Senin, Mei 23, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFacebook Ganti Nama News Feed, Apa Nama Barunya?

Facebook Ganti Nama News Feed, Apa Nama Barunya?

Facebook ganti nama News Feed sudah berlaku sejak kemarin. Fitur utamanya memungkinkan para penggunanya melihat konten dari keluarga maupun kerabat dekat. Mulai saat ini namanya tak lagi News Feed tapi terkenal dengan Feed saja.

Meta sendiri melakukan rebranding pada News Feed Facebook yang merupakan tampilan aplikasi utama sehingga kini hadir dengan tampilan Feed. Sejak Facebook Inc resmi menjadi Meta Platform Inc mulai pekan lalu, kini banyak perubahan terjadi.

Baca Juga: Split Bill Facebook Messenger Hadir, Apa dan Bagaimana Penggunaannya

Perusahaan Facebook Ganti Nama News Feed Mulai Pekan Ini

Menurut informasi dari cuitan perusahaan melalui akun @Facebookapp, kemungkinan kedepannya nama berganti Feed.

Sebagaimana kita ketahui julukan News Feed telah ada sejak fitur tersebut diperkenalkan 15 tahun lalu. Sehingga penggantian nama tersebut merupakan keputusan pertama kalinya setelah 15 tahun.

Rebranding News Feed tersiar lewat akun di Twitter perusahaan. Hal ini tandanya dengan GIF yang gambarkan peralihan dari News Feed jadi Feed.

Perubahan tersebut terjadi hanya beberapa bulan setelah Mark Zuckerberg selaku CEO mengumumkan pergantian nama perusahaan ke Meta.

Hal ini menjadi tanda lain Facebook sedang mencoba mengubah persepsi terkait produk intinya. Meta sendiri mengatakan nama News Feed menggiring orang berpikir bahwa tempat ini berita daripada unggahan berbagi untuk teman.

Untuk mengatasi hal ini, juru bicara Facebook mengatakan perubahan baru dengan tujuan untuk mencerminkan beragam konten yang pengguna lihat di feed mereka. Perlu menjadi catatan bahwa nama tersebut tidak akan mengubah cara kerja fitur di aplikasi.

Baca Juga: Aplikasi Facebook Watch, Berikut Pengertian dan Tips Menggunakannya!

Tujuan Perubahan Nama

Penghapusan kata News dari nama ini akan dilihat sebagai lambang dari prioritas pengubahan Meta. Sebab lihat ke masa depan yang berfokus pada Metaverse bukan aplikasi jejaring sosial.

Perusahaan Facebook ganti nama News Feed menjadi Feed ini menghilangkan kebingungan publik. Karena dengan News Feed, porsi berita lebih sedikit daripada konten lainnya.

Facebook memiliki hubungan yang rumit dengan distribusi berita di platformnya. Sehingga informasi di Facebook mendapatkan lebih banyak engagement daripada laporan berbasis fakta.

Penelitian dari Facebook sendiri terkait dengan News Feed, algoritmanya bisa membuat politisi mengambil posisi lebih ekstrem. Meta mengambil langkah tersebut demi mengurangi munculnya konten politik pada Feed pengguna.

Baca Juga: Screenshot Facebook Messenger, Kini Dapat Diketahui Orang Lain

Facebook tidak berhenti mewujudkan ambisinya sebagai sumber informasi. Selain meluncurkan tab Facebook News di Amerika Serikat juga sudah tersebar di beberapa negara. Tak hanya itu, juga meluncurkan Facebook News Feed di Prancis.

Mengubah nama News Feed menjadi Feed dapat memungkinkan pengguna dalam membedakan postingan dengan berita sebenarnya di Facebook News. Facebook ganti nama News Feed menjadi Feed mulai pekan ini. (R10/HR-Online)

- Advertisment -