Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisDrainase Tidak Berfungsi, Pertigaan Kertajaga Ciamis Terendam Banjir

Drainase Tidak Berfungsi, Pertigaan Kertajaga Ciamis Terendam Banjir

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Saluran drainase tidak berfungsi ditambah hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan air hujan berlimpah dan banjir di pertigaan Kertajaga, Rabu (2/2/2022).

Hal itu terjadi di Dusun Kertajaga Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican, tepatnya di pertigaan Kertajaga jalur penghubung Desa Sukajaya dengan Desa Bantarsari, Kecamatan Pamarican.

Akibat banjir cileuncang tersebut, ruas jalan penghubung antar desa terendam. Selain itu, banjir juga sempat masuk ke perumahan warga.

Kepala Dusun Kertajaga, Cecep Ruspermana, mengatakan, banjir tersebut merupakan banjir langganan setiap kali curah hujan lebat datang.

“Ini sudah menjadi langganan banjir saat hujan seperti ini. Hal ini diakibatkan saluran drainase di sepanjang jalan ini sudah tidak berfungsi,” katanya, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga: Hujan Angin di Pamarican Ciamis, Satu Rumah Tertimpa Pohon

Menurut Cecep, pihak desa setempat sejak lama telah melakukan pengajuan ke dinas terkait agar ada perbaikan saluran drainase yang kerap menimbulkan banjir.

“Sudah sering kita ajukan, namun realisasinya belum juga ada. Harapan kami Pemkab Ciamis bisa segera mendengar dan melakukan upaya perbaikan saluran drainase ini. Karena jika dibiarkan seperti ini, banjir cileuncang akan selalu terjadi, apalagi saat ini curah hujan hampir setiap hari terjadi,” jelasnya. (Suherman/R7/HR-Online/Editor-Ndu)