Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita BanjarHarga Kacang Kedelai Naik, Pedagang Tahu di Banjar Akan Mogok Jualan

Harga Kacang Kedelai Naik, Pedagang Tahu di Banjar Akan Mogok Jualan

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Harga kacang kedelai yang terus merangkak naik, membuat paguyuban pedagang tahu di Kota Banjar, Jawa Barat, akan menggelar aksi mogok jualan.

Ketua Paguyuban Pedagang Tahu Kota Banjar, Enceng Rahmat mengungkapkan, rencana mogok produksi dan jualan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan bersama.

“Hasil musyawarah kemarin malam, kita sepakat untuk melakukan mogok selama dua hari. Yaitu, mulai dari tanggal 21 sampai 22 Februari 2022,” ungkap Enceng Rahmat, Sabtu (19/2/2022).

Sebab menurutnya, dengan naiknya harga kacang kedelai membuat biaya produksi dan harga jual tidak seimbang.

“Harga kacang kedelai saat ini dengan keuntungan tidak sesuai. Sehingga omset berjualan juga ikut merosot,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini harga bahan dasar untuk membuat tahu tempe tersebut mencapai Rp 11.300, dari sebelumnya yang hanya Rp 8 ribu per kilogram.

“Biasanya kacang kedelai Rp 8 ribu, tapi sekarang merangkak naik sampai Rp 11.300 per kilogramnya. Sehingga keuntungannya juga minim,” papar Enceng.

Enceng berharap, agar Pemerintah Kota Banjar dapat memberikan solusi dari adanya permasalahan tersebut. Supaya para produsen dan pedagang tahu tempe tidak mengalami kerugian.

“Mudah-mudahan pemerintah juga bisa memberikan solusi terbaik. Karena kalau terus-menerus harga kacang kedelai naik maka kita pasti rugi,” harapnya. (Sandi/R5/HR-Online/Editor-Adi)