Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita BisnisInvestasi Jual Beli Dollar dengan Tips Tepat, Pemula Pun Bisa

Investasi Jual Beli Dollar dengan Tips Tepat, Pemula Pun Bisa

Investasi jual beli dollar kini semakin populer di kalangan masyarakat luas. Selain sebagai tabungan, dollar juga mampu memberikan perlindungan terhadap aset dari inflasi.

Layaknya rupiah, dollar adalah mata uang yang biasanya untuk transaksi saat berada di luar negeri. Namun apakah investasi dollar menguntungkan?

Selain sebagai alat transaksi, dollar juga mampu memberikan keuntungan dibandingkan rupiah.

Namun sebagai investor pemula, tentu ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Sehingga saat melakukan investasi jual beli dollar, keuntungan bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Saham Sektor Multifinance Prospek Meningkat, Intip Rekomendasinya

Tips Investasi Jual Beli Dollar Bagi Pemula

Dunia investasi kini semakin berkembang pesat. Apalagi investasi bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan digital. Sehingga peminat untuk investasi semakin mengalami peningkatan.

Tidak hanya saham atau reksadana saja, namun kini ada investasi dollar yang justru sedang populer. Namun bagi investor pemula, sebaiknya tahu apa saja tips mudah untuk melakukan investasi tersebut.

Berikut ini ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan, yaitu:

Baca Juga: Maximum Drawdown Trading, Definisi dan Peran Pentingnya untuk Trader

Jangan Lupa Diversifikasi

Tips investasi jual beli dollar memang perlu Anda ketahui. Meski kurs dollar terbilang stabil, ada baiknya jika melakukan diversifikasi.

Anda bisa gunakan juga untuk investasi lainnya misal saham, properti, deposito, maupun yang lainnya. Pastikan Anda menggunakan uang investasi dengan jumlah tidak lebih dari 30% dari seluruh aset.

Cara Menyimpan Dollar yang Tepat

Ada lagi tips yang bisa Anda lakukan yaitu memilih prakiraan cara menyimpan dollar. Investasi ini juga membutuhkan strategi yang tepat. Anda perlu menyimpan pada bentuk uang tunai atau tabungan.

Jika untuk jangka waktu pendek, sebaiknya simpan dalam bentuk tunai. Namun jika investasi lebih dari 1 tahun atau jangka panjang, bisa membuka tabungan dollar di bank. Dengan cara ini, Anda akan memperoleh bunga yang cukup besar.

Mencari Tempat Jual Beli Dollar Resmi

Untuk menghindari pemalsuan dollar dan rupiah, sebaiknya Anda memilih tempat jual beli terpercaya. Sehingga resmi dan aman untuk melakukan transaksi. Misalnya money changer atau bank.

Pastikan juga tempat tersebut terdaftar secara resmi di OJK untuk meminimalisir terjadinya penipuan. Sehingga investasi jual beli dollar yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik dan menguntungkan.

Baca Juga: Investasi Jam Tangan Mewah, Rekomendasi dengan Keuntungan Tinggi

Pantau Pergerakan Harga Dollar

Selain beberapa tips sebelumnya, yang harus Anda perhatikan yaitu memantau kurs harga dollar. Memantau kurs pertukaran dollar menjadi hal wajib yang Anda lakukan. Saat nilai rupiah menguat, sebaiknya beli dollar.

Sebab kondisi ini terjadi ketika suku bunga bank sedang turun. Sedangkan ketika harga rupiah turun, sebaiknya tidak membeli dollar. Hal ini karena dollar AS akan jauh lebih tinggi harganya.

Melakukan berbagai investasi tentu tidak bisa sembarangan. Sebaiknya gunakan tips tepat untuk hasil yang baik. Begitu juga dengan investasi jual beli dollar. (R10/HR-Online)