Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Gesture di iPhone Perlu Pengguna Ketahui, Simak Ini!

Fungsi Gesture di iPhone Perlu Pengguna Ketahui, Simak Ini!

Fungsi gesture di iPhone belum banyak diketahui penggunanya. Saat ini cukup banyak pengguna iPhone yang belum memakai fitur gesture pada setiap aktivitasnya dengan platform iOS tersebut.

Padahal penggunaan fasilitas gesture bisa diterapkan untuk hampir semua aplikasi yang tersedia. Sehingga fitur gesture ini penting dan sangat bermanfaat untuk Anda gunakan.

Gesture merupakan aktivitas menyentuh layar dengan cara tertentu atau memasukkan input agar nantinya muncul efek maupun perintah yang Anda inginkan.

Baca Juga: iCloud iPhone Tidak Berfungsi, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Ketahui Fungsi Gesture di iPhone

Penggunaan gesture akan sangat berguna untuk mempermudah, meringkas, dan mempercepat pekerjaan Anda saat mengoperasikan gadget. Berikut ini beberapa fungsi gesture yang perlu Anda ketahui.

Kembali ke Halaman Sebelumnya

Saat menggunakan platform Safari di iPhone, ada hal yang dilakukan untuk pindah ke halaman yang telah dibuka sebelumnya ataupun setelahnya.

Biasanya dengan menggunakan bantuan tombol back atau forward. Akan tetapi, saat ini ada cara yang lebih mudah yakni dengan swipe ujung kiri layar ke kanan atau sebaliknya.

Tentunya dengan menggunakan gesture tersebut akan memberikan manfaat penggunanya apabila ingin lebih ringkas dan cepat berpindah ke halaman yang sudah dibuka sebelumnya atau setelahnya itu.

Sebenarnya penggunaan mode gesture ini tidak hanya pada browser Safari. Bahkan penggunaannya juga ada pada apps lainnya seperti Notes, Messages, dan yang lainnya. Termasuk aplikasi pihak ketiga juga dapat menggunakan mode gesture.

Baca Juga: Cara Memperbaiki iPhone WiFi Only, Pahami Penyebabnya Terlebih Dulu!

Cara Cepat Page Up

Gesture ini penting untuk memudahkan saat mengoperasikan iPhone maupun iPad. Fungsi gesture di iPhone menjadi cara cepat page up. Kemungkinan cukup jarang pengguna yang menggunakan fasilitas yang satu ini.

Padahal keberadaannya sudah ada sedari dulu pada platform iOS. Hal ini berguna saat mengakses suatu aplikasi yang berbentuk tampilan list.

Dengan sekali tekan pada ikon jam, Anda akan kembali menuju bagian yang paling atas halaman aplikasi tersebut.

Anda dapat menggunakan mode gesture untuk aplikasi Twitter, Facebook, Tumblr, atau lainnya. Saat sudah lama pergi ke bagian bawah suatu halaman/aplikasi, maka akan langsung ke atas dalam sekejap. Bahkan hanya dengan sekali tekan pada ikon jam.

Seleksi Teks

Kemungkinan Anda pernah mengetik teks yang cukup panjang, namun setelah itu menyadari bahwa ada teks yang salah.

Fungsi gesture di iPhone untuk melakukan seleksi teks. Sebenarnya Anda dapat menekan layar dengan mode kursor.

Nantinya dapat memindahkan arahnya ke bagian tersebut, namun yang menjadi masalah seringkali tidak akurat.

Untuk mengatasinya, cara paling mudah hanya dengan tekan dan tahan pada bagian tersebut. Setelah itu, akan memunculkan fasilitas magnify glass. Keberadaan mode edit teks menjadi lebih mudah, tepat, dan cepat.

Tidak hanya itu, pada select text mode dapat juga tekan layar 2x untuk melakukan mode blok teks.

Penggunaan fasilitas ini tentu berguna bagi mereka yang ingin menghapus ataupun copy-paste teks dengan lebih cepat dan ringkas tanpa menggunakan magnify glass.

Bermain dengan Tautan & Share Extension

Apabila sedang browsing, Anda akan sering menemukan tautan/link. Tentu hanya dengan menekan dan tahan pada suatu tautan. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi, seperti halnya share extension atau opsi lainnya.

Biasanya tergantung dari aplikasi yang Anda gunakan. Penggunaan Share Extension ini untuk tautan/link yang ada pada Twitter, Facebook, dan yang lainnya.

Baca Juga: Live Photo iPhone Tidak Ada Suara, Ini Penyebab dan Cara Menggunakan

Kembali ke Teks Terhapus

Fungsi gesture di iPhone lainnya yakni dapat kembali ke teks terhapus. Saat menggunakan gadget, tentunya pernah melakukan copy-paste.

Akan tetapi, beberapa orang pernah menghadapi sebuah masalah, yakni saat mengetik teks dalam notes. Kemudian memilih mode Select All untuk dapat menyalin ke tempat lainnya.

Namun tidak sengaja menekan pada salah satu tombol, sementara teks masih dalam mode Select All dan belum tersalin.

Sorotan pada semua teks tersebut pun hilang, termasuk teksnya. Apabila sering menghadapi masalah tersebut, maka saat ini tidak perlu khawatir lagi.

Anda dapat menggunakan fitur Shake to Undo. Untuk penggunaannya, hanya perlu menggoyangkan perangkat iOS. Lalu pilih Undo untuk mengembalikan teks sebelumnya.

Fungsi gesture di iPhone sebenarnya cukup banyak. Pengguna iPhone harus mengetahuinya untuk mempermudah saat mengoperasikan gadget tersebut. (R10/HR-Online)