untuk kita ketahui dan lakukan. Ketika kita berdoa, pasti selalu berharap Allah SWT akan mengabulkannya.

Nah, sama seperti halnya dengan kita membaca lafadz doa ini. Kita berharap, Allah memberikan perlindungannya terhadap hal yang dapat membahayakan tersebut.

Berbicara tentang doa, tentunya kita sudah sangat paham. Doa menjadi senjata paling ampuh dan jitu.

Ada yang mengatakan saat berdoa ibarat kita berbisik di bumi, tapi dahsyatnya mampu sampai ke langit dan diterima oleh Allah SWT. Apalagi dalam Al-Quran juga menjelaskan, bahwa siapapun yang berdoa kepada Allah SWT, Allah pasti mengabulkannya.

Kita tahu, bahwa Angin itu merupakan ciptaan Allah SWT. Adanya angin tersebut, terkadang menjadi suatu hal yang harus kita syukuri.

Namun, terkadang juga menjadi hal yang harus kita waspadai. Mengapa? Sebab, mempunyai sifat merusak.Walaupun begitu, semua sudah menjadi ketetapan dari Allah SWT.

Baca juga: Doa Menjelang Magrib, Berikut Lafadz dan Artinya yang Mudah Dihafal

Doa Saat Angin Kencang yang Mudah

Ketika angin kencang, kita harus berdoa kepada Allah SWT. Terlebih lagi, hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia sering terjadi bencana yang disebabkan oleh Angin.

Biasanya, hal ini akan terjadi saat musim hujan tiba. Kenyataan ini juga tidak bisa kita pungkiri.

Karena sudah memasuki musim hujan. Beberapa kota yang langganan banjir mulai mempersiapkan diri. Guna melakukan antisipasi akan terjadinya bencana yang sudah pernah terjadi. Seolah mereka sudah menebak, bencana ini akan selalu terjadi.

Sebagai umat muslim, yang taat dalam agama, penting sekali berdoa untuk memohon perlindungan Allah. Bukan hanya doa ketika sedang takut ketika gelap, ada hantu, ataupun hewan buas dan yang lain.

Tetapi, menghafalkan doa saat angin kencang juga tidak kalah pentingnya. Apakah selama ini Anda sudah mengamalkannya?

Perlu Anda ketahui, mengamalkan doa ini juga merupakan salah satu anjuran dari Nabi Muhammad. Umumnya, angin kencang juga dibarengi dengan hujan yang lebat. Mungkin kita sudah sangat familiar dengan doa ketika turun dan sesudah hujan karena doa tersebut cukup pendek dan mudah dihafal.

Baca juga: Doa Setelah Salat Fajar, Sunnah Rasul Menyempurnakan Pahala

Arti Doa

Ternyata, masih banyak dari kita yang belum mengetahui doa saat angin kencang tersebut. Survey membuktikan, jika ditanya “hafal doa turun hujan dan setelahnya?”. Mereka menjawab hafal. Tetapi, masih banyak yang tidak hafal doa ketika ada angin yang kencang.

Bagi Anda yang belum hafal, jangan berkecil hati. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena lebih baik telat daripada tidak sekali.

“Allahumma Innii As Aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilta bihi, wa a’udzubika min Syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilta bihi”.

Oh iya, doa saat angin kencang ini juga terdapat dalam hadits riwayat Muslim dan Tirmidzi. Sedangkan untuk artinya sendiri adalah: “Ya Allah sesungguhnya aku hanya memohon kepadaMu kebaikan dari angin ini, kebaikan apapun yang terdapat padanya, serta kebaikan terhadap tujuan angin ini dihembuskan. Aku berlindung hanya kepadaMu, dari keburukan angin ini. Keburukan apapun yang terdapat padanya dan keburukan terhadap tujuan angin ini Engkau hembuskan”.

Ketahuilah, beberapa orang juga menghafalkan doa yang pendek. Yakni, “Allahumma Inni As Aluka khairaha wa a’udzubika min syarri haa”. Artinya, Wahai Allah, aku memohon kepadaMu kebaikan angin ini dan berlindung dari keburukannya.

Baca juga: Doa Saat Hujan Angin, Lafadz dan Arti yang Mudah untuk Dihafalkan

Adab Ketika Angin Kencang

Selama ini apa yang Anda lakukan, ketika ada angin yang kencang. Apakah membaca doa saat angin kencang tersebut? Atau, ketakutan kemudian mondar-mandir tidak penting? Mengumpulkan harta benda dalam rumah? Biasa saja, atau malah melakukan hal lainnya?

Dalam hadits riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah, Rasulullah bersabda, saat melihat atau menjumpai angin yang kencang, supaya angin tersebut tidak menjadi malapetaka ataupun bencana. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda Angin itu merupakan pemberian Allah SWT  yang bisa membawa rahmat juga azab.

Apabila kalian melihatnya, jangan pernah sekalipun mencelanya. Justru, mohonlah ampun kepada Allah terhadap kebaikan angin tersebut. Selain itu, berlindunglah kepada Allah terhadap keburukannya.

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, sudah seharusnya kita mencontoh apa yang beliau lakukan. Bukan hanya menghafalkan lalu mengamalkan doa saat angin kencang tersebut. Melainkan juga menjalankan adab-adabnya. (Muhafid/R6/HR-Online)