Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita BisnisInstrumen Investasi untuk Dana Pensiun Bantu Kebutuhan Finansial Anda

Instrumen Investasi untuk Dana Pensiun Bantu Kebutuhan Finansial Anda

Instrumen investasi untuk dana pensiun bisa Anda rencanakan dari sekarang. Hal ini menjadi langkah tepat menjaga kestabilan finansial di masa mendatang.

Bagi Anda yang masih aktif bekerja, sebaiknya untuk merencanakan kebutuhan di masa mendatang agar terpenuhi.

Salah satunya dengan cara investasi. Dana pensiun adalah sumber keuangan yang bisa Anda miliki ketika tidak lagi aktif bekerja.

Selain menabung, investasi adalah solusi yang tepat untuk memiliki dana pensiun. Sebenarnya Anda bisa berinvestasi seperti halnya menabung.

Hanya saja lebih baik meningkatkan jumlah untuk dana pensiun. Menariknya lagi dari investasi Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak dari persentase kenaikan aset yang dijalankan.

Lantas apa saja instrumen investasi untuk dana pensiun? Anda bisa memilih sesuai pemahaman dan mampu memberikan keuntungan untuk finansial masa mendatang.

Baca Juga: Iklim Investasi di Indonesia yang Kondusif dan Faktornya

Pilihan Instrumen Investasi untuk Dana Pensiun Terbaik

Dana pensiun ada baiknya untuk dipersiapkan sejak dini. Hal ini bertujuan agar hasil yang Anda dapatkan cukup besar sehingga mampu memenuhi kebutuhan masa mendatang.

Oleh karena itu, ketika Anda masih aktif bekerja sisakan sedikit penghasilan untuk berinvestasi. Apalagi saat ini aktivitas ini bisa Anda lakukan dengan mudah. Bahkan untuk jenis instrumennya juga cukup beragam.

Semua bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Investasi bisa menjadi pilihan tepat selain menabung sebagai dana pensiun. Untuk memilih instrumen khusus persiapan dana pensiun bagi investor pemula cukup beragam.

Ada baiknya jika Anda memilih instrumen investasi untuk jangka panjang. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa mendatang. Adapun beberapa instrumen investasi yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain:

Baca Juga: Arti Bearish dalam Saham Lengkap dengan Cara Menyikapi Kondisinya

Properti

Pilihan instrumen investasi untuk dana pensiun yang pertama yaitu properti. Aset properti bisa berupa rumah, kios, apartemen, tempat kost, hingga tanah. Anda bisa menyewakannya dan mendapat keuntungan.

Bahkan ketika harganya naik, Anda bisa langsung menjualnya di masa depan. Tanpa Anda melakukan apapun uang akan masuk ke rekening dengan mudah. Hanya saja untuk membeli properti membutuhkan biaya yang cukup besar.

Untuk menjualnya pun Anda bisa mempromosikan dengan baik. Sehingga kebutuhan masa depan bisa terpenuhi dengan aman.

Obligasi

Instrumen investasi untuk dana pensiun yang selanjutnya yaitu obligasi. Investasi yang satu ini mampu memberikan keuntungan yang tetap sesuai dengan bunga sesuai persetujuan pembelian.

Anda bisa memilih investasi ini dengan jangka waktu beragam. Mulai dari jangka pendek dan panjang. Salah satu produk obligasi yang cukup menjanjikan yaitu ORI (Obligasi Ritel Indonesia).

Baca Juga: Keuntungan Stock Split Saham Bagi Investor Maupun Emiten, Cek di Sini!

Saham

Saham menjadi salah satu investasi tepat yang sedang populer di kalangan masyarakat luas. Investasi ini menawarkan profit keuntungan yang relatif lebih besar. Meski keuntungan yang bisa Anda dapatkan cukup besar, risikonya juga sama besar.

Tidak ada keraguan bagi Anda untuk membeli saham dengan modal kecil. Namun pastikan Anda bisa membeli saham sebagai instrumen investasi untuk dana pensiun masa mendatang. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar