Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruHP Blackberry 5G dengan Keyboard Fisik Batal Rilis, Apa Alasannya?

HP Blackberry 5G dengan Keyboard Fisik Batal Rilis, Apa Alasannya?

HP Blackberry 5G rumornya akan batal meluncur. OnwardMobility merupakan perusahaan rintisan berbasis di Texas yang berupaya merevitalisasi merek ikonik melalui perangkat Wi-Fi generasi berikutnya berbasis Android.

Namun tampaknya perusahaan ini telah kehilangan lisensi dari BlackBerry Ltd untuk menggunakan nama merek Blackberry. Hal ini terjadi setelah Blackberry mengakhiri layanan untuk perangkat lawasnya.

Dalam hal ini, OnwardMobility menjanjikan adanya pembaruan terkait dengan ponsel yang masuk dalam posting blog beberapa waktu lalu. Namun ada kemungkinan OnwardMobility akan merilis ponsel 5G tanpa mengusung nama BlackBerry.

Baca Juga: Sistem Operasi BlackBerry Dihentikan Tepat Tanggal 4 Januari 2022

HP Blackberry 5G Batal Meluncur

Merek Blackberry rencananya akan hadir dengan perangkat Android 5G yang baru. Lengkap dengan kelengkapan keyboard, namun kabarnya batal. Hal ini berdasarkan laporan dari Android Police dan CrackBerry .

Pengembangan pada perangkat tersebut sebelumnya telah diumumkan pada tahun 2020 lalu oleh startup OnwardMobility yang berbasis di Texas. Hal ini terjadi setelah OnwardMobility melisensikan nama merek dari Blackberry.

Perangkat yang batal meluncur ini kabarnya menggunakan desain yang mirip dengan Blackberry Priv 2015. Selain itu juga memiliki keyboard fisik yang dapat Anda buka dengan slide layarnya.

Baca Juga: Ponsel Terbaru BlackBerry Dipastikan Melenggang di Jerman Akhir Bulan Ini

Alasan Batalnya Peluncuran Blackberry 5G

Sebelumnya, terdapat informasi bahwa HP Blackberry 5G akan tetap dikembangkan, meskipun perusahaan telah menghentikan produksi perangkat tersebut. Perangkat tersebut sebelumnya akan irilis oleh OnwardMobility pada tahun 2022 ini.

Akan tetapi, sesuai dengan informasi terkini menyebutkan bahwa proyek tersebut gagal. Pasalnya. lisensi merek tersebut tidak lagi memperoleh perpanjangan waktu. Kabar yang cukup mengejutkan ini pertama kali terungkap dari laman CrackBerry.

Dari laman tersebut terdapat informasi dari salah satu sumber terpercaya yang menyebutkan bahwa impian OnwardMobility ponsel keyboard HP Blackberry 5G telah kandas.

Selain itu, Android Police juga menyatakan bahwa lisensi OnwardMobility yang akan menggunakan merek Blackberry batal rilis baru-baru ini. Sementara itu, John Chen selaku CEO Blackberry menyatakan bahwa tidak dapat merilis ponsel dengan nama Blackberry.

Selain adanya masalah dari perpanjangan lisensi, rantai pasokan dari perusahaan tersebut juga tersendat. Meskipun telah menjual lisensi untuk ponsel kepada perusahaan lain, akan tetapi perangkat lunak masih berada di bawah perusahaan Blackberry.

Baca Juga: BlackBerry Resmi Rilis Dua Smartphone, Ini Spek dan Harganya

BlackBerry 5G dengan Keyboard Fisik

HP BlackBerry 5G yang kabarnya batal rilis ini berbasis Android dengan menyertakan keyboard fisik. Terlepas dari keyboard fisik dan 5G, ponsel Blackberry ini akan membuat permainan keamanan yang khas dengan daftar fitur keamanan yang berfokus pada perusahaan.

OnwardMobility yang meluncur pada Maret 2019, sebelumnya mengatakan telah bermitra dengan anak perusahaan Foxconn FIH Mobile untuk memproduksi handset Blackberry baru. Selain itu, kabar semula ponsel tersebut akan debut di Amerika Utara dan Eropa.

Terkait dengan HP Blackberry 5G yang batal meluncur karena adanya masalah pada rantai pasokan. Maka CEO BlackBerry John Chen mengubah keputusannya untuk meminta OEM lain mencoba dan menghidupkan kembali merek tersebut di ponsel lain. Selain itu, dengan OnwardMobility kehilangan lisensi atas namanya, kita mungkin tidak akan melihat ponsel BlackBerry lain untuk waktu yang lama. (R10/HR-Online)