Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Tulang Ekor Sebagai Bagian Terpenting Tubuh, Hindari Cedera!

Fungsi Tulang Ekor Sebagai Bagian Terpenting Tubuh, Hindari Cedera!

Fungsi tulang ekor sangatlah penting untuk tubuh. Tulang ekor sendiri berada di bagian belakang atas tulang bokong.

Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam tulang. Fungsi dari tulang juga tentunya berbeda-beda dan saling melengkapi.

Tulang pada dasarnya berfungsi untuk menjaga organ dalam yang vital di tubuh kita. Selain itu, tulang juga memberikan bentuk tubuh manusia.

Baca Juga: Tulang Ekor Sakit, Beragam Penyebab dan Cara Meredakannya

Struktur dan Fungsi Tulang Ekor

Selama ini masih banyak orang salah mengartikan tugas tulang untuk tubuh. Kebanyakan orang mengira tulanglah yang membuat kita bergerak.

Hal itu tentunya salah besar. Tulang hanya bertugas untuk membentuk rangka tubuh. Untuk bergerak, tulang membutuhkan otot yang menempel di sekitarnya.

Tulang juga terbagi-bagi di seluruh tubuh. Namun, mereka tetap menyatu sehingga dapat melaksanakan fungsinya dengan baik.

Salah satu contoh tulang yang mungkin sudah tidak asing lagi adalah tulang ekor. Bernama tulang ekor karena tempatnya yang berada di atas tulang bokong dan di bawah tulang rusuk, persis seperti tempat ekor pada kucing atau kuda.

Tulang ekor sebenarnya terdiri dari empat tulang belakang yang saling menyatu. Penyatuan tersebut menciptakan satu tulang kecil bernama tulang ekor.

Dalam sains, tulang ekor adalah tempat keluarnya pembuluh darah dari testis dan ovarium. Tulang ekor juga menjadi pusat gravitasi pada tubuh.

Baca Juga: Pengertian Tulang Kompak, Fungsi dan Letaknya di Dalam Tubuh

Pada dasarnya, tulang ekor juga berfungsi sebagai penyangga tulang di area panggul lain. Tulang ini menjadi titik temu dari otot-otot kecil yang berada di area tulang gelang panggul.

Selain itu, karena menjadi pusat gravitasi tubuh, maka fungsi tulang ekor juga sebagai penyangga berat. Tulang ini akan menyangga ketika kita duduk, mengangkat beban berat, berjalan, dan lainnya.

Di tulang ekor juga terdapat otot anus serta tempat sebagian kecil sumsum ruas tulang belakang. Itulah mengapa tulang ekor sangat kuat.

Dalam penelitian di Jerman oleh Han Speman pada tahun 1935, sebuah tulang ekor dipanaskan dalam suhu tinggi dan melalui proses penumbukkan. Hasilnya, tulang ekor tersebut sama sekali tidak hancur dan tetap kuat.

Bahaya Cedera Tulang Ekor

Pernah mendengar berita mengenai orang yang terjatuh dan tidak bisa bergerak atau lumpuh? Seringkali disebutkan bahwa orang tersebut lumpuh karena tulang ekornya mengalami cedera.

Baca Juga: Contoh Tulang Sesamoid dan Penyakit Sesamoiditis yang Menyerang

Tulang ekor memang sangat kuat dan tidak akan hancur. Namun, tulang ini juga bisa mengalami cedera akibat benturan karena jatuh atau kecelakaan.

Bahkan sudah banyak kasus kelumpuhan akibat cedera yang terjadi pada tulang belakang satu ini. Itulah mengapa, kita harus menjaga tulang ini sebaik mungkin dengan selalu berhati-hati dalam beraktivitas.

Karena fungsi tulang ekor sebagai penyangga utama tubuh, maka keberadaannya sangat penting. Tidak ada tulang ekor, maka manusia tidak dapat bergerak. Sebab itulah cedera kecil yang terjadi bisa memberikan dampak berbahaya. (R10/HR-Online)