Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Extended RAM Berikan Pengalaman Multitasking Lebih Baik

Fungsi Extended RAM Berikan Pengalaman Multitasking Lebih Baik

Fungsi extended RAM mungkin tidak semua kalangan memahaminya. Dalam beberapa waktu terakhir, fitur extended RAM menjadi salah satu unggulan dalam perangkat mobile midrange hingga entry level.

Lalu apakah yang dimaksud dengan fitur extended? Bagaimana cara kerja serta menggunakannya?

Baca Juga: Perbedaan RAM dan ROM, Cek Faktanya Sekarang!

Mengenal Fungsi Extended RAM di HP

Perkembangan teknologi yang semakin pesat turut mendorong berbagai variasi fitur canggih dalam perangkat HP. Salah satunya adalah fitur extended RAM yang baru-baru ini hadir pada ponsel Vivo dan Realme.

RAM dalam perangkat HP memiliki fungsi sebagai penyimpanan sementara. Pada dasarnya, cara kerja RAM hampir sama dengan memori internal.

Keistimewaan dari RAM adalah memiliki kemampuan membaca serta menulis yang jauh lebih cepat dibandingkan storage.

Karena memiliki fungsi hanya menyimpan sementara, maka pada saat aplikasi atau file tidak diperlukan lagi, maka secara otomatis akan menghapusnya.

Selain itu, RAM juga memiliki fungsi menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersama (multitasking) tanpa menghambat kinerja ponsel.

Dalam hal ini, besar kecilnya RAM berpengaruh terhadap kecepatan kinerjanya dalam mengakses serta memproses program yang dijalankan.

Oleh karena itu, hadir extended RAM yang memiliki fungsi menawarkan pengalaman membuka berbagai aplikasi secara bersamaan tanpa menghilangkan kecepatan ponsel.

Baca Juga: Cara Menambah RAM HP Android dengan Tepat dan Mudah

Apa Fungsi Extended RAM?

Sebelum membahas fungsinya, tidak ada salahnya kita mengetahui apa artinya extended RAM. Extended RAM adalah teknologi manajemen memori inovatif yang memanfaatkan algoritma untuk mengalokasikan ROM ke RAM.

Fitur extended RAM menggunakan algoritma dengan tujuan mengambil bagian dari ruangan ROM yang tak terpakai untuk ambil alih fungsi RAM.

Extended RAM merupakan bentuk dari pengubahan memori internal menjadi space RAM melalui aplikasi.

Karena extended RAM bukanlah hardware RAM, maka fungsi dan kinerjanya pun tidak dapat kita samakan dengan RAM asli. Meskipun demikian, fitur ini dapat memberikan ruang yang lebih luas pada perangkat HP

Fitur ini juga memperoleh dukungan dengan swap memory software. Dengan demikian, penggunaan extended RAM tak akan ganggu kinerja performa internal memory ROM pada perangkat HP.

Sebagai contoh, memori RAM pada Vivo V21 bisa memanfaatkan ruang memori internal sebesar 3GB. Selanjutnya menambah RAM menjadi 11GB.

Hal ini tentunya dapat meringankan jumlah memori Double Date Rate (DDR) yang terpakai. Fitur terkini ini sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone untuk meningkatkan kelancaran konsumen pada saat menjalankan berbagai aplikasi.

Dengan adanya fitur extended RAM, memiliki fungsi untuk memberikan pengalaman multitasking yang maksimal dan tanpa batas bagi pengguna.

Baik pada saat melakukan aktivitas kerja, belajar, sosial media, game, atau edit foto dan video melalui smartphone secara bersamaan.

Jika dalam sebuah perangkat HP yang memiliki fitur, maka aktivitas bermain game atau multitasking pun berjalan lebih lancar dan optimal.

Para pengguna dapat merasakan pengalaman membuka lebih dari 20 aplikasi dalam waktu yang bersamaan secara lebih lancar tanpa khawatir mengalami gangguan.

Selain itu, fitur extended RAM juga mendukung efisiensi energi dalam perangkat HP. Dengan demikian, daya baterai lebih tahan lama meski menjalankan berbagai aplikasi pada saat yang bersamaan.

Baca Juga: Memori RAM HP Penuh, Bagaimana Cara Membersihkannya?

Cara Mengaktifkan Fitur Extended RAM

Tidak semua smartphone memperoleh kelengkapan extended RAM, sehingga hanya pengguna dengan ponsel tertentu yang dapat menikmati fungsi dari fitur ini.

Salah satu smartphone yang telah memperoleh dukungan extended RAM adalah Vivo V21. Untuk dapat mengaktifkan fitur extended RAM pada Vivo V21 antara lain:

  1. Pertama, buka aplikasi pengaturan
  2. Selanjutnya, masuk dalam halaman berikutnya, temukan menu pengaturan
  3. Kemudian pilih RAM dan ruang penyimpanan
  4. Pada halaman menu terdapat ikon dengan jumlah kapasitas penyimpanan yang terpakai.
  5. Pilih opsi RAM dan temukan fitur extended RAM

Bagi kalian yang ingin rasakan bedanya bisa hidupkan atau merasa tak butuh juga dapat matikan fitur extended RAM.

Dengan mengaktifkan fitur, maka fungsi extended RAM pun akan langsung pengguna rasakan. Segala aktivitas mobile yang berlangsung pun berjalan lebih lancar dengan penyimpanan luas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -