Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita BanjarHarga Tahu di Kota Banjar Mulai Besok Naik Jadi Rp 5 Ribu/Bungkus

Harga Tahu di Kota Banjar Mulai Besok Naik Jadi Rp 5 Ribu/Bungkus

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Harga tahu di Kota Banjar, Jawa Barat, mulai besok naik menjadi Rp 5 ribu dari harga sebelumnya Rp 4 ribu per bungkus. Kenaikkan tersebut setelah para pengusaha tahu mogok produksi selama tiga.

Hal itu disampaikan Ketua Paguyuban Pedagang Tahu Kota Banjar, Enceng Rahmat, usai melakukan sweeping hari terakhir aksi mogok berjualan.

“Hari ini terakhir melakukan aksi mogok. Sekarang mau produksi dan besok berjualan kembali,” kata Enceng Rahmat kepada awak media, Rabu (23/02/2022).

Ia menjelaskan, harga tahu sebelumnya Rp 4 ribu per bungkus, namun mulai besok akan naik menjadi Rp 5 ribu per bungkus karena harga kacang kedelai masih tinggi.

Baca Juga : Harga Kedelai Naik, Omset Pedagang Tahu di Pasar Banjar Merosot

Menurutnya, jika harga jual tahu tidak dinaikkan, maka pengrajin akan kerepotan. Apalagi sekarang juga sudah mengalami kerugian.

Saat ini harga kacang kedelai masih berada di angka Rp 11.300 per kilogram. Menanggapi adanya pemberian subsidi dari pemerintah, kata Enceng, para perajin ataupun pedagang belum menerimanya.

“Tahun ini kami belum menerima subsidi dari pemerintah. Mudah-mudahan keluar subsidi untuk kacang kedelai karena minyak goreng juga sudah,” harap Enceng.

Sementara itu, berdasarkan hasil sweeping selama tiga hari aksi mogok, para pedagang tahu di Pasar Banjar kompak tidak ada yang berjualan.

“Pedagang tahu alhamdulillah semuanya kompak. Tapi tadi hari terakhir ada beberapa pedagang tempe yang masih berjualan. Kita ingatkan saja,” pungkasnya. (Sandi/R3/HR-Online/Editor-Eva)