Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruGalaksi Kincir Angin Selatan Terlihat Melalui Teleskop di Kupang

Galaksi Kincir Angin Selatan Terlihat Melalui Teleskop di Kupang

Galaksi kincir angin selatan tampak melalui teleskop Balai Pengelola Observatorium Nasional atau BPON. Beberapa teleskop yang biasa dipakai untuk riset dan astrofotografi tersebut merupakan milik BPON.

BPON sendiri memberikan spesifikasi teleskop setidaknya memuat kemampuan pointing atau mengarah juga mengikuti target dengan baik.

Tujuannya adalah pengamatan target redup tertentu dapat tercapai untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Baca Juga: Proses Bintang Mati di Alam Semesta, Seperti Apa?

Teleskop Tangkap Galaksi Kincir Angin Selatan di Kupang

Abdul Rachman Koordinator BPON Kupang menjelaskan bahwa gambar tersebut merupakan perbandingan baik citra black white pada background dan citra yang berwarna pada latar depan yang memuat sebuah galaksi bernama M83.

Citra hitam putih ini tertangkap di BPON melalui teleskop refraktor Takahashi. Teleskop tersebut memiliki diameter 106 mm dengan panjang fokus 530 mm. Sisi lain memakai dudukan teleskop menggunakan tipe German equatorial.

Mengutip dari situs edukasi Sains Antariksa, terdapat informasi bahwa perekaman citra menggunakan kamera CCD yang memiliki resolusi 3326 x 2504 piksel. Selain itu, teknik untuk memperoleh citra adalah dengan cara sederhana.

Baca Juga: Contoh Galaksi Spiral Berpalang yang Menakjubkan, Apa Saja?

Caranya saat teleskop terarah tepat kepada target atau galaksi M83, maka dudukannya perlu pengaturan. Sehingga teleskop tersebut terus mengikuti target yakni M83.

Sementara bintang-bintang lainnya tetap terletak pada posisi sama pada citra yang terekam selama 10 menit lamanya.

Citra berwarna dapat tertangkap secara baik. Demi mendapatkannya selain dari kemampuan tracking dan pointing yang baik, juga membutuhkan peralatan lengkap.

Gambar tersebut memiliki ukuran dan panjang fokus lebih besar dari milik BPON. Alat tersebut lengkap dengan filter astronomi sehingga menghasilkan beragam warna.

Saat pengambilan gambar galaksi memakai 4 filter yang menghabiskan waktu hingga 6 jam 16 menit.

Akuisisi data selesai, maka berlanjut dalam pemrosesan data menggunakan beberapa software pengolah citra. Karena membutuhkan ilmu tersendiri.

Mengenal M83

M83 alias Messier 83 lebih familiar dengan sebutan Southern Pinwheel Galaxy atau galaksi kincir angin selatan serta NGC 5236. M83 ini memiliki jarak yang menurut perkiraan sekitar 15 tahun cahaya.

Hal ini terlihat dari Bumi, M83 ini berada pada konstelasi Hydra. Selain itu, ukurannya jauh lebih kecil dari galaksi Bimasakti.

Baca Juga: Misi MUSE dan HelioSwarm Baru NASA Menuju Matahari, Untuk Apa?

Hanya saja, ia memproduksi bintang dengan kecepatan tinggi. Sedangkan pada titik berwarna pink citra berwarna merupakan tempat lahirnya bintang baru.

Investasi keluar sebanding dengan hasil yang dapat terlihat pada gambar perbandingan. Sehingga gambar hitam putih yang sederhana mampu memberikan informasi astronomi.

Hal ini menunjukkan dengan jelas bahwa sebuah galaksi spiral dengan batang atau bar pada bagian tengah.

Teleskop BPON untuk menangkap galaksi kincir angin selatan menghasilkan citra berwarna dan sengaja dengan alat lebih sederhana. (R10/HR-Online)

- Advertisment -